Top Stories

User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive

19:04:52 DBFMRadio.id : Kalianda - Asisten Bidang Administrasi Umum Badruzzaman Memimpin Rapat Pemantapan Calender of Event Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2022, di Aula Krakatau Setdakab setempat, Senin (11/07/2022).

Pada rapat yang dihadiri , Staf Ahli Bidang Keuangan Yusri, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kemasyarakatan Yespi Cory dan sejumlah  Kepala OPD terkait serta para camat, Badruzzaman menerangkan, terkait dengan calender of event sudah direncanakan diawal tahun, tetapi terkendala adanya covid-19.

"Tapi sekarang sudah melandai dan  semua kegiatan diluar ruangan sudah bisa 100% jadi tidak ada pembatasan lagi. Hanya tetap dengan prokes", terang Badruzzaman.

Sehingga, ada kegiatan kegiatan seperti konser musik di Sidomulyo, diizinkan untuk digelar. Lain dari pada itu, terus Badruzzaman, menjadi hal yang berkaitan dengan calendar of event ini akan diajukan ke Bupati.

"Pak Bupati ingin agenda kegiatan tidak hanya terkonsentrasi di satu kecamatan, berpindah pindah, dari kecamatan satu ke kecamatan lainnya. Kegiatan juga bisa yang sifatnya keramaian (mengundang massa: red) bisa juga yang sifatnya Khusus tidak melibatkan massa." katanya lagi.

Untuk kegiatan yang bersifat khusus, seperti misalnya pembinaan  dan edukasi faham radikalisme untuk pelajar.

Badruzzaman menambahkan, ntuk kegiatan yang bersifat khusus, seperti misalnya pembinaan  dan edukasi faham radikalisme untuk pelajar namun calender of event diharapkan bisa fleksibel dan di satukan dengan kegiatan-kegiatan yang ada di seluruh kecamatan Lampung Selatan seperti bazar UMKM.

"Karena Pak Bupati ingin mengetahui UMKM di kecamatan seperti apa. Dan bisa menginvetarisir potensi yang ada di kecamatan. Sehingga komunitas UMKM bisa terhubung dengan pemerintah daerah dan bisa terkoordinir", tutup dia. (db-bngpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

12:58:46 DBFMRadio.id : Kalianda - Radio Dimensi Baru FM Lampung Selatan, menggelar Dialog bertema Lomba Model Nusantara Dengan Etnik Batik Inuh dengan narasumber Yusmairi, S.Pd Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Kalianda, dipandu host Melinda, di studio DBFM Radio, Selasa (15/06/2021).

Latar belakang Lomba Model Nusantara Etnik Batik Inuh Untuk mengembangkan kreativitas dan bakat generasi muda kecamatan kalianda Lampung Selatan dalam suatu wadah sanggar seni yaitu sanggar Ngandan Khasan.

"Lomba Model Nusantara Etnik Batik Inuh mengandung makna salah satunya untuk dapat meningkatkan potensi seni pada generasi muda kec. Kalianda agar dapat berkembang, baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten ,Provinsi dan Nasional", kata Yusmairi

Lanjut Yusmairi, Persyaratan tidak harus menggunakan batik Inuh melainkan bisa menggunakan batik yang lain tetapi masih harus dipadupadankan dengan batik Inuh yang mempunyai ciri khas dan bermotif tentang kehidupan dilaut.

Lomba tersebut bertujuan membentuk generasi muda yang dapat melestarikan seni budaya yang berada di kec. Kalianda dan mencari bibit baru untuk ajang tingkat Nasional.

"Ada penggolongan kriteria dalam persyaratan lomba yaitu usia 2-5 Tahun, 6-10 Tahun, 11-15 Tahun, 16-21 Tahun serta Ibu-ibu kades dan Ibu-ibu Lurah se kecamatan Kalianda dan wilayah luar Kalianda boleh mendaftar juga" terangnya.

Pendaftaran sudah dimulai dari tanggal 1 Juni 2021-10 Juli 2021 secara Offline bertempat di gedung Ngandan Khasan Jln. Veteran Sukajaya Kalianda Lamsel (depan rumah dinas wakil Bupati Lamsel/samping puskesmas Kalianda: red).

"pemenang akan mengikuti grand final ditingkat Nasional dengan Lomba Etnik Nusantara yang pesertanya dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia", kata Yusmairi

Lomba Model Nusantara Etnik Batik Inuh, memperebutkan piala dari Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto yang juga mendukung dan memberikan suport dalam kegiatan tersebut.

Sedangkan sanggar Ngandan Khasan sebagai wadah untuk menjembatani kegiatan-kegiatan generasi muda dalam seni budaya dan juga sudah banyak yang menjuarai tingkat Nasional.

Yusmairi berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa lebih mengenal Batik Inuh yang merupakan warisan budaya Lampung Selatan dan menjadi sebuah kebanggaan masyarakat Lampung Selatan bisa memakai batik Inuh.

Kegiatan lomba yang diadakan ditengah Covid-19 tetap mengikuti protokol kesehatan, sanggar Ngandan Khasan sendiri akan menyediakan masker dan tempat cuci tangan.

"Untuk remaja-remaja Lampung Selatan khususnya kec. Kalianda agar terus mengembangkan kreativitas dan bakat untuk memajukan kec. Kalianda serta melestarikan budaya dan bangga memakai batik Inuh sebagai ciri khas Lampung Selatan," tutup Yusmairi.(db-bgpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

20:29:44 DBFMRadio.id : Kalianda- Putra/Putri Cilik Lampung model dari Sanggar seni Beringin Jaya Kalianda,  membagikan takjil gratis kepada pengendara kendaraan di Lampu Merah Jl. Kesuma Bangsa Kalianda Lampung Selatan, Jumat (23/04/2021) jelang berbuka puasa.

Sekitar 100 paket takjil dibagikan putra/putri cilik lampung tersebut, dengan menyasar pengendara sepeda motor dan warga yang melintasi lampu merah tersebut.

Menurut sekretaris Divisi Model sanggar beringin jaya, Iin  kegiatan ini merupakan kepedulian sanggar dalam rangka berbagi kebahagiaan.

"Sebagai  ucapan rasa syukur karena putra/putri cilik Lampung selalu menang dalam lomba di tingkat provinsi maupun nasional" ujarnya, disela sela berbagi takjil.

Tidak hanya berbagi takjil, putra/putri cilik lampung akan mengadakan Baksos (Bakti Sosial) ke panti asuhan yang akan dilaksanakan pada hari jum'at 30/04/2021 mendatang yang berada di kalianda Lampung Selatan.

"Kegiatan ini (baksos: red)  juga hasil dari putra/putri cilik Lampung sendiri tidak dibantu oleh orang tua, untuk mengingatkan putra/putri cilik lampung bahwa dibawah mereka masih ada yang membutuhkan" kata Iin saat di wawancarai dbfmradio.id. (db-bpst-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

14:34:28 DBFMRadio.id : Kalianda -  Production House (PH) Bagimu Negri (Barisan Generasi Muda Republik Indonesia) menggelar ajang pencarian bakat di Lampung, khususnya Lampung Selatan.

Team social media bagimu negri, Gavin Aditya, pada Dialog Bincang Asik DBFM Radio Rabu (24/02/2021), mengatakan bahwa pihaknya mengharapkan sekali masyarakat Lampung khususnya Lampung Selatan bisa antusias mengikuti “Talent Hunt bagimu Negri”

"Ajang pencarian bakat  TALENT HUNTING BAGIMU NEGRI,  Adalah ajang pencarian bakat dan sebagai wadah yang peduli terhadap pemberdayaan dan pengembangan potensi talent generasi muda untuk meningkatkan kreativitasnya" Katanya.

Kegiatan ini, terus Gavin terbagi dalam beberapa tahapan mengingat pandemi covid-19, team Bagimu Negri tetap  mengikuti aturan pemerintah dengan mematuhi Protokol Kesehatan.

Open  audition online pada 14-27 Februari 2021. Kategori peserta untuk SD, SMP, SMA dan UMUM, umur 8 tahun sampai dengan 45 tahun. Para peserta menujukan potensinya seperti bernyanyi atau acting.

Peserta audisi bisa mengunjungi instagram @bagimunegriofficial, Facebook Bagimu negri official dan Youtube Bagimu Negri Official.

"Peserta yang memenuhi syarat berkesempatan menjadi Aktor, Aktris dan Duta Bagimu Negri. Ada beberapa Duta seperti DUTA ANTI NARKOBA, DUTA PARIWISATA dan DUTA PENDIDIKAN yang nantinya menjadi DUTA BAGIMU NEGRI DALAM SETIAP PROVINSI. Hingga terkumpul 34 provinsi yang dipilih secara nasional." Pungkas Gavin.(bpst -aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

BFMRadio.id : Kalianda - Rupanya, dunia broadcasting tidak asing lagi bagi Piyu Padi  Reborn, karena ditahun 90-an gitaris Padi Reborn ini pernah menjadi penyiar Radio di Surabaya, bersama Maya Estianty.

Piyu mengaku, dari sinilah karir bermusiknya  berawal. Sambil menyelam minum air, dirinya mulai memperkenalkan lagu ciptaannya. Sembari meng-handle program musik, Rock Klasik 70's.   Gitaris yang punya nama Satriyo Yudi Wahono ini kemudian membawakan lagu ciptaannya.

"Akhirnya saya mulai untuk mencoba memperkenalkan lagu saya sebagai penyiar radio,  kebetulan saya punya acara sendiri yaitu acaranya namanya rock klasik & heavy metal night atau apa ya lupa saya" Aku Piyu pada Webinar Radio for Music, Music for Radio, Persatuan Radio Publik Daerah Indonesia (Persadaindonesia.id), Minggu (7/2/2021).

Sebenarnya lanjut Piyu, lagu ataupun musik yang bisa dibawakan oleh para New B  atau penyanyi pendatang baru bisa  dilakukan lewat radio,  sehingga  ketika bergabung  dengan Padi,  untuk mempromosikan lagunya memanfaatkan Radio.

"Lagu lagu Padi, saya promosikan melalui media radio,  ketika saya bisa bisa berkenalan dengan radio dan saya pernah  jadi penyiar kalau saya juga kemudian saya jadi musisi bersama-sama dengan padi di situlah awal perkenalan saya dengan radio saya membawakan rekaman lagu Padi di radio." urainya.

Dikatakan Piyu, ketika Padi pertama merilis single pertamanya "Sobat" ditahun 1998, waktu itu masih dalam bentuk kompilasi lagu dengan penyanyi dan Band lain.

Meskipun hanya satu lagu,  Padi merilisnya ke  semua radio di Surabaya dan Jakarta dalam bentuk Cassete, dan langsung menemui Music Director (MD) Radio TMII sampai akhirnya kenal Bens Leo,  jurnalis Majalah Musik Aktuil dan diundang ke Jakarta untuk tampil di sebuah event  di Ancol

"Padahal, kita (Padi: red) baru punya satu single,  mungkin ini satu-satunya band yang baru punya satu singgel tapi sudah tampil di acara di Ancol waktu itu dan itulah membuat saya yakin banget bahwa Radio  adalah sebuah  garda terdepan untuk untuk mempromosikan musik (lagu) kita" terangnya lagi.

Pelanggaran Hak Moral dan Hak Ekonomi

Selain Piyu, sebagai narasumber, pengamat musik senior Bens Leo, yang mengatakan,  ada kenyataan diera digital ini memudahkan orang untuk membuat konten terkadang melanggar  hak cipta, contohnya mengcover karya orang tanpa izin.

Pada era  Lomba Cipta Lagu Remaja (LCLR)  Prambors tahun 77-78, muncul   lagu Lilin-Lilin Kecil, Kidung  dan Apatis, pada saat itu, terjadi pembajakan lagu, dengan memperbanyak album Cassete tanpa seijin produsernya.

"Fenomena saat ini yang terjadi adalah pelanggaran hak cipta berkaitan dengan pemakaian nama jadi misalnya pemakaian nama itu adalah, sebuah Band dengan  formasi berlima, namun saat  lagu itu dirilis di pasaran dan tidak mencantumkan nama penciptanya dikatagorikan pelanggaran hak cipta" Kata  Benny "Bens Leo" Hadi Utomo.

Jurnalis dan  pengamat musik/entertainment Indonesia, Bens Leo melanjutkan, berdasarkan Undang Undang Nomor 28/2014 tentang Hak Cipta, pelanggaran hak cipta ada dua,  Hak Moral dan Hak Ekonomi.

"Hak Moral,   berkaitan dengan pencantuman dan penyebutan nama,  apresiasi terhadap pencipta lagu, aranger dan lain-lain. Sedangkan Hak ekonomi adalah apabila kita melakukan kegiatan memperbanyak tanpa seijin penciptanya, konten YouTube misalnya dan mendapatkan  reward, atau sejumlah uang" terang Bens Leo.

Bens Leo mencontohkan, saat Via Vallen mengcover lagu milik Superman Is Death (SID)  yang bergenre  punk Rock  dibawakan dalam genre koplo oleh via Vallen tanpa seijin SID.

Diberitakan sebelumnya, Webinar yang membahas kebutuhan musik untuk siaran radio, sekaligus sebagai penanda tepat dua tahun Konferensi Nasional LPPL Indonesia yang berlangsung 6 – 7 Pebruari 2019 lalu di Surabaya.

Konferensi itulah  yang melahirkan INDONESIAPERSADA.ID dan kepengurusannya dilantik oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara waktu itu, di Tangerang pada 28 Agustus 2019. (db-liveyoutubesusi-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

BFMRadio.id : Surabaya - Ibarat mata uang, Musik dan Radio tidak dapat dipisahkan, Radio perlu music untuk konten  siarannya dan music perlu  radio  agar bisa dinikmati pendengarnya.

Selama berpuluh tahun, Radio berkuasa akan  musik, dan munculnya era digital mengubah cara pendengar menikmati musik.

Saat ini, musik bisa saja ditemukan diberbagai platform, namun  pendengar masih dapat menemukannya di Radio.

Dikutip dari laman Indonesiapersada.id , Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (INDONESIAPERSADA.ID), akan menyelenggarakan Webinar yang membahas kebutuhan musik untuk siaran radio.

Webinar  berlangsung pada Minggu (7/2/2021), sekaligus untuk menandai tepat dua tahun Konferensi Nasional LPPL Indonesia yang berlangsung 6 – 7 Pebruari 2019 lalu di Surabaya.

Direktur Eksekutif INDONESIAPERSADA.ID Aries Widojoko, mengatajan Konferensi tersebutlah yang melahirkan INDONESIAPERSADA.ID dan kepengurusannya dilantik oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Tangerang pada 28 Agustus 2019.

"Materi yang dibahas nanti seksi banget bagi orang – orang radio. Meliputi bgaimana media radio dan artis/band saling mempengaruhi dari jaman ke jaman. Kemudian bagaimana perkembangan dan regulasi royalty musik di Indonesia. Terus, apa saja kategori format musik untuk radio. Dan yang juga sangat penting adalah, bagaimana cara dan rumus menentukan musik sebuah radio,” urai AW, panggilan akrab Aries Widojoko, kepada Indonesia persada.id.

Webinar  menghadirkan para pembicara yang berkomperen dibidang  musik, Piyu gitaris Padi Reborn dari Surabaya.  Gitaris yang punya nama Satriyo Yudi Wahono ini, mengajak pendengar LPPL Indonesia untuk menyimak Webinar yang diikuti 90 LPPL anggota Indonesia persada.id

"Dalam perjalanan musik Indonesia tidak bisa lepas dari Media Radio,  juga sebaliknya ini jadi topik yang sangat menarik akan menjumpai teman-teman Radio Publik Indonesia tanggal 7 Februari di webinar music for radio radio, radio for music" katanya, Sabtu (6/2/2021).

Selain Piyu, sebagai narasumber, pengamat musik senior Bens Leo dari Jakarta. Dan Aries Widojoko sendiri yang memiliki pengalaman sebagai music director atau penata lagu di sebuah stasiun radio terkemuka di Surabaya..(db-persind-aap).

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

08:08:21 DBFMRadio.id : Kalianda - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Pariwisata & Kebudayaan Lampung Selatan menggelar Festival Layang-Layang yang bertajuk "Kalianda Kite Festival -KKF-  1 Tahun 2022", bertempat di Pantai Kedu Warna Kalianda. Sabtu, (10/09/2022).

Ketua Tim Penggerak Pesona Wisata Lampung Selatan (P2WLS) Hj. Winarni Nanang Ermanto dalam laporannya mengatakan, maksud diselenggarakannya KKF ini untuk memupuk rasa kebersamaan dalam bingkai persatuan serta menghilangkan ego sektoral dalam memajukan kabupaten Lampung Selatan.

"FKK ini juga dimanfaatkan sebagai upaya melestarikan permainan tradisional layang layang yang diharapkan dapat memberikan nilai positif untuk meningkatkan kunjungan wisata di Lampung Selatan" terang Winarni.

Disamping itu, lanjut Ketua Tim Penggerak PKK ini, digelarnya festival layang-layang juga dalam upaya untuk mengambil peran keberadaan destinasi wisata yang sejalan dalam rangka meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat dan memberikan ruang kepada pelaku UMKM Lampung Selatan untuk lebih maju lagi.

Festival Layang-layang diikuti para pecinta layang-layang yang berasal dari berbagai daerah, seperti Yogyakarta, Bandung, DKI Jakarta, dan beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

Adapun kategori yang dilombakan yaitu layang-layang adu tarik, layang-layang kreasi, dan layang-layang naga.

"Adapun peserta layang-layang kategori umum adu tarik 64, layang-layang kreasi 44, layang-layang naga 27. Untuk kategori OPD, layang-layang adu tarik 248 buah dan layang-layang naga 2 buah", ungkap Winarni.

Selain itu juga, Festival Layang-layang tersebut turut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yaitu penampilan tari kolosal dari PKK lampung Selatan, lomba fashion show, lomba mewarnai, pameran UMKM dan menjemur bonsai dari komunitas pecinta bonsai se-Kecamatan Kalianda.

Berdasarkan pantauan dbfmradio.id hadir ditengah antusias ribuan pengunjung Festival, owner Risty Land brand fashion dan busana muslim Risty Tagor, Sekretaris Daerah (Sekda) Thamrin, Dandim 0421/LS Fajar Akhiruddin, Jajaran Forkopimda dan OPD di Lingkungan Kabupaten Lampung Selatan.(db-sw-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

12:25:00 DBFMRadio.id : Kalianda - Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Lampung Selatan Yusri, SE, MM  Membuka Pemilihan Muli Mekhanai Lampung Selatan Tahun 2022, di Aula Rimau Bappeda Lampung Selatan, Selasa (28/06/2022).

Membacakan sambutan Bupati Lampung Selatan, Yusri mengatakan, sebagai kepala daerah sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada semua pihak terutama kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan yang telah mengagendakan ajang tersebut sebagai kegiatan tahunan.

"Kegiatan seperti ini harus benar-benar dikelola secara baik. Bukan hanya sekedar menjadi agenda ceremonial saja, tetapi diharapkan melalui event ini akan melahirkan para generasi muda yang handal, berprestasi dalam bidangnya terutama promosi destinasi wisata Lampung Selatan", kata Bupati Nanang Ermanto dalam sambutannya, seperti dibacakan Yusri.

Lanjut Yusri, ajang pemilihan Muli Mekhanai merupakan ajang kompetensi bergengsi bagi para remaja dan salah satu upaya dalam menggali potensi dan mengembangkan kepribadian keramah tamahan serta wawasan luas.

"Dengan event ini diharapkan akan dapat menambah wawasan generasi muda tentang pariwisata seni dan budaya Lampung Selatan. Karena Muli Mekhanai yang terpilih menjadi pemenang akan menjadi perwakilan Lampung Selatan tingkat provinsi dan nasional", pungkasnya

Hanya 11 Kecamatan Yang Mengirim Wakilnya.

Sementara ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan Ir. Mulyadi Saleh, MM dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang merupakan program kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan bertujuan untuk mengajak generasi muda dapat berpartisipasi memajukan sektor pariwisata Lampung Selatan.

Lanjut Mulyadi, kegiatan pendaftaran telah dilaksanakan pada tanggal 13-23 Juni 2022, dengan diikuti sebanyak 50 peserta dan tersaring menjadi 41 peserta, yang terdiri dari 23 Muli dan 18 Mekhanai.

"Dari 17 kecamatan Lampung Selatan, hanya 11 kecamatan yang mengirimkan perwakilan Muli Mekhanai dan 6 kecamatan yang tidak mengirimkan yakni Ketapang, Rajabasa, Way Panji, Sidomulyo, Way Sulan dan Merbau Mataram", kata Mulyadi

Mulyadi menambahkan, Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni-01 Juli 2022 di Aula Rimau dengan beberapa tahapan yakni tes tertulis, wawasan hukum dan kebangsaan, wawasan kepariwisataan dan seni budaya, etika pribadi dan komunikasi, kecakapan berbahasa daerah dan asing, talent show serta advokasi.(db-bngpsp-aap).

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

03:58:40 DBFMRadio.id : Panaragan - Konsep bangunan dengan desain minimalis, membuat setiap orang sama sekali tidak sempat terpikir bahwa bangunan ini adalah masjid. Karena desain dari konstruksi lebih mirip dengan tempat observasi, gedung bisnis ataupun sebuah museum.

Dengan desain tersebut membuat keberadaan dari masjid islamic center Tubaba cukup berani mendobrak konservasi konstruksi masjid dengan modern building.

KUnjungi masjid di RaMAdhan -KURMA- Nusantara DB Minggu ini, Masjid 99 Cahaya, Masjid Asmaul Husna, Sarat Makna selengkapnya disampaikan Anggoro AP.(db-aap).

 

 

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DBFMRadio.id : Kalianda - Masjid merupakan bangunan yang diperuntukkan bagi umat Islam dalam beribadah. Gaya arsitekturnya pun bermacam-macam, salah satunya Masjid Tiban yang memiliki keunikan sendiri.

KUnjungi masjid di RaMAdhan -KURMA- Nusantara DB Minggu ini, Masjid Tiban Malang, Masjid Negeri diatas awan, selengkapnya disampaikan Anggoro AP.(db-aap).

 

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

18:08:24 DBFMNRadiio.id : Jakarta -  Demi mewujudkan desa wisata yang berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit, melalui Augerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

"Ada 1.831 peserta desa wisata, yang telah mendaftar dari 34 provinsi di Indonesia. Jumlah ini lebih dari dua kali lipat dari target semula yang 700 desa wisata." ujar Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, pada pengumuman 300 besar desa wisata, ADWI 2021, Kamis (18/8/2021).

Setelah melewati serangkaian tahap kurasi, berdasarkan penilaian dari dewan kurator terhadap 7 kategori penilaian, mulai dari homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE, konten kreatif dan daya tarik.

Desa Wisata Way Kalam Lampung Selatan, bersama Desa Wisata Rigis Jaya dan Datar Petay Land Lampung Barat, Desa Wisata Harapan Jaya Pesawaran dan Desa Wisata Kiluan Negeri Tanggamus, masuk dalam 300 Besar desa wisata, ADWI 2021

"Selamat dan semoga pencapaian ini bisa dijadikan motivasi untuk mengambangkan desa wisata menjadi desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit" ujar Sandi Uno.

Bagi desa wisata yang belum masuk dalam 300 besar desa wisata, ADWI 2021, Sandi Uno berharap tetap semangat berinovasi, jangan lupa meningkatkan kolaborasi, dan jangan lelah beradaptasi, agar desa wisata lebih maju, mampu bersaing, serta berkelas dunia.

"Data desa wisata di laman jadesta.com, akan dijadikan wadah dan arah dalam penyusunan rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia oleh Kemenparekraf. Bersama-sama kita jadikan desa wisata simbol kebangkitan ekonomi nasional, untuk Indonesia Bangkit! " Tutup Menparekraf bersemangat.(db-ytbkemenparekraf-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

18:17:08 DBFMRadio.id : Kalianda -  Ketua Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS)  Hj. Winarni Nanang Ermanto, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan safari kebudayaan Lampung walaupun masih dalam situasi Covid-19 dan akan berjalan dengan sukses dengan menerapkan protokol kesehatan.

Safari kebudayaan,  selain dapat membangun iklim berkesenian yang kondusif juga diharapkan menjadi sarana untuk menciptakan eskpresi individu yang korektif atau komunal yang berbasis warisan budaya maupun kreativitas yang terwujud dalam berbagai bentuk seni.

"Kegiatan ini ( safari kebudayaan) tentunya akan dapat meningkatkan animo masyarakat luas terhadap seni budaya daerah dan yang lebih penting lagi adalah para pelaku seni atau penggiat budaya,  akan terakomodir dengan adanya safari kebudayaan, sehingga akan meningkatkan kualitas dan aktivitas para seniman dalam berkarya." Terang   Winarni  pada acara Safari Kebudayaan Akademi Lampung, di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati, di Kalianda, Kamis (22/07/21).

 

Winarni berharap, Melalui momentum safari kebudayaan ini dapat menjadi sarana bagi seniman untuk lebih meningkatkan pembinaan kepada seluruh organisasi penggiat seni budaya di Kabupaten Lampung Selatan.

"Karena dengan pembinaan yang baik dan konsisten maka kebudayaan daerah akan selalu terjaga keasliannya", jelas Winarni

Lebih lanjut Winarni mengatakan, safari kebudayaan akademi Lampung yang kegiatannya diadakan di Kabupaten Lampung Selatan dapat dijadikan sebagai suatu upaya bersama dalam meningkatkan kelestarian kebudayaan daerah serta meningkatkan peran aktif masyarakat untuk lebih mencintai budaya daerah.

"Oleh karena itu, dibutuhkan komitmen dan keseriusan bersama agar budaya daerah dapat berkembang dengan baik dan terjaga keasliannya." ujarnya.

Ditempat yang sama, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bersyukur, Dewan Kesenian  Lampung Selatan masih dapat berkolaborasi dari beberapa kesenian walaupun dalam situasi Covid-19 dengan dibatasi segala aktivitas dan kegiatan.

Nanang Ermanto mengatakan, Bukan hanya membangun kesenian budaya, Dengan hadirnya ketua akademi Lampung dapat berperan serta ditengah masyarakat bagaimana bisa menyampaikan, mensosialisasikan Covid-19 dengan menjaga protokol kesehatan.

"Walaupun dalam kondisi pandemi  Covid-19,   DKLS harus tetap melestarikan budaya daerah terutama Lampung Selatan untuk melengkapi  Harbour City." tutup Nanang.

Hadir pada Safari Kebudayaan Akademi Lampung, Ketua Akademi Lampung Ansory Jausal, Ketua Dewan Kesenian Lampung (DKL) Satria Bangsawan, seniman dan penggiat seni dari Bandarlampung dan Lampung Selatan serta jajaran pengurus DKLS. (db-bngpsp-aap).

Surprise fathers reflection seriously

Tehnologi

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Knees aristotle patience writes effectiveness. Colorful wake lucky lifted firmly assure destructive. Fees ben helpless blocks douglas reactionary interference

Chandler coverage practices wonderful

Tehnologi

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Promote maid attempted okay tired gorton doctors reflected fraction. Display surfaces consisted grains noon helva. Demanded feature cited establishment rough reader threatening

Arrest jet remainder examine quarrel

Tehnologi

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Comedy quiney buying insist brushed discovery shouldn't. Mg planes roles outlook mechanical procurement blonde manchester. Districts o'clock cuba favorable extension characterized

Hang passengers relevant ending obliged

Tehnologi

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Opinions alfred push slept scattered johnnie innocent sixties painter. Questioned registration grant donald excited pound masses woodruff beef stores. Teach auto joy dedicated

Hang passengers relevant ending obliged

Tehnologi

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Opinions alfred push slept scattered johnnie innocent sixties painter. Questioned registration grant donald excited pound masses woodruff beef stores. Teach auto joy dedicated

Arrest jet remainder examine quarrel

Tehnologi

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Comedy quiney buying insist brushed discovery shouldn't. Mg planes roles outlook mechanical procurement blonde manchester. Districts o'clock cuba favorable extension characterized

Advertisement