Top Stories

Grid List

(13:05:19) DBFMRadio.id : Kalianda - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriyanto, S.Sos, M.M saat  membuka  Bimbingan dan Pelatihan Ekonomi Kreatif "Menjadikan Masyarakat Lampung Selatan yang Produktif, Inovatif, Maju dan Berdaya Saing", di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, di Kalianda, Senin (26/07/21), mengatakan, dalam rangka mendukung program pemerintah dengan mendorong ekonomi kreatif perlu adanya kreativitas dan peningkatan kapasitas masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada dilingkungan sekitar.

Supriyanto juga menuturkan, Demi terselenggaranya pelatihan dan bimbingan ekonomi kreatif diharapkan sebagai wirausahawan dapat memanfaatkan potensi alam yang belum dimanfaatkan dan pengelolaannya dengan baik.

"Bimbingan dan pelatihan ekonomi kreatif yang dilaksanakan pada hari ini adalah sebagai sarana dan upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif dengan metode ekoprim sehingga produk kedepan ekoprim yang dihasilkan dapat dipasarkan melalui media online maupun media sosial", jelasnya

Melalui  bimbingan dan pelatihan ekonomi kreatif ini, Supriyanto berharap dapat memberikan banyak peluang usaha dalam memajukan dan mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

"Oleh karenanya,  saya  mengajak masyarakat untuk mendukung dan bersinergi dengan pemerintah dalam pengembangan ekonomi kreatif,  sehingga sektor ekonomi kreatif terus berkreasi dalam setiap menghasilkan produk hasil kerajinannya." terang dia.

Bimbingan dan pelatihan ekonomi kreatif ini,  juga  sebagai sarana membangun relasi dan jejaring,  mengembangkan ekonomi kreatif serta menjadikan masyarakat Lampung Selatan yang produktif, inovatif dan memiliki daya saing.

Tingkatkan kualitas SDM Ekraf

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan Rini Ariarsih, dalam laporannya menyebut, pelatihan dan bimbingan ekonomi kreatif ini, merupakan salah satu program kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan tahun anggaran 2021, bertujuan memberikan pemahaman ekonomi kreatif bagi masyarakat Kabupaten Lampung Selatan.

"Tujuannya (pelatihan dan bimbingan ekonomi kreatif) juga untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ekonomi kreatif,  agar semakin kompetitif dan untuk memperkuat pembinaan dan kemitraan pelaku ekonomi kreatif dalam mendukung citra pariwisata daerah." Lanjut Rini.

Hadir dalam kegiatan ini beberapa Kepala OPD terkait, seperti,  Kadis Koperasi dan UMKM I Ketut Sukerta, S.E, Kadis Perdagangan dan Perindustrian Yusri, S.E, M.M, Ketua Dekranasda Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto serta Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Hellen Veronika, M.Kes.(db-bgpspt-aap).

DBFMRadio.id : Kalianda - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriyanto, S.Sos, M.M memimpin Rapat Pembahasan Keberlanjutan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2021 Kabupaten Lampung Selatan, di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lampung Selatan, Kamis (15/07/21).

Adapun permasalahan yang dibahas pada rapat yakni terkait kelanjutan jadwal tahapan pemilihan Kepala Desa dengan memperhatikan tingkat perkembangan penyebaran Covid-19 di Kab. Lampung Selatan yang semakin meningkat.

"Pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak tahun 2021 masih dapat dilanjutkan sesuai dengan jadwal tahapan yang telah ditetapkan atau sebaiknya dilakukan penundaan karena dianggap memiliki resiko tinggi melihat tingkat penyebaran Covid-19 di Kab. Lampung Selatan." terang Supriyanto.

Supriyanto mengatakan, terkait dengan tahapan Pilkades yang akan digelar pada tahun 2021 dan sudah disepakati, dari 31 tahapan sudah memasuki 14 tahapan yakni pada tahapan persiapan untuk penetapan para calon dan persiapan SK Bupati.

Kemudian lanjut Supriyanto, setelah menerima masukan akan memasuki tahapan berikutnya yang sudah menjadi perhatian kita semua pada tanggal 23-26 Juli akan memasuki masa kampanye.

"Oleh karena itu, di dalam rangka menyikapi kondisi saat ini banyak pihak yang mengkonfirmasi akan hal ini terkait dengan maksud dari kegiatan, rangkain terhadap tes seleksi pada calon yang lebih dari 5 sudah selesai, Dinas PMD mengajukan nota Dinas pada pimpinan terkait dengan tahapan yang rencana ini dibahas", kata Supriyanto(db-bngpsp-aap).

DBFMRadio : Kalianda - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menggelar istigasah meminta agar wabah Covid-19 segera berakhir, berlangsung di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, Selasa (13/7/21).

Pada kesempatan tersebut, Nanang Ermanto mengatakan, pemerintah pusat, provinsi dan daerah tidak henti-hentinya, dengan segala daya upaya dengan menyiapkan tenaga kesehatan, obat-obatan dan ruang perawatan pasien Covid-19, untuk menyelamatkan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan, dari serangan virus mematikan ini.

Oleh karenanya, lanjut Bupati, hari ini pemerintah daerah dengan forkopimda kabupaten Lampung Selatan mengadakan Istighosah untuk memohon kepada Allah SWT bahwa virus ini benar-benar sangat berbahaya.

"Saya berharap upaya ini terus kita lakukan untuk memutus mata rantai Covid-19, namun kita serahkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, sebagai umat beragama kita hanya bisa memanjatkan doa, ya melalui istighosah saat ini" harap Nanang seraya mengingatkan.

Nanang juga menghimbau kepada seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Lampung Selatan, yang mengikuti secara virtual untuk sama-sama memerangi Covid-19 dengan disiplin.

"Kuncinya adalah kedisiplinan kita, maka saya himbau kepada seluruh camat dan kepala Desa, untuk memerangi Covid 19 ini" pintanya.

Pemerintah, menurut orang nomor satu di Lampung Selatan ini, sudah memberikan seluruh vaksinasi tahap 1, tahap 2, obat-obatan, tinggal bagaimana meningkatkan sebagai masyarakat khususnya aparat-aparat dan kecamatandan desa, pemerintah daerah, forkopimda terus mensosialisasikan untuk disiplin terhadap protokol kesehatan.

"Karena diri kitalah yang dapat menyelamatkan keluarga kita, jangan sampai karena ketidak disiplinan kita, kehilangan keluarga yang kita cintai." ujar Nanang.

Istighosah yang digelar di Aula Sebuku, sesuai undangan yang ditandatangani Bupati, juga dihadiri Kajari Lampung Selatan Dwi Astuti Beniyati, dan Ketua PN Kalianda Fitra Renaldo.

Hadir secara langsung luring perwakilan anggota Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Setdakab dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Sementara anggota dan pimpinan DPRD, para camat, hingga kepala desa se-Kabupaten Lampung Selatan, mengikuti secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. (db-bngpsp-aap).

 

 

(11:25:59) DBFMRadio.id : Jakarta - Pemerintah terus mendorong terciptanya birokrasi yang dinamis yaitu tata kelola pemerintah yang bersih efektif efisien dan cepat mengambil keputusan.

Reformasi birokrasi dilakukan sebagai ikhtiar untuk membuat birokrasi lebih adaptif, lebih cepat mengambil keputusan, cepat dalam proses pelayanan publik dan cepat dalam pengambilan keputusan.

Reformasi birokrasi, menurut Menpan-RB Cahyo Kumolo, pada dasarnya dimulai dari merubah pola pikir aparatur dalam pembangunan, yang digerakkan oleh SDM Aparatur. Oleh karena itu, peran aparatur menjadi sangat signifikan bagi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

"Birokrasi pada dasarnya dimulai dari merubah pola pikir aparatur, yang harus lebih lincah dan inovatif. Reformasi birokrasi dilakukan sebagai sumber utama dalam pembangunan digerakkan oleh SDM Aparatur. Karena itu peran aparatur, menjadi sangat signifikan sebagai tercapainya tujuan yang telah ditetapkan dalam konteks pengelolaan sumber daya manusia yang ditetapkan" terang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi - Menpan-RB Cahyo Kumolo pada peluncuran logo Kemenpan RB , Selasa (27/7/2021).

Sementara, Presiden Joko Widodo mengatakan setiap aparatur sipil negara dimanapun bertugas seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar dan semboyan yang sama.

"ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values, baik berprofesi sebagai dosen, guru, Jaksa, dokter, perawat, analisis kebijakan, administratur maupun satpol PP, bahkan pegawai BUMN dan mempunyai proposisi nilai rujukan yang sama." terang Presiden.

Presiden juga meminta, ASN harus mempunyai orientasi yang sama, dengan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Karena ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani seperti pejabat zaman kolonial.

"Kini bukan zamannya lagi ( ASN minta dilayani: red), setiap ASN harus mempunyai jiwa untuk melayani untuk membantu masyarakat. Untuk itu ASN dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan oleh negara." tegas Jokowi.

Dari akun YouTube Kemenkominfo TV diketahui, Logo baru Kemenpan RB yang dilaunching Presiden Joko Widodo, terdiri dari dua unsur utama Garuda Pancasila lambang negara Indonesia, menunjukkan Kementerian pan RB merupakan bagian dari instansi pemerintah Indonesia.

Selain itu semboyan bhinneka tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu mencerminkan semangat gotong royong untuk mencapai tujuan dan cita-cita bersama negara dan bangsa Indonesia.

Huruf RB dengan penggunaan karakter huruf kecil, menunjukkan kerendahan hati, sebagai simbol orientasi pelayanan yang ramah dan mudah bagi masyarakat.

Sedangkan simplifikasi Kementerian, sebagai simbol dari semangat pelaksanaan reformasi birokrasi dan penyederhanaan birokrasi, penyederhanaan ini juga menggambarkan Kementerian yang lebih terbuka, responsif dan terus berkembang serta siap menghadapi perubahan zaman.(aap-ytbkemenkotv-aap).

16:14:18 DBFMRadio.id : Jakarta - Peringatan Hari Anak Nasional  adalah momentum pengingat untuk memprioritaskan hak-hak Dasar anak,  di mana terdapat empat hak dasar anak,   hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang.hak untuk mendapatkan perlindungan dan hak untuk berpartisipasi.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak -PPPA-  I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, Hak tersebut harus dijamin pemenuhannya oleh semua pihak, Pemerintah, orang Tua dan  lingkungan anak. Untuk mendukung tumbuh kembang anak Indonesia.

"Terpenuhinya hak-hak dasar anak ini,  nantinya akan mendukung tumbuh kembang anak Indonesia secara optimal. Oleh karenanya hak-hak dasar harus dapat dinikmati setiap anak,  tanpa terkecuali dalam situasi sesulit apapun." kata menteri yang biasa disapa Bintang Puspa Yoga pada Peringatan Hari Anak Nasional  2021, Jum'at (23/7/2021).

Melalui  tema  anak  terlindungi, Indonesia maju, dengan tagline, anak peduli di masa pandemi,  Bintang Puspa Yoga  berharap dapat menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat Indonesia bahwa kita tidak akan pernah mencapai Indonesia yang maju tanpa melindungi anak-anak Indonesia.

Peringatan Hari Anak Nasional juga menampilkan  aspirasi anak  Indonesia,  melalui Suara Anak Indonesia, Menteri PPPA juga meminta  kepada semua pihak  dapat benar-benar mendengarkan,  mempertimbangkan dan mewujudkan berbagai aspirasi anak Indonesia,  dengan mengedepankan prinsip kepentingan terbaik bagi anak anak.

"Saya berharap dan memohon kepada para pejabat pemerintah serta petinggi dari berbagai sektor yang hadir pada hari ini, dapat benar-benar mendengarkan, mempertimbangkan dan mewujudkan berbagai aspirasi mereka dengan mengedepankan prinsip kepentingan terbaik bagi anak" harap Bintang.

Tagline anak peduli di masa pandemi, lanjut Bintang,  diharapkan dapat memotivasi anak untuk tidak kalah dengan pandemi.

"Anak-anak Indonesia Tetap semangat untuk belajar dan berkarya serta memiliki kepedulian untuk saling menjaga, menjaga diri, menjaga keluarga,  menjaga teman-teman dan menjaga Indonesia." Sambung Bintang Puspa Yoga.

Sementara, Presiden Joko Widodo dari istana kepresidenan berkesempatan melakukan dialog virtual dengan beberapa anak dari berbagai daerah. (db-aap).

(12:41:31) DBFMRadio.id : Jakarta - Penyerahan hewan qurban Kementerian Komunikasi dan Informatika -Kominfo- dilaksanakan sesuai surat edaran Menteri Agama yang terkait dengan perayaan Idul Adha 1442 hijriah, untuk mengambil bagian yang aktif dalam memutus rantai sebaran covid-19.

"Qurban adalah ibadah yang diawali oleh peristiwa nabi Ibrahim dan putranya nabi Ismail yang terus dilestarikan hingga saat ini. Sejarah nabi Ibrahim menyebabkan Idul Adha dinamai idul Naar, atau qurban yang artinya hari menyembelih hewan ternak."terang Menteri Kominfo Jhoni G Plate, pada penyerahan hewan qurban secara virtual melalui kanal YouTube Kemenkominfo TV Rabu (21/7/2021).

G. Plate mengatakan, riwayat penyerahan kurban nabi Ibrahim adalah bagian dari keikhlasan ketaatan dan loyalitas nabi kepada sang pencipta, peristiwa teologis itu penting untuk negara, pemerintahan dan rakyat, terlebih dalam situasi pandemi covid 19 saat ini, dan kesolehan serta solidaritas sosial tanpa sekat.

"Riwayat penyerahan korban nabi Ibrahim adalah bagian dari keikhlasan ketaatan dan loyalitas nabi kepada sang pencipta Tuhan Yang maha esa peristiwa teologis itu penting untuk negara pemerintahan dan rakyat apalagi dalam situasi pandemi covid 19 saat ini dan kesalehan serta solidaritas sosial tanpa sekat dan loyalitas." terang Menkominfo.

Islam mengajari fleksibilitas dalam ibadah, demikian juga dalam berqurban jika tidak dapat melakukannya sendiri, seorang muslim dapat mewakilkannya ke orang lain, termasuk secara online.

Qurban online, kata Mentri G Plate, salah satu solusi saat pandemi covid 19, pelaksanaan ibadah Qurban marketplace, lembaga keagamaan online dan lainnya yang didukung oleh jaringan telekomunikasi dengan quality of service yang baik.

"Seperti tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 36 tahun 2020 tentang salat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban saat wabah covid 19." tegas Menkominfo.

Sementara dalam laporannya, Sekretaris Ditjen Pengembangan Sumberdaya Manusia, Haryati menyebutkan, Panitya Qurban Masjid At - Taqwa Kominfo, berhasil mengumpulkan 12 Ekor sapi dan satu ekor kambing, berasal dari Shohibul qurban dilingkungan Kemenkominfo dan mitranya.

"Adapun ke 13 Shohibul qurban tersebut dari internal masing-masing, untuk sapi Menkominfo Jhoni G Plate, Sekretariat Jendral, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Infomatika (PPI), Ditjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Infomatika (SDPPI(, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Ditjen Aplikasi Informatika, Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Bhakti Kominfo." Sebut Haryati.

Kemudian dari mitra Kominfo, lanjut dia, masing-masing, satu ekor sapi BRI Pusat, Gojek, Telkomsel, Bank Syariah Indonesia-BSI- Cabang Sudirman. Serta satu ekor kambing dari BSI Bintaro.

Sedangkan untuk penyembelihan, dilakukan di Rumah Potong Hewan -RPH- Nurminasia Bintaran Bekasi.(db-aap).

21:06:26 DBFMRadio.id : Palembang - Provinsi Sumatera Selatan memiliki 13 Kabupaten dan 4 Kota, dengan luas wilayah  91.592,43 Km2 dan populasi penduduk 8.600.765 jiwa.

Kejaksaan Tinggi Sumatra Selatan, sejak tahun 2014, menempati gedung 10 lantai, alamat di jalan Gubernur Haji a Bastari 80 ulu seberang ulu 1,  dengan luas tanah 18.608 M2 dengan jumlah pegawai sebanyak 316 orang yang terdiri dari 154 orang Jaksa dan 162 orang tata usaha serta membawahi 15 unit Kejaksaan Negeri.

"Perubahan mengantarkan kita hal yang baru  harus menyadari,  terus bergerak terus berkarya serta terus  berinovasi. Perubahan bukan hanya sekedar slogan saja, namun harus kita wujudkan bersama." demikian tekad Kejati Sumsel.

Dengan semangat perubahan, Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan siap melakukan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM dengan menerapkan 6 area perubahan,  yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana,  penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas, kinerja penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Melalui upacara pencanangan penguatan zona integritas menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) Kejati Sumsel mendukung serta berkomitmen untuk mewujudkan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi.

Bersama seluruh jajaran Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan siap menjunjung tinggi menerapkan slogan yang dimiliki PASS yaitu Profesional, Acountable, Smart and Servis.

Pimpinan sebagai role model dalam pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi,  mengajak seluruh jajaran pegawai pada Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan untuk dapat terlibat dalam kegiatan dengan membangun budaya kerja dan pola pikir.

"Saya Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan dengan ini menyatakan,  bahwa saya beserta seluruh jajaran Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, siap membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Kejati Sumsel PASS,  profesional akuntabel smart service" tekad Kajati Sumatera Selatan Drs. M.Rum, SH.MH, dalam Video Podcast  Pembangunan ZI (Zona Integritas) Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Menuju WBK Tahun 2021.

Dengan didukung sistem pengukuran kinerja yang berbasis teknologi informasi,  untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penyelenggaraan manajemen,  Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan telah menerapkan beberapa aplikasi dan sistem informasi.

Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, bersama sama membangun diri untuk menjadi pribadi yang bermartabat dan konsisten dalam kedisiplinan. Dengan meningkatkan kompetensi pegawai,  melalui kegiatan pelatihan untuk pegawai,  mengikuti in house training expose penanganan perkara dan pelaksanaan asesmen pegawai.

Untuk mencapai suatu tujuan perlu adanya komitmen dan dedikasi komunikasi dan kerjasama yang baik adalah awal dari perubahan,  untuk mencapai kinerja yang maksimal,  berdasarkan perjanjian kinerja yang telah dibuat dan ditandatangani oleh pejabat struktural.

Melalui  aplikasi e - jurnal diharapkan dapat meningkatkan efektivitas kinerja pegawai,  karena dapat dimonitor oleh pimpinan. Sebagai bentuk penguatan pengawasan dalam pembangunan zona integritas menuju WBK,  Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan telah melakukan pengendalian gratifikasi dan menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (STIP),  mengidentifikasi dan membuat peta risiko dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

Untuk memberikan pelayanan yang baik,  Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan juga  memiliki sarana dan prasarana berupa ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP),  yang dilengkapi beberapa fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan.

Disamping itu, Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, menyajikan informasi publik yang dapat diakses melalui website media sosial, Videotron dan papan struktural digital  serta standar layanan SOP dan yang dapat di lihat pada layar monitor pada ruang PDSP.

Pembangunan. Zona integritas menjadi hal yang utama memberantas segala bentuk korupsi dan berkomitmen dalam bekerja, untuk selalu menegakkan keadilan dan meningkatkan pelayanan publik.(db-aap).

(13:32:50) DBFMRadio.id : Bandarlampung - Lembaga Penyiaran Publik (LPP)  RRI Bandar Lampung, kembali menggelar Lomba Bercerita Anak  Dengan Harapan. 

Lomba ini ditujukan   Untuk pelajar tingkat Sekolah Dasar dan anak putus sekolah berusia maksimal 11 tahun.

Menurut Ketua Panitya M. Touhid Umar,  peserta menceritakan pengalaman, perasaan dan harapannya tentang segala sesuatu yang menarik dan menginspirasi,  bersumber dari imajinasinya atau pengalaman di lingkungan sekitar, dan dikirim ke Panitya.

"Materi perlombaan dalam bentuk  rekaman video dengan format Mp4,  dikirim ke Panitya menggunakan bahasa tutur tema cerita bebas asal tidak bertentangan dengan nilai nilai pancasila dan nilai-nilai agama, bukan mengutip dari dongeng atau legenda" terang Tauhid dalam siaran pers yang diterima dbfmradio.id Senin (5/7/2021).

Peserta adalah pelajar SD aktif di wilayah propinsi lampung, dibuktikan surat keterangan dari sekolah dan anak putus sekolah berusia maksimal 11 tahun, dibuktikan dengan akte kelahiran atau surat keterangan dari lurah setempat.

Sedangkan materi cerita, lanjut Tauhid,  murni karya peserta lomba, dibuktikan dengan surat pernyataan orisinalitas karya,  diatas materai 10.000 yang ditanda tangani oleh orangtuawali.

"Harus original karya peserta lomba, disertai dengan deskripsi cerita yang diketik dengan jenis huruf arial 12 dan 1 1/2 spasi dengan durasi  bercerita 5 menit, tanpa memperkenalan diri." kata Kasi Programa 1 RRI Bandarlampung ini.

Selanjutnya, rekaman Video  dikirim di google form. http://gg.gg/berceritadirri2021 atau menyerahkan langsung ke RRI Bandarlampung,  alamat Jl. Gatot Subroto NO 26 Pahoman Bandarlampung.

Cerita boleh disertai sound effect atau musik back sound,   pelaksanaan penilaian lomba dilaksanakan pada 22 dan 27 juli 2021
melalui media sosial rri (youtube, instagram dan facebook).

Hadiah lomba bagi  juara 1 Rp. 2 Juta,
Juara 2 Rp. 1,5jt, Juara 3 Rp.1jt dan  piagam penghargaan, trophy dan akan mewakili RRI  Bandar Lampung pada lomba yang sama  ke tingkat Nasional.

Untuk informasi dan konfirmasi pendaftaran Irawati 0913 6635 1421, Nona 0812 7895 8187 dan Ussy 0853 7789 9935.(db-rell-aap).

18:15:49 DBFMRadio.id : Kalianda - Radio Dimensi Baru FM mengundang Suherman Ketua Kelompok Tani Agung Berkah Porang sebagai narasumber pada Ruang Dialog dengan topik Budidaya Tanaman Porang Dari Desa Sampai Mancanegara, dipandu host Melinda, di Studio DBFM Radio, Selasa (22/06/21).

Dari zaman penjajahan Jepang dan Jepang masuk ke Indonesia untuk menyebarkan bibit-bibit porang pada saat disebarkan Indonesia sudah merdeka dan pada tahun 1945-1960 masyarakat sudah mengetahui bahwa tanaman Porang bisa dijadikan makanan dan pengelola industri.

"Keistimewaan dari tanaman Porang tergantung dari mindset masyarakat dan penggunaan serta dari sisi ekonomis daya jual dan cara merawatnya tidak terlalu sulit",kata Suherman.

Masa pertumbuhan tanaman Porang bisa dilihat dari Bulbilkatak pertumbuhan masa sekitar 3 bulan, tanaman umbi sekitar 20-30 per satu batang dan bijikatak 1 pohon hanya menghasilkan 4 batang.

"Masa tanam Porang tidak sama seperti tanaman lain, ada siklus tanam di bulan 8-9 sampai bulan 1 sudah masa tanam terakhir di polibag. Masa siklus menanam Porang sebelum musim hujan dan dipanen setelah kemarau supaya kadar air tidak terlalu banyak", jelas Suherman

Ada 3 ciri-ciri tanaman Porang yakni diujung daun berwarna pink, sekitar umur 2-3 bulan akan tumbuh garis antara atas sampai ditengah dari tengah sampai kebawah dan juga sekitar umur 2-3 bulan muncul seperti bentol-bentol.

Budidaya tanaman Porang di Lampung Selatan masih sekitar 5%-10% yang menanam dan mempunyai peluang yang besar di wilayah Pasuruan, Kalianda, umbul tengah dan korpri sekitar 32ribu batang yang sudah di tanam.

Lanjut Suherman, ada 2 hal penting penanaman porang yakni pengelolahan lahan dari yang menggunakan bahan kimia diubah penggunaannya menggunakan bahan kompos dan pola pemilihan bibit.

Petani salah satu kesulitan dalam menanam Porang karena masih banyak petani yang belum memahami tanaman Porang tersebut dan modal menjadi hambatan para petani untuk menanam Porang.

"Kelompok tani agung berkah Porang baru terbentuk pada bulan Februari 2021 lalu dan baru menghasilkan 1 kali panen sekitar 5 ton porang serta mengajak kepala desa bekerjasama supaya masyarakat tidak harus mengandalkan bantuan dari pemerintah." ujar Suherman.(db-bngpsp-aap).

DBFMRadio : Kalianda - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Lampung, Brigjen Pol Drs. Subiyanto, bersilaturahmi dengan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, di Rumah dinas bupati setempat, Rabu (20/1/2020), didampingi Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), AKBP Zaky Alkazar Nasution, SH, S.IK, MH., dan disambut anggota Forkopimda Lampung Selatan.

Ditemui usai pertemuan itu, Bupati Nanang Ermanto mengatakan, kegiatan kunjungan itu dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan Wakapolda Lampung serta sejumlah anggota Forkopimda lainnya.

"Kunjungan kerja polres dan pemerintah daerah aja, untuk saling silaturahim Wakapolda ke rumah dinas dan Forkopimda di Lampung Selatan," ungkapnya kepada Dbfm Radio.

Dalam kunjungan singkat ini, kata Bupati Nanang, Wakapolda juga turut meminta kepada jajaran Pemkab Lampung Selatan agar dapat bekerja sama dalam menuntaskan laju penyebaran Covid-19.

"Kita ditekankan oleh pak Waka, bahwa Covid-19 ini, sama-sama kita untuk turun dari tingkat desa sampai ke kecamatan dan provinsi," jelasnya.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam menuntaskan permasalahan Covid-19 ini, kata Nanang, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, terkait kesadaran masyarakat dalam mendisiplinkan prilaku 3M.

"Kita edukasi, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama sadar dengan 3M, kita sendiri mengumpulkan seluruh kepala desa untuk membangkitkan kembali gugus tugas Covid-19 di desa," jelasnya lebih lanjut.

Diketahui, Kunjungan Wakapolda Lampung ke Lampung Selatan itu dalam rangka ramah tamah bersama jajaran Forkopimda di Polres Lampung Selatan. (db/ptm-aap).

DBFMRadio.id: Kalianda - Rapat paripurna DPRD Kabupaten Lampung Selatan mengambil keputusan Rancangan Peraturan Daerah tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2019, Jum'at, 17 Juli 2020 disyahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Rapat Paripurna virtual meeting yang dipimpin Ketua DPRD Hendri Rosyadi ini, dari pihak eksekutif mewakilkan Sekda Kab Lamsel Thamrin karena Bupati Nanang Ermanto berhalangan dan dihadiri Forkopimda di Aula Rajabasa Setdakab Lampung Selatan.

Dalam sambutannya, Bupati Nanang Ermanto melalui Thamrin mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada pimpinan dan Anggota DPRD Lampung Selatan, yang telah bekerja keras untuk membahas dan mengesyahkan Raperda LPJ Pelaksanaan APBD Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2019.

"Laporan pertanggungjawaban ini merupakan program kinerja yang baik dan program yang ada di Organisasi Perangkat Daerah" kata Thamrin Jum'at (17/7/2020).

Bupati juga meminta seluruh kepala OPD dan jajarannya, agar terus bekerja keras, bahu membahu untuk mengoptimalkan pelaksanaan APBD tahun yang sedang berjalan, membuat Visi dan Misi Kabupaten Lampung Selatan dapat terwujud.

Sementara dalam pandangan akhirnya, fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menerima dan menyetujui Raperda LPJ Pelaksanaan APBD 2019 untuk disyahkan menjadi Perda dan mengapresiasi kepada Bupati Lampung Selatan karena mampu mempertahankan penilaian dari BPK RI Perwakilan Lampung dengan memperolah predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), selama 4 Tahun berturut turut.

"Fraksi kami mengapresiasi kepada pemerintah daerah karena mampu mempertahankan predikat WTP dari BPK selama 4 tahun berturut-turut terkait dengan hal tersebut hendaknya dapat meningkatkan kinerjanya untuk mengurangi potensi penyimpangan dengan membangun sistem pengendalian yang efektif" Kata jurubicara Fraksi Lukman.

Pada bagian lain pandangan akhirnya, Fraksi PKS juga mengingatkan, hendaknya dapat membangun sistem informasi dan komunikasi yang efektif dan membangun sistem pemantauan berkala. Sedangkan terkait dengan target pendapatan asli daerah yang mencapai Rp. 275.464 .317.220,17 atau 99,48% dari target yang direncanakan. Fraksi PKS mengharapkan kedepan agar penetapan PAD harus berdasarkan study dan analisa yang komperhensif.

"Kami mengharapkan agar penetapan PAD kedepan harus berdasarkan study dan analisa yang komperhensif, dan dipersiapkan strategi target pencapaian, terlebih kita masih dibayangi pandemi Covid 19" harap fraksi PKS.

Demikian pula, 7 Fraksi lainnya yaitu Fraksi PDIP, Fraksi PAN, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, Fraksi PKB, dan Fraksi Gabungan Nasdem Hanura Perindo, menerima dan menyetujui  Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan  APBD 2019  disyahkan menjadi peraturan daerah. (Db / lmhr -ap).

DBFMRadio.id : Kalianda - Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Untuk belanja daerah terealisasi sebesar 91.24%.

Dari alokasi Anggaran belanja TA. 2019 sebesar Rp. 241.510.303.777,00 terealisasi sebesar Rp. 220.356.998.980,60 dengan rincian, untuk belanja tidak langsung (gaji pegawai), alokasi anggaran Rp. 78.883 .391. 200,00 realisasi Rp. 77.805.673112,00 atau terealisasi 98,70%.

Sedangkan, untuk belanja  langsung yang dialokasikan untuk 12 program dan 66 kegiatan, dari alokasi anggaran Rp. 162.676.912.577,00 terealisasi Rp. 142.551.325.868,00 atau terealisasi 87,63%.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan, dr. Jimmy Banggas Hutapea, MARS pada pembahasan Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA. 2019 di Aula Rumah Dinas Ketua DPRD setempat, Rabu (15/7/2020).

Dirinya mengatakan bahwa tidak terealisasinya anggaran itu, dikarenakan banyaknya kegiatan, seperti pengadaan tender yang gagal lelang, sehingga serapan untuk belanja langsung tidak tercapai.

"Untuk belanja langsung ini, realisasinya banyak yang tidak tercapai, karena banyaknya gagal lelang, sehingga untuk belanja langsung realisasinya tidak tercapai," ungkapnya.

Sedangkan dari segi program, lanjut Jimmy Hutapea, yakni anggaran pemeliharaan roda empat dan dua di puskesmas, yang sudah di alokasikan dari pendapatan Badan Layanan Umum Daerah (BULD) puskesmas.

"Sudah dialokasikan dari BLUD Puskesmas, jadi tidak terserap, ini yang menyebabkan tidak terealisasi pak," jelasnya kepada pihak DPRD Kabupaten Lampung Selatan.

Sedangkan, untuk pendapatan daerah, Jimmy Hutapea menyebut over target, dari target Rp. 48.222.218.881,00 terealisasi Rp. 48.921.727.341,00 atau terealisasi sebesar 101,45%.

"Dari segi pendapatan, di Dinas kesehatan ini, melebihi target pak," ujarnya. (db/ptm-aap).

Advertisement