Top Stories

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Kalianda,  (DBFMRadio) - Pantai Batu Rame merupakan salah obyek wisata di Kalianda,  yang bertepatkan di Kelurahan Way Urang,  Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. 

Keindahan pasir putih dan karang yang membentang dibibir pantai yang memanjakan mata, tak jarang banyak pengunjung yang berenang dan mengabadikan momen foto, tak hanya itu, pesona kala matahari tenggelam di ufuk barat indah nan mempesona. 

Pemandangan sunset yang indah ini membuat pengunjung ramai disore hari,  banyak pula para pedagang yang menjajakan dagangan mereka seperti kelapa muda,  bakso ikan, rusak,  somay dll. (db/af).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

12:52:33 DBFMRadio.id : Jakarta - Selama pandemi covid 19 keterpurukan sektor ekonomi kreatif sangat dirasakan oleh para kreator seni, karena banyak event ditunda bahkan dibatalkan.

Oleh karena itu, untuk membangkitkan kembali, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, meluncurkan KHARISMA EVENT NUSANTARA, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta vaksinasi kepada pelaku ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kharisma event Nusantara yang sebelumnya bernama Calender Of Event,

"Kharisma event Nusantara yang sebelumnya bernama Calender Of Event, menjadi sangat esensial bahwa kharisma mengandung makna kagum dan Nusantara itu sangat indah, sementara event seni dan budaya Nusantara sudah sangat dinantikan, yang kick offnya akan dilakukan nanti malam," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Sabtu (10/4/2021).

Kick Off KHARISMA EVENT NUSANTARA ini, lanjutnya, gaungnya diharapkan sampai ke pelosok nusantara, dari event kecil ditingkat RT hingga Event berskala Nasional dengan mematuhi protokol kesehatan ketat.

Pada Podcast WONDERFUL INDONESIA Kemenparekraf, Sandiaga Uno bersama Titi DJ dan Ayu Dewi ini, juga mengatakan kuncinya agar ekonomi kreatif dapat bangkit kembali, harus mampu beradaptasi dan berinovasi dalam bingkai kolaborasi.

"Dengan menggelar event di daerah, dapat membangkitkan jumlah wisatawan, Sandiaga mencontohkan, Kampanye Beli Kreatif Danau Toba, mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan di Danau Toba, tentunya dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat." tegas mantan Wagub DKI ini.

Disamping itu, setiap event pasti melibatkan banyak pihak, dari promotor, produser sampai ke yang terbawah, UKM.

"Semua akan terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung dari gelaran Event seni budaya yang satu tahun ini mati suri." tutup Sandiaga Uno.(db-nett-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DBFMRadio : Kalianda - Sanggar Seni Bringin Jaya akan mengadakan reuni dalam rangka silaturahmi antar pengurus dan anggota yang berkecimpung di sanggar tersebut yang akan digelar pada tanggal 19 September 2020.

Untuk mengikuti acara reuni itu, dapat langsung menghubungi Contact Person pengurus Sanggar Bringin Jaya atau datang langsung ke Sekretariat Sanggar tersebut, yakni di Jln. Veteran No.1 B, Kalianda. Tepatnya di kompleks Rumah Wakil Bupati Lampung Selatan.

Hal itu di ungkapkan oleh Ketua Harian Sanggar Seni Bringin Jaya, Idkhomsyah, pada acara Bincang Santai di Studio DBFM Radio. Ia juga mengatakan bahwa, reuni tersebut nantinya akan diikuti oleh seluruh alumni atau seniman mulai dari tahun 1984 higga Tahun 2020.

"Alumni, seniman atau orang yang pernah bekerja di sanggar bringin jaya, selain yang masih aktif maupun tidak aktif lagi. Dari wacana kita, bermula dari ngobrol bersama kawan disini, enak juga ya kalau kita reuni," kata Idhom, Kamis (27/8/2020).

Pria yang dahulu fokus sebagai salah satu penari di sanggar Seni Bringin Jaya itu juga mengungkapkan, nantinya akan ada beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan. Mulai dari Bhakti Sosial, berkunjung ke Panti Asuhan dan juga Pentas Seni yang akan turut menghiasi kegiatan reuni tersebut.

Dia juga mengungkapkan bahwa Sanggar Seni Bringin Jaya yang berdiri sejak Tahun 1984 itu, kini merupakan Sanggar Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, dengan ketua Umum, Ketua TP PKK Lampung Selatan, H. Winarni Nanang Ermanto.

"Sanggar bringin jaya itu, semua cabang seni ada, dari seni tari, teater, musik serta pertunjukan. Jadi kita mencakup semua elemen kesenian yang ada. Kalau saya dulu sebagai penari, karena dulu memang Sanggar tersebut fokus pada penarinya. Namun, seiring berkembangnya jaman, sekarang ada modelnya juga," jelanya lebih lanjut.

Sementara, Penasehat Kegitan Reuni Sanggar Seni Bringin Jaya, Jul Amir, megatakan bahwa kesiapan dari acara reuni itu sudah mencapai 80% selesai. dan akan diikuti oleh seluruh anggota yang berjumlah hampir 300 orang.

"Jadi sanggar ini merupakan sanggar yang besar, sehingga persiapan harus matang, hingga saat ini, setelah diadakan rembukan dan pembentukan panitia, sudah mencapai hampir 80%. dan anggotanya bisa sekitar 300 orang," jelasnya.

Selain itu, dalam kegitan itu juga nantinya akan mengulas kembali kegiatan pentas seni yang terkenang pada saat aktif di Sanggar Seni Bringin Jaya, baik berupa penampilan anggota, karya seni ataupun bazar hasil karya anggota tersebut.

Pada kesempatan itu, Zul Amir mengucapkan terimakasih kepada H. Winarni Nanang Ermanto atas dukungan yang telah diberikan, untuk terselenggaranya kegiatan itu, ia berharap nantinya seluruh anggota dapat berpartisipasi dalam acara reuni itu.

Meski diadakan ditengah pandemi, reuni tersebut nantinya akan tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, saling menjaga jarak dan sering mencuci tangan. (db/ptm-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

18:44:51 DBFMRadio.id : Kalianda - Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan menggelar Loka Karya  Tenaga Pendidik (Tendik) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten, Kecamatan dan Desa, Rabu (30/3/2022) di Aula Rajabasa Kantor Bupati Kabupaten Lampung Selatan.

Pelaksanatugas  (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan Asep Jamhur, dalam laporannya  bertekad akan berupaya untuk mensegerakan pembelajaran tatap muka di Sekolah.

Dikatakan Asep Jamhur,  Dinas Pendidikan telah melakukan Program Inovasi yaitu Pusat Informasi Layanan Holistik Integratif.

"Kami dari Dinas Pendidikan membuat program inovasi Pusat Informasi Layanan Holistik Integratif yang berjumlah 738 yang tersebar di 17 Kecamatan Se Lampung Selatan,” ucapnya.

Sementara dalam sambutannya, Bunda PAUD kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto  mengatakan, dalam melaksanakan program dari pusat, PAUD  harus tertata dengan baik.

"Hendaknya, semua Tendik PAUD yang ada di Kecamatan dan Desa dapat memberikan layanan PAUD yang Holistik Integratif." himbau Winarni.

Seperti ditulis lampungselatankab.go.id  Winarni juga minta setiap PAUD harus mempunyai program yang tertata dan terintegrasi dengan bekerjasama dengan dinas, desa POKJA PAUD.

“Dalam melaksanakan program Bunda PAUD tidak bisa bergerak sendiri, harus bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Kecamatan dan Desa,” imbuhnya.

Selain itu, dalam mengikuti era Digitalisasi Winarni meminta kepada Bunda PAUD untuk paham tentang teknologi.

“Era sekarang ini eranya Digital kalau kita tidak belajar tentang teknologi kita akan ketinggalan Bunda Bunda sekalian, mau tidak mau kita harus belajar dan paham tentang teknologi,” ujarnya.

Hadir pada kegiatan ini, Kepala BP PAUD Provinsi Lampung Dr. Ulfa Maria M.Pd, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin, Bunda PAUD Kecamatan dan Desa Se-Kabupaten Lampung Selatan.(aap-kmf).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

15:28:11 DBFMRadio.id : Kalianda - Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto membuka Workshop Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Gerak dan Lagu Bagi Tenaga Pendidik Anak Usia Dini Se-Kabupaten Lampung Selatan, Senin (15/3/2022).

Workshop yang dilaksanakan di Aula Rajabasa Pemkab setempat, menghadirkan Narasumber Sinung Widodo dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rebuplik Indonesia, yang juga merupakan pencipta lagu anak dan praktisi PAUD.

Nampak hadir,  Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Asep Jamhur, Ketua GOPTKI Yani Thamrin, Ketua Himpaudi Dyah Atik Citra Rukmi, Ketua IGTKI Supriati, penilik PAUD di lingkungan Dinas Pendidikan Lamsel serta para tenaga pendidik PAUD se-Lampung Selatan.

Dalam arahannya, Winarni sangat mengapresiasi dan mendukung penyelenggaraan Workhsop implementasi pembelajaran paradigma baru ini, yang menjadi swadaya para tenaga pendidik.

"tadi telah disampikan bunda Atik, ini adalah swadaya yang kedepannya semua kegiatan pembelajaran atau peningkatan kapasitas bisa juga difasilitasi oleh anggaran pemerintah daerah melalui dinas ketenagakerjaan", kata Winarni

Lanjut Winarni, di era digitalisasi semangat gotong royong harus lebih ditingkatkan agar tidak pudar dan luntur. Terlebih, sebagai pelaku pejuang pendidik bisa menjadi contoh bagi anak usia dini.

"Walaupun kita pas-pasan untuk penghasilan, tetapi kita bisa tunjukkan, kita masih bisa bergotong royong, untuk bagaimana kita meningkatkan kualitas pengetahuan para tenaga pendidik", ujarnya

Winarni berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada anak usia dini melalui gerak dan lagu sekaligus menjadikannya sebagai media pembelajaran.

Selain itu, juga akan dapat menggalakkan kembali gerakan cinta lagu anak, serta menambah perbendaharaan gerak dan lagu anak kepada tenaga pendidikan, yang nantinya  sangat berguna sebagai media komunikasi dengan siswa didik.

Dapat Kendalikan Pusat Syaraf

Ditempat yang sama, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Asep Jamhur mengatakan Dinas Pendidikan Lampung Selatan sangat mengapreasiasi dan mendukung penuh serta mengucapkan terimakasih kepada Himpaudi yang telah menyelenggarakan workshop pembelajaran paradigma baru melalui gerak dan lagu.

"Harapan kami kegiatan ini dapat menambah wawasan kepada para peserta tenaga pendidik dalam mengimplementasikan di lembaga masing-masing yang ada di Kabupaten Lampung Selatan", terangnya

Lanjut Asep, pembelajaran paradigma baru melalui gerak dan lagu, dapat mempengaruhi dan mengendalikan pusat saraf serta membantu anak untuk lebih mengembangkan kecerdasannya tidak hanya pada aspek pengembangan kognitif, bahasa dan emosionalnya saja, tetapi juga pada pengembangan seni dan fisik anak.

"Manfaat pengembangan gerak dan lagu untuk anak-anak sangatlah penting untuk melatih motorik kasar pada anak-anak untuk pengembangan mengolah tubuh, mengontrol tubuh terutama kecerdasan kinestetik bagi anak usia dini", ujarnya

Selain Itu, berdasarkan data yang disampaikan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan terangkum jumlah Paud yang sudah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang ada di Lampung Selatan sebanyak 714 Lembaga.

"Adapun jumlah pendidik Paud, data yang dimiliki Dinas Pendidikan Kab Lampung Selatan sebanyak 2.585 Tenaga Pendidik", tutup Asep.

Sementara sebelumnya, dalam laporannya, Ketua Himpaudi Dyah Atik Citra Rukmi melaporkan, kegiatan Workshop Pembelajaran melalui gerak dan lagu secara keseluruhan diikuti sebanyak 563 tenaga pendidik dengan rincian peserta yang hadir terdiri dari 404 anggota Himpaudi, 58 anggota IGTKI PGRI dan 6 dari RA.

"Kegiatan Workshop terbagi dalam 3 sesi yakni sesi pertama pada pagi hari, sesi 2 akan dilaksanakan siang nanti hingga sore, dan sesi 3 akan dilaksanakan esok hari", jelasnya(db-bngpsp-aap).

User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive

14:57:27 DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto Memberi pengarahan kepada  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam  (STAI) YASBA Kalianda, di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Setempat, Rabu (02/03/2022).

Pada pelepasan Mahasiswa KKN STAI YASBA Kalianda, Nanang Ermanto juga  menyampaikan, kepada mahasiswa/i untuk fokus dalam mengemban tugas KKN di desa-desa agar ilmu yang didapat selama kuliah bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan adik-adik kita dalam menjalankan KKN selalu senantiasa diberikan kesehatan hingga bisa menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah.", kata Nanang

Selain itu, Nanang Ermanto menjelaskan, situasi pandemi Covid-19 sangat mengganggu stabilitas pertumbuhan ekonomi dan sendi kehidupan masyarakat.

"Untuk itu, dalam menjalani KKN ditengah-tengah masyarakat diharapkan mahasiswa/i untuk menerapkan protokol kesehatan,  agar tidak memicu timbulnya klaster baru. Terlebih sekarang ada varian Omicron yang begitu cepat penyebarannya", harap Nanang

Kemudian, Nanang Ermanto juga mengatakan, mahasiswa/i yang diterjunkan di 5 desa diharapkan bisa menggali potensi-potensi yang ada di desa-desa agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan protokol kesehatan.

Sementara sebelumnya dalam laporannya, Ketua STAI YASBA Kalianda Dr. H. Arpandi, B.Ed.,MA mengatakan, kegiatan KKN STAI YASBA Kalianda merupakan program wajib akademik tahunan bagi seluruh mahasiswa Strata 1.

Arpandi juga menjelaskan, KKN merupakan implementasi akademisi perguruan tinggi yang mencakup pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Oleh karenanya, kegiatan ini wajib bagi para mahasiswa/i untuk melaksanakan sebelum mereka mendapat anugerah kesarjanaan Strata 1." Tandasnya.

Arpandi juga mengatakan, Sekolah tinggi STAI YASBA Kalianda akan melepas 58 peserta KKN yang akan diterjunkan ke 5 desa di kecamatan Ketapang. Dan diharapkan mahasiswa/i dalam menjalankan tugas KKN dengan baik, bertanggung jawab dan sukses..(db-bngpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DBFMinfo (Bandarlampung) : Peningkatan kualitas lingkungan hidup di Provinsi Lampung akan dipercepat dengan memperkuat regulasi guna mengatasi isu lingkungan di Provinsi Lampung, salah satunya mengenai pengelolaan sampah.

Kabag Humas & Komunikasi Publik Biro Humas dan Protokol Setprov Lampung Heriyansyah mengatakan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Irwan Sihar Marpaung saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung, pada Upacara Mingguan Pemprov Lampung, Senin pagi di Lapangan Korpri mengatakan, Lebih dari 7.200 ton sampah/hari dihasilkan penduduk Lampung yang mencapai 9 juta jiwa.

"Sampah di Lampung paling tidak 7.200 ton per hari, 3,5 % dibuang ke sungai yang dipastikan akan bermuara ke laut" terang Irwan Sihar Marpaung, Senin (22/7/2019).

Guna mengatasi hal tersebut, lanjut Irwan SM, saat ini Pemerintah Provinsi Lampung sedang menyusun naskah akademik dan Rencana Peraturan Daerah (raperda) mengenai pengelolaan sampah.

"Raperda ini menjadi point penting agar permasalahan sampah seperti di wilayah Pesisir Teluk Lampung dapat terselesaikan" Kata Irwan SM lagi.

Ia mengatakan, selain menyusun raperda pengelolaan sampah, Pemprov Lampung juga sedang menyusun studi pendahuluan pembangunan TPA sampah regional dan membentuk Pokja pengelolaan sampah regional. Selain itu, Pemprov Lampung juga akan bekerjasama dengan perguruan tinggi dan para ahli dalam rencana penanganan dan pengelolaan sampah Teluk Lampung.

"Untuk itu diperlukan sinergitas antar Organisasi Perangkat Daerah guna menyelesaikan permasalahan tersebut, sehingga program perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tidak bersifat kewilayahan administratif melainkan berbasis ekosistem” ujarnya. (hmsprv).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DBFMinfo (Bandarlampung) : Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Lampung segera terwujud diatas Lahan milik Pemprov Lampung di Register 40 Gedung Wani ujung Kotabaru, Kabupaten Lampung Selatan, menyusul dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman terkait rencana pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Lampung tersebut.

Seperti dikatakan Kabag Humas dan Komunikasi Publik Biro Humas dan Protokol Setprov Lampung Heriyansyah , hari ini penandatanganan nota krsepahaman tersebut dilakukan di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Kota Bandarlampung dan Metro.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat usai pebandatanganan mengatakan, persoalan sampah di Kota Bandarlampung meminta perhatian khusus, volume sampah mencapai 1000 ton/hari dan TPA yg ada sudah over capasity.

"Persoalan sampah ini juga menjadi fokus perhatian kita. Seperti volume sampah kota Bandar Lampung yang mencapai 1000 ton per hari. Tempat tampungannya tidak optimal, melebihi kapasitasnya, sehingga memerlukan tempat yang baru," ujar Toufik Hidayat, Jum'at (5/8/2019).

Untuk membangun TPA Regional, lanjut Toufik Hidayat, harus menyiapkan lahan seluas kurang lebih 20-50 Hektare, dan kawasan Gedung Wani masuk ke dalam kriteria tersebut.

"Dengan kapasitas yang kita harapkan bisa menampung untuk beberapa Kabupaten/Kota tersebut, untuk itu dibutuhkan pengelolaan secara regional," katanya.

Taufik mengatakan kegiatan pembangunan TPA Regional Lampung ini juga masuk dalam daftar list program stock APBN tahun 2020 dan Pemerintah Pusat juga sudah menyiapkan anggarannya. (hmsprov)

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Kiri Bathik Kuning) menyerahkan cindera mata kepada Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana ( Kanan), di Balai Kota Surabaya, Jum’at (28/6/2019) (Foto: Humasprovlpg).

Lingkungan Hidup

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DBFMinfo (Surabaya) : Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menindaklanjuti persoalan sampah di Provinsi Lampung dengan mempelajari tata kelola sampah di Pemkot Surabaya, Jawa Timur, Jum’at (28/6/2019).

Kunjungan kerja Wagub tersebut, Menurut Kepala Bagian Humas dan Komunikasi Publik Biro Humas dan Protokol Pemprov Lampung Heriyansyah, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pengelolaan sampah, seperti yang dikeluhkan masyarakat di daerah Teluk Lampung, Sukaraja dan keinginannya agar Lampung memiliki Tata Kelola Sampah terbaik.

“Saya mendengarkan secara langsung keluh kesah masyarakat Lampung akan sampah, khususnya masyarakat di daerah Teluk Lampung, Sukaraja. Sampah tersebut menurunkan pendapatan mereka sebagai nelayan. Oleh karena itu, saya melakukan kunjungan kerja ini sebagai upaya dalam meningkatkan tata kelola sampah di Provinsi Lampung,” ujar Chusnunia, Jum’at (28/6/2019).

Wagub yang akrab disapa Nunik ini ingin menjadikan Provinsi memiliki Tata Kelola Sampah terbaik.

“Sampah menjadi persoalan bagi setiap daerah. Tanpa pengelolaan yang baik, maka daerah tersebut akan menjadi kumuh dan kotor karena sampah. Oleh karena itu, saya ingin menjadikan Provinsi Lampung menjadi Provinsi yang memiliki Tata Kelola Sampah terbaik,” ujar Wagub.

Untuk meningkatkan tata kelola itu, Wagub Nunik akan menerapkan program 3R (reduce, reuse, dan recycle).

“Dengan menerapkan program 3R dengan baik, maka Provinsi Lampung akan mampu menjadi Provinsi dengan tata kelola sampah yang baik, sama seperti halnya Kota Surabaya," ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjut Nunik, diperlukan komitmen bersama dalam pengelolaan sampah, sehingga Lampung mampu menjadi Provinsi dengan tata kelola sampah terbaik.

“Tentu, hal ini perlu komitmen bersama antara Opemprov Lampung dengan Pemkot Surabaya dalam pengelolaan sampah” tutup Nunik. (HumasPemprov)

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

11:42:02 DBFMRadio.id : Kalianda - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ke 71, IBI Cabang Lampung Selatan,  menggelar pekan imunisasi.

Kegiatan ini juga dilakukan secara  serentak oleh IBI se Indonesia 11-18 April 2022, untuk mensukseskan pekan imunisasi dunia dan  diperingati bersamaan dengan perayaan 100 tahun ICM dan hari bidan sedunia.

Pekan imunisasi IBI Cabang Lampung Selatan, dibuka Ketua IBI Cabang Lampung Selatan Dwi Supraptiningsih, S.ST., M Kes.

Dalam sambutannya ketua IBI Lampung Selatan Supraptiningsih mengajak para orang tua yg masih memiliki bayi balita untuk selalu memenuhi imunisasi dasar lengkap, mulai dr 0 bulan sampai usia 9 bln.

"Saya mengajak, Ibu ibu yang masih punya bayi 0 sampai dengan 9 bulan, untuk memenuhi imunisasi dasar lengkap." Ajak Supraptiningsih.

Sementara Koordinator IBI Ranting Way Urang Cabang Lampung Selatan Juni Ekawati,S.Tr.Keb atau yang akrab disapa Bidan Eka mengatakan,  Kegiatan untuk Lampung Selatan dipusatkan di PMB Juni Ekawati, Jalan Sinar laut no. 21 Way Urang Kalianda.

Bidan Eka  berharap dengan digelarnya imunisasi serentak ini dapat meningkatkan kesehatan bayi dan balita yang ada di Kalianda umumnya di Lampung Selatan.

"melalui pekan imunisasi ini, kami berharap agar kesehatan bayi dan balita disini bisa meningkat" katanya.

HUT IBI Ke 71 tahun 2022, yang juga dihadiri Pengurus Cabang IBI Lampung Selatan di dampingi Pengurus Ranting Way Urang dan Anggota ini mengambil tema Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju.(db-aap-real).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

05:57:20 DBFMRadio.id : Jakarta - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional -BKKBN- bekerja sama dengan Komite Nasional Pengendalian Tembakau -Komnas PT-  Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia -PKJS-UI- dan Fatayat Nahdlatul Ulama, Kamis (20/1/2021) menggelar webinar “Sosialisasi Pemahaman Hubungan Perilaku Merokok dan Stunting untuk BKKBN Perwakilan Provinsi dan Tim Pendamping Keluarga -TPK-

Menurut Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan -Litbang- BKKBN Muhammad Rizal Martua Damanik, dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang Sehat cerdas dan produktif serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, percepatan penurunan stanting menjadi keharusan dalam RPJMN tahun 2020-2024 pemerintah telah mentargetkan pada 2024  angka stanting turun menjadi 14 persen.

Berdasarkan data studi status gizi balita di Indonesia tahun 2021, lanjut Martua Damanik,  tren prevalensi stunting di Indonesia menunjukkan penurunan.  Namun  angka prevalensi stunting pada balita di Indonesia masih menempati peringkat ke 108 dari 132 negara.

"Trend prevalensi stunting di Indonesia menunjukkan penurunan,  namun demikian angka prevalensi stunting pada balita di Indonesia masih merupakan salah satu yang tertinggi di dunia,  menempati peringkat ke 108 dari 132 negara yang diurutkan berdasarkan prevalensi stunting balita terendah hingga tertinggi" rinci MRM Damanik.

Sementara pembicara  lain dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit  Cipto
Mangunkusumo, Bernie Endyarni Medise, menjelaskan ada kaitan antara perilaku merokok dengan kejadian stunting pada anak sejak dalam masa kandungan, yaitu orang tua perokok menyebabkan secondhand smoke yang memberi efek langsung pada tumbuh kembang anak.

"Ada kaitannya (perilaku merokok dengan Stanting), bahkan saat masih dikandung. Asap rokoknya, memberi efek langsung pada tumbuh kembang bayi" jelas dia.

Sedangkan dari sisi ekonomi, rokok juga menghabiskan sebagian pendapatan keluarga. Menurut peneliti PKJS-UI Risky Kusuma Hartono,  penelitian PKJS-UI tahun 2018 menunjukkan peningkatan pengeluaran rokok,  yang dibarengi oleh penurunan pengeluaran makanan sumber protein dan karbohidrat,  yang tentu saja akan memiliki dampak jangka panjang terhadap kondisi stunting anak.(@Ng).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, sesuai instruksi Mendagri Nomor 48 tahun 2021, tanggal 18 Oktober 2021 seluruh vaksin harus selesai. 40% untuk lansia dan 50% untuk 12 tahun keatas.

"Alhamdulillah pada hari ini kita sama-sama mengadakan gebyar vaksin menuju herd immunity, insyaallah dengan gebyar vaksin ini Lampung Selatan bisa berjalan dengan baik untuk masyarakat dengan antusias masyarakat yang luar biasa", ujarnya pada Gebyar Vaksinasi Covid-19 Lampung Selatan Menuju Herd Immunity, di GOR Way Handak Kalianda Lampung Selatan, Senin (11/10/2021).

Dengan adanya gebyar vaksin menandakan kebermasaan pemerintah daerah dengan masyarakat menuju kondisi ekonomi Lampung Selatan yang stabil.

Nanang Ermanto juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat (kepala desa, para camat dan beserta jajaran) mengajak masyarakatnya untuk vaksinasi.

"Saat ini kita berada di zona orange dan PPKM Level 2. Kalau tanggal 18 Oktober 2021 tidak terlaksana Lampung Selatan akan kembali naik level 3 yang akan menimbulkan suatu pekerjaan yang luar biasa", kata Nanang Ermanto.

Pemerintah juga menjamin vaksin yang digunakan untuk masyarakat luas dengan standar keamanan dan telah melewati uji klinik yang ketat, aman dan efektif.

"Saya harapkan dengan kegiatan vaksin pada hari ini akan menimbulkan suatu yang positif bagi masyarakat Lamsel dan gebyar vaksin di GOR way handak pada hari ini akan melayani vaksin setiap hari. Gebyar juga dilakukan setaip kecamatan di Lampung Selatan", tutup Nanang Ermanto

Lampung Selatan Segera Herd Immunity.

Ditempat yang sama, Duta Vaksin Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan sebagai duta vaksin Lampung Selatan.

Winarni Nanang Ermanto juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah Lampung Selatan dan semua pihak untuk bagaimana Lampung Selatan penyediaan vaksin yang maksimal dan juga memberikan vaksin kepada masyarakat agar Lampung Selatan cepat herd immunity.

"Disini saya selaku duta vaksin hanya bisa mengucapkan terimakasih kepada semua jajaran pemerintah daerah yang telah berusaha selama ini bagaimana masyarakat Lampung Selatan paham tentang vaksin dan mau di vaksin, penyediaan vaksin yang ada segera dilakukan", ujarnya

Sementara, dalam laporannya Kepala Dinas Kesehatan Joniyansyah, SKM, MM mengatakan, tujuan kegiatan yakni tercapainya vaksinasi untuk mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan dan meningkatkan cakupan imunisasi covid-19 pada seluruh sasaran vaksinasi hingga mencapai minimal 70%.

'Disamping itu,meningkatkan cakupan vaksinasi covid-19 pada usia lanjut 60 tahun keatas mencapai minimal 40%. Menurunkan kasus covid-19 secara signifikan sekaligus covid-19 dengan gejala baru." Terang dia.

Launching Gebyar Vaksinasi Covid-19 Menuju Herd Immunity Lampung Selatan tahun 2021, ini dilaksanakan secara serentak di seluruh kecamatan dikabupaten Lampung Selatan.

"Sasaran vaksinasi Lampung Selatan selanjutnya, kelompok 12 tahun keatas sampai 59 tahun dan lansia 60 tahun keatas" tutup Joniyansyah.

Hadir pada kegiatan itu, Sekda Thamrin, S.Sos, MM, Ketua DWP Yanie Thamrin, anggota forkopimda, Para Asisten Sekda, para kepala OPD terkait dan para camat beserta forkopimcam hadir melalu Virtual zoom meeting.(db-bngpsp-aap).

Advertisement