Top Stories

Grid List

18:38:02 DBFMRadio.id : Kalianda - Sehubungan dengan memasuki musim kemarau yang diakibatkan oleh perubahan cuaca yang tidak menentu di wilayah Lampung Selatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Lampung Selatan menyebut  ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PKP)  Lampung Selatan Maturidi Ismail menyebutkan, memasuki musim kemarau, warga dilarang membakar lahan perkebunan dengan  tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran.

Pada surat bernomor 1800131 IIV.25/2021 yang ditujukan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Selatan, perihal himbauan pencegahan bahaya Kebakaran, Maturidi juga menyebut, jika meninggalkan  rumah dalam waktu lama, harus dipastikan listrik dimatikan dan kompor gas juga dalam kondisi mati.

"Ketika akan meninggalkan rumah jangan lupa untuk mematikan lampu listrik, memeriksa kompor gas, tidak menyalakan lilin yang akan berakibat menimbulkan kebakaran" sebut Maturidi dalam surat himbauannya.

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebutnya,  dapat menghubungi Call Center 0822 7951 3682 (Pos Kaianda), dan 0853 5764 7794 (Pos Natar).(db-rell).

17:22:05 DBFMRadio.id : Kalianda - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriyanto, S.Sos. MM memimpin Rapat Pemantapan Persiapan Seleksi Tilawatil Qur'an ke-II Kabupaten Lampung Selatan, di Aula Rajabasa Setdakab Lampung Selatan, Senin (04/10/2021).

Pada kesempatan itu, Supriyanto mengatakan, Rapat sebagai tindak lanjut dari pertemuan-pertemuan sebelumnya,  terkait dengan keikutsertaan Kabupaten Lampung Selatan pada event MTQ tahun 2021 tingkat Provinsi Lampung.

Lanjut Supriyanto, tahapan-tahapan tentunya sudah dilalui bersama mulai dari pembahasan mempersiapkan peserta, kemudian rencana penyelenggaraan tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

"Pada rapat hari ini rapat tehnis,  (jajaran dewan hakim dan perangkatnya), dan saya sudah melapor kepada Bupati dan Sekda tentang perkembangan kegiatan yang akan dilaksanakan", ucapnya

Laporan tersebut termasuk  penetapkan jadwal untuk STQ Kabupaten Lampung Selatan yang sudah disepakati pada tanggal 11-13 Oktober 2021.

"Pada pelaksanaan STQ nanti saya berharap  bisa berjalan dengan baik, kegiatan ini bukan  kegiatan baru,  karena rutin dilaksanakan setiap tahun", kata Supriyanto

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Bagian Bina Mental Spiritual dan Kemasyarakatan Drs. A. Kholil, meminta kepada seluruh perangkat dewan hakim untuk menyiapkan tempat pelaksanaan dan segala sesuatu terkait kegiatan tersebut.

"Untuk pembagian tugas perangkat dewan hakim sesuai dengan cabangnya, diharapkan nanti bisa melihat sesuai SK dimana sudah tertera tempat yang ditugaskan untuk menyiapkan segala sesuatunya", ucap Kholil.

Lain dari itu, Kholil juga minta untuk mendo'akan dalam  lomba Pondok Pesantren (Ponpes) , yang hari ini sedang diversifikasi mudah-mudahan  dua  Pondok Pesantren Modern  di Lampung Selatan, yakni Ponpes Ushuluddin dan Ponpes Gontor, dapat masuk nominasi dan mendapatkan juara.

"Mohon do'anya juga, Pak Syarif akan mewakili Qori Lampung pada MTQ KORPRI Nasional." , katanya berharap.(db-bngpsp-aap).

13:22:17 DBFMRadio.id : Kalianda : Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriyanto, S.Sos, MM memimpin Rapat Persiapan Seleksi Tilawatil Qur'an ke-II Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2021, di Aula Krakatau Setdakab Lampung Selatan, Rabu (29/09/2021).

Pada kesempatan tersebut, Supriyanto mengatakan, Lampung Selatan akan mengadakan seleksi terkait dengan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi yang akan digelar pada tanggal 25 November-4 Desember 2021.

"Jadi seleksi kita dari hasil rapat dengan kantor  kemenag dan  BMS serta teman-teman yang tergabung dalam dewan hakim telah menyepakati pada tanggal 11-13 Oktober 2021", kata Supriyanto

Lanjut Supriyanto, rapat yang membahas terkait dengan jadwal dan tempat untuk dewan hakim maupun peserta serta hal-hal lain yang harus dipersiapkan dari awal sehingga tidak memakan waktu.

Kemudian, seleksi yang dilakukan telah memperoleh hasil sebagai salah satu variabel dalam rangka pengiriman peserta, karena panitia juga membuka ruang pada jalur yang lain.

"Barangkali selama masa seleksi tidak semua potensi terukur, karena kita akan mengikuti lomba tentu kita berprestasi, tetapi kita tetap mengutamakan mekanisme melalui seleksi", tegasnya

Sementara, jadwal yang sudah disepakati bersama tanggal 11-13 Oktober 2021 tentu berkaitan dengan penyampaian informasi kepada para peserta dan kepada jajaran lembaga formal yang ada di kecamatan.

"harapan kita seluruh peserta yang bisa dikatakan potensinya tersebar bisa masuk ke jalur seleksi terlebih dahulu, sehingga para dewan hakim dan pendamping bisa mengetahui detail potensi yang dimiliki", ujarnya

Selanjutnya, para calon peserta yang akan dikirim ke tingkat provinsi akan melakukan pembinaan dari hasil seleksi yang akan digelar 11-13 Oktober 2021 diseputaran Kalianda dan sekitarnya.(db-bngpsp-aap).

17:54:51 DBFMRadio.id : Jakarta - Program Pendidikan Reguler  -PPR -  yang dilaksanakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia - Lemhannas RI- Angkatan 62 ada  60 orang terdiri dari para pejabat tinggi Pratama setingkat Eselon 1 dan 2,  berasal dari TNI dan Polri, 36 orang sedangkan 24 orang,  berasal dari MPR RI,  Kementerian Lembaga Pemerintah Non Kementerian,  Pemerintah Provinsi,  Partai Politik dan Organisasi Masyarakat.

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Purnawirawan Agus Widjojo, dalam laporannya pada Pengarahan Presiden kepada peserta PPS  dan PPR Lemhannas di Istana Negara, Rabu Pagi mengatakan,

"Peserta PPR angkatan 62 selama pendidikan berlangsung,   disamping  pembelajaran jarak jauh, selama 15 bulan juga dilakukan pembelajaran lapangan" terang Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Purnawirawan Agus Widjojo, dalam laporannya pada Pengarahan Presiden kepada peserta PPS  dan PPR Lemhannas di Istana Negara, Rabu (13/10/2021).

Sementara dalam arahannya Presiden Joko Widodo mengingatkan, revolusi industri 4.0 disrupsi teknologi dan  pandemi,  mempercepat gelombang perubahan di dunia.

"Revolusi industri 4.0 disrupsi teknologi kemudian, pandemi ini yang mempercepat gelombang perubahan di dunia.  Sehingga menimbulkan  juga ketidakpastian yang tinggi."ingat Presiden

Oleh sebab itu,  tegas Presiden harus semakin Arif mengembangkan teknologi,  sekaligus juga aktif mengakuisisi teknologi teknologi baru terutama teknologi digital.

Lebih lanjut Presiden menegaskan, prinsip ekonomi berkelanjutan harus betul-betul dijaga melalui Green  ekonomi dan Blue ekonomi,  semua komoditas yang ada harus didorong secara hilirisasi di industrialisasinya.

Nikel harus diolah menjadi katoda baterai dan Stenlisteel menjadi lithium baterai, karena opportunity yang ada  kedepan adalah  Mobil listrik.

"Harus kita dorong hilirisasi,  kita dorong industrialisasinya,   nikel harus kita olah menjadi katoda baterai,  stainless steel menjadi lithium baterai yang nanti di integrasikan dengan industri otomotif yang kita miliki, karena kesempatan besar opportunity yang ada ke depan adalah mobil listrik." Ujar Presiden Jokowi lagi.

Dalam arahannya, Jokowi juga mengingatkan  2 atau 3 tahun lagi yang mobil listrik akan mulai bermunculan di Indonesia,  hal ini bisa diantisipasi dengan melakukan  kerjasama BUMN dengan swasta luar atau dalam negri serta infestor.

Dari kanal YouTube Sekretariat Presiden diketahui, Studi lapangan strategis nasional bagi peserta PPR Angkatan 62,  di  Lima lokasi,  PT Inalum Sumatera Utara,  PT Sulawesi mining investment Sulawesi Tengah,  PT aneka tambang Maluku Utara, PT Adora  Kalimantan Selatan dan sirkuit Mandalika Nusa tenggara Barat yang dilaksanakan pada  21 hingga  25 Juni 2021.(db-ytbsetpres-aap).

16:32:35 DBFMRadio.id : Jakarta - Proses seleksi anggota Komisi Pemilihan Umum -KPU- dan Badan Pengawas Pemilu -Bawaslu- diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, disusun paling lambat enam bulan sebelum berakhirnya masa jabatan anggota KPU dan Bawaslu periode 2017-2022 pada bulan April 2022 mendatang.

Dirjen Pol & PUM Kemendagri Bahtiar dalam sambutannya pada Webinar  Seleksi Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu periode 2022-3027, Senin (11/10/2021) menjelaskan, terdapat tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dalam seleksi tersebut. Salah satunya, menyiapkan Tim Seleksi (Timsel) paling banyak 11 orang, yang terdiri dari tiga unsur: 3 orang dari unsur pemerintah, 4 orang dari unsur akademisi, dan 4 orang dari unsur masyarakat. Timsel itu kemudian bertugas melakukan seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu.

“Jadi Timsel itu harus memperhatikan juga reputasi dan rekam jejak yang baik, kemudian memiliki kredibilitas dan integritas" katanya.

Pemilu Serentak 2024 sangat  Rumit dan Kompleks

Diforum yang sama, Direktur Pusat Kajian Politik - Puskapol-  LPPSP FISIP UI - Aditya Perdana, mengatakan rumitnya Pemilu Serentak 2024,  karena   jadwal keserentakan yang belum kunjung usai diputuskan, untuk menemukan tahapan yang ideal dengan situasi politik, ekonomi, ataupun sosial saat ini.

"Tidak saja itu (rumit),  Pemilu Serentak 2024 dalam desain tahapan Pemilu dan Pilkada, juga sangat kompleks,  dengan terbatasnya sumber daya dan lemahnya dukungan regulasi." terang Aditya Perdana.

Meskipun demikian,  lanjut dia, standar internasional penyelenggaraan pemilu harus tetap berlaku dan penyelenggara Pemilu Serentak 2024 harus mampu menjalankan situasi yang penuh tantangan ini.

Sementara Proses seleksi anggota Komisi Pemilihan Umum -KPU- dan Badan Pengawas Pemilu -Bawaslu- diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, disusun paling lambat enam bulan sebelum berakhirnya masa jabatan anggota KPU dan Bawaslu periode 2017-2022 pada bulan April 2022 mendatang.

"Proses memang belum final (Pemilu serentak) antara  tanggal 27 Februari, 10 April, ataupun Mei,  bahkan termasuk usulan  Pilkada di 2004/2005. Dan  yang juga penting untuk diperhatikan,  periode komisioner yang sekarang itu memang harus segera berakhir di bulan April 2022, kalau berdasarkan  undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu,  proses seleksi itu memang memakan waktu 6 bulan" terangnya lagi.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden -Keppres-  tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu  periode 2022 - 2027.  Tim Seleksi terdiri  11 orang, dengan komposisi,  3  dari unsur pemerintah, 4  dari unsur akademisi, dan 4 dari unsur masyarakat. Selanjutnya tim seleksi melakukan seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu.(db-yotubedirjpolpum-aap).

BFMRadio.id : Jakarta - Serangan pandemi covid 19 diibaratkan, sebagai perang melawan virus covid-19 saat ini, seperti dalam perang yang berlarut-larut. Perang yang membutuhkan kewaspadaan kecepatan sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya pada Upacara Peringatan ke 76 Tentara Nasional Indonesia -TNI- di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa pagi mengatakan,

"Keberhasilan dalam menangani pandemi covid 19 ini, tidak terlepas dari peran besar profesionalisme TNI." aku Presiden Joko Widodo dalam amanatnya pada Upacara Peringatan ke 76 Tentara Nasional Indonesia -TNI- di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/10/2021)

Menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, tegas Presiden, transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan untuk meletakkan fondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern, yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini.

Sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan secara teknis operasional maupun global."tegas Presiden.

Usai upacara, Presiden melakukan Tele convrence dengan prajurit TNI yang ditugaskan di wilayah perbatasan dan daerah konflik di Libanon, dibawah komando Dansatgas Kolollnel Infanteri Haris Reza Siregar, yang melaporkan kepada Presiden, pasukan perdamaian di Libanon Selatan berkekuatan 1.230 prajurit, terdiri 730 prajurit TNI AD, 399 TNI AL dan 101 prajurit TNI AU serta 84 Prajurit Wanita TNI.

"Kolonel dan prajurit, sudah berapa bulan berada di Libanon?" tanya Presiden dalam tele convrence.

"Siap, 10 bulan!"

"Sepuluh bulan, nanti akan tambah, masih ada berapa bulan lagi?"

"Siap, 2 bulan lagi Bapak Presiden"

"Baik, tadi sudah disampaikan semuanya dalam keadaan sehat, yang paling penting keamanan di Libanon semuanya terkendali, semuanya, sehingga tidak ada masalah yang berarti yang dialami oleh para prajurit kita" ujar presiden kepada Kolollnel Haris Reza Siregar.

Dari kanal YouTube Sekretariat Presiden diketahui, Upacara tidak melibatkan banyak peserta dengan menerapkan protokol Kesehatan, dikomandani Komandan Brigif 21 Komodo Kodam 9 Udayana- Kolonel Tunjung Setia Budi, diwarnai dengan Parade udara Formasi 5 Pesawat tempur Angkatan Udara dan Display Alutsista di antaranya 2 unit kendaraan taktis ringan, 35 unit kendaraan taktis Anoa, dan 2 unit Rantis Bushmaster. (db-ytbsetpres-aap).

16:51:47 DBFMRadio.id : Kalianda -  Program Berita Ruang Dialog DBFM Radio,  kali ini menghadirkan  narasumber Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Lampung Selatan,  Budiman dengan topik Kembangkan Potensi Tingkatkan Percaya Diri Menuju Hari Santri Nasional, di Studio DBFM Radio, Selasa (21/09/2021).

Dialog yang Dipandu Host Melinda Holilah ini antara lain mengulas tentang kepercayaan diri, yang menurut  Budiman adalah modal yang sangat penting untuk dimiliki setiap pribadi.

Kepercayaan diri juga merupakan cara pandang seseorang terhadap dirinya sendiri, apa yang orang itu lihat, pikirkan dan percayai terhadap dirinya sendiri.

"Yang pertama yang harus kita lakukan adalah  kenali diri kita sendiri, agar  kita bisa  percaya diri.  Kemudian kita bangun pola pikir positif, karena  kalau selalu berpikiran negatif akan membuat diri kita jatuh, dan tidak bisa berbuat banyak." terang Budiman.

Disisi lain, lanjut Budiman,  kita harus berhenti membandingkan diri kita dengan yang lain, karena manusia diciptakan berbeda satu sama lain, dan perbedaan itu  untuk saling melengkapi.

Sesuai dengan tema, Hari Santri Nasional, 22 Oktober  2021,  Santri Siaga Jiwa Raga.  Ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air.

Menyambut Hari Santri Nasional, IPNU Lampung Selatan sudah menyiapkan berbagai agenda diantaranya adalah festival santri, namun mengingat masih pada masa pandemi covid 19, tetap dilaksanakan namun dibuat sesederhana mungkin secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Insya Allah kita mengadakan festival hari santri secara  virtual dengan berbagai Lomba baik yang sifatnya keagamaan atau umum,  karena kita lihat  potensi para santri, seperti berceramah dan lomba fotografi" tetang Budiman.

Pengkaderan  Nahdatul Ulama

Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU), lanjut Budiman,  didirikan pada tanggal 24 Februari 1954 di Semarang dibawah naungan Nahdatul Ulama (NU) organisasi terbesar di Indonesia.

"Organisasi ini juga sebagai salah satu organisasi pengkaderan di NU nya sendiri dengan batasan usia 13-27 Tahun yang mencakup Siswa, Mahasiswa, Santri serta semua golongan selagi usianya masih bisa untuk bergabung. IPNU tidak bergerak dibidang politik melainkan dibidang sosial, kemasyarakatan serta bidang pendidikan", terangnya.

Pimpinan cabang mempunyai program untuk melakukan pendataan karena tidak hanya DPC tetapi ada PAC dikecamatan-Kecamatan dan ranting di desa-desa serta di komisaris, maka sedang melakukan pendataan yang sudah terkumpul lebih dari 600 kader Lampung Selatan.

IPNU mempunyai Visi Terbentuknya Pelajar Bangsa yang Bertaqwa Kepada Allah Swt, Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Kebahasaan serta Bertanggung Jawab atas Tegak dan Terlaksananya syariat Islam dan berdasarkan Pancasila UUD. Kemudian, Misinya Menghimpun dan Membina Pelajar NU Dalam Wadah Organisasi.

"Selama pandemi covid-19 IPNU melakukan kegiatan melalui Virtual ditingkat Nasional mengadakan webinar bersama anggota DPD RI dengan kuota yang terbatas diikuti oleh seluruh Indonesia" tutup Budiman.(db-bngpsp-aap).

14:25:22 DBFMRadio.id: Pasuruan - Sejatinya Lembaga Penyiaran Publik Lokal - LPPL- atau Radio "Pemda" Keren banget,  namun, LPPL   berada pada kondisi yang berani berjuang,  untuk menyampaikan informasi.

"Dalam sebuah obrolan,  biasanya kalau radio daerah itu mainstreem,  pidatonya Pak Bupati  terus di tok'e (disiarkan: red), ada idealisme yang mereka (LPPL) capai,  tapi kadang-kadang lepas dari keinginan masyarakat,  sehingga teksnya dapat konteksnya gagal." Ujar Ketua umum Persatuan Radio TV  Publik Daerah Seluruh Indonesia (indonesiapersadaID) Ganjar Pranowo, Jum'at (17/9/2021).

Ide para Broadcaster LPPL, lanjut Mas Ganjar sebenarnya brillian, namun tidak bisa dieksekusi.  oleh karenanya harus diberi ruang dan difasilitasi, agar  bisa menjadi kekuatan daerah setempat.

"Jika saya ketemu dengan kawan-kawan  penyiar itu,  idenya brilian, ini bagus,  kenapa tidak dikasih ruang,  kenapa tidak di kasih fasilitas.  Kalau kemudian itu mau dicocokkan dengan apa yang menjadi kehendak publik,  Saya kira ini upgrade nya nggak terlalu sulit,  itu  bisa jadi kekuatan kabupaten" terangnya lagi pada ngobrol bareng Mas Ganjar "Radio Itu Asyik, yang disiarkan Radio Ramapati LPPL Pasuruan, dipandu Host Gus Ipul, yang juga Walikota Pasuruan.

Menurut Gubernur Jawa Tengah ini , diera konvergensi media saat ini,   kita tidak hanya mendengarkan radio, namun  dapat  nonton radio.

Ketika ditanya pengalaman masa kecil mendengarkan Radio,  penggemar penyiar Sambas ini bercerita dulu kalau mendengarkan radio di gelombang Short Wave (SW), dari Radio BBC. Generasi milenial saat ini tidak faham apa itu 2 band.

Obrolan santai yang disiarkan 77 LPPL anggota indonesiapersadaID ini, juga menampilkan beberapa Kepala Daerah di Jawa Timur, seperti Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, PLT Bupati ProbolinggoTimbul Prihanjoko , dan Bupati Magetan Suprawoto (db-rmptiytb-aap).

13:38:00 DBFMRadio.id : Kalianda - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) membuka lomba melukis tingkat PAUD dan Workshop Eco Printing se-Lampung Selatan di panggung terbuka Radio DBFM, Rabu (15/9/2021).

Ketua TP PKK Lampung Selatan ini dalam sambutannya mengharapkan, Kegiatan lomba melukis bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), bukan sekedar mencari siapa pemenangnya, akan tetapi yang lebih penting bagaimana terjalin silaturahmi yang kuat antara anak-anak, guru dan orang tua.

"Karena, dalam membentuk anak ini kita dapat melihat bagaimana kreativitas anak-anak kita dalam mengekspresikan imajinasinya, melalui kegiatan menggambar" harap Ketua DKLS ini..

Winarni mengatakan sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan lomba melukis dan workshop eco printing. Kegiatan ini, menurutnya bisa menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kreativitas dan perekonomian masyarakat di Lampung Selatan.

"Saya mengapresiasi, dan berterimakasih atas diselenggarakannya kegiatan yang bersinergi ini. Baik dari Kominfo dan DBFM serta bersinergi dengan DKLS, ini bisa menjadi program untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta mencerdaskan anak bangsa bisa terselenggara disini," tuturnya.

Tingkatkan Indeks Inovasi Daerah

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo Lampung Selatan Sefri Masdian mengatakan, Lomba melukis dan Workshop eco printing ini, juga dalam rangka meningkatkan indeks inovasi daerah yang digencarkan oleh Bupati Nanang Ermanto.

"Semua harus ada inovasi, dengan segala keterbatasan yang ada pada kami, namun kami selalu berupaya untuk menampilkan atau membuat program-program yang sesuai dengan bidang kami pada dinas komunikasi dan Informatika." Kata Sefri Masdian.

Menurut Anggota Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Lampung Selatan, keberadaan radio Dimensi Baru FM sebagai bagian dari Dinas Kominfo juga menginspirasi anak muda, dalam mengembangkan kreativitasnya.

"Disini (Studio DBFM : Red) tempatnya anak muda berkumpul, karena saya melihat hampir setiap malam masih pada nongkrong kenapa, nggak kita akomodir" aku Sefri.

Sementara dalam laporannya, Direktur Utama Radio DBFM Lampung Selatan Rudi Suhaimi mengatakan lomba melukis tingkat PAUD se-Lampung Selatan telah diikuti oleh 273 peserta. Setelah dilakukan penyaringan secara online terseleksi menjadi 20 peserta yang masuk dalam grand final pada hari ini.

Sedangkan, kegiatan Workshop Eco Printing diikuti oleh 33 peserta dari seluruh kalangan masyarakat Lampung Selatan. Kegiatan diselenggarakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

"Kalau kita jangkau semua peserta akan membludak, kita tetap patuhi prokes kesehatan maka dari itu kami batasi untuk yang hadir disini, kita seleksi dulu secara online setelah itu tersaringlah sebanyak 20 peserta untuk Lomba tingkat PAUD," ungkap Rudi dalam laporannya.

Dari 20 Finalis lomba melukis, tiga juri Masing-masing Ujang Irawan, Zulkifli Husin dan Novianti, menentukan 6 peserta masing-masing, Pitra Alfian Meta, Zakia dan Khodijah, sebagai Juara Harapan 1,2 & 3. Sementara Salsa, Alifah dan Nabila peraih Juara 1, 2 & 3.(db-bgpspt-ptm-aap).

(20:26:39) DBFMRadio.id : Kalianda - Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan dengan agenda Penandatangan Kesepakatan Bersama antara Pimpinan DPRD dan Bupati Terhadap KUA-PPAS Perubahan APBD Kab. Lampung Selatan TA.2021, dipimpin Ketua Dewan Hendry Rosyadi di Gedung DPRD setempat, didampingi Wakil Ketua I Agus Sartono, Wakil Ketua II Agus Sutanto, dan Wakil Ketua III Waris Basuki di ruang rapat utama gedung DPRD Lampung Selatan, di Kalianda, Rabu (08/09/2021),

Ketua DPRD Hendry Rosyadi mengatakan, Sebagai tindak lanjut Rapat Paripurna pada tanggal 23 Agustus 2021 yang lalu telah melaksanakan rapat paripurna dalam rangka penyampaian nota pengantar Rancangan Kebijakan Umum Anggaran - Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA- PPAS) perubahan APBD Kabupaten Lampung Selatan tahun anggaran 2021.

"Sesuai dengan tahapan KUA - PPAS perubahan APBD tahun anggaran 2021 telah dibahas, bersama Badan Anggaran (Banang) DPRD bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD)." Kata Hendry Rosyadi, dalam pengantarnya.

Setelah itu, lanjut dia, rapat paripurna dilanjutkan dengan pendapat akhir 8 Fraksi DPRD Lampung Selatan yakni PDIP, PAN, GOLKAR, GERINDRA, PKS, DEMOKRAT, PKB dan Fraksi Gabungan NASDEM, PERINDO, HANURA.

Secara terpisah Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Sekda Thamrin, para staff ahli Bupati, para asisten sekda, anggota Forkopimda serta para kepala OPD, mengikuti secara virtual melalui zoom meeting, dari Aula Rajabasa, Setdakab Lampung Selatan.

Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa menyampaikan, ucapan terimakasih kepada pimpinan dan anggota DPRD khususnya badan anggaran beserta jajaran sekretariat DPRD yang telah melaksanakan seluruh rangkaian pembahasan perubahan KUA - PPAS APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 sebagai amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Nota kesepakatan perubahan kebijakan KUPA - PPAS APBD Perubahan, adalah rangkuman persetujuan antara Pemkab Lamsel dengan DPRD Kabupaten Lampung Selatan dalam proses 2 penyusunan dokumen anggaran perencanaan perubahan APBD Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2021", jelas Pandu.

Dalam undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yuncto Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019, tentang pengelolaan keuangan daerah, kata Pandu, dengan ditandatanganinya Nota Kesepakatan KUA PPAS, selanjutnya Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan segera menyusun rencana kerja dan anggaran dari masing - masing perangkat daerah.

"Selanjutnya, kami akan menyusun rencana kerja dan anggaran dengan berpedoman pagu platform anggaran sementara yang telah disepakati bersama" Katanya.

Untuk itu, seluruh catatan koreksi, rekomendasi, kritik dan saran dari badan anggaran DPRD setelah dicatat dan diterima serta akan menjadi materi dalam penyusunan rencana APBD TA 2021.

"Dengan adanya kesepakatan atau persetujuan ini, menggambarkan dan menyamakan persepsi tentang prioritas pembangunan dan yang diharapkan adalah hasil dan menjadi salah satu persembahan terbaik bagi masyarakat Lampung Selatan." Kata Wabup melanjutkan.

Berdasarkan laporan Sekretaris Dewan, dari jumlah 50 anggota dewan, hadir sebanyak 37 orang dengan rincian telah hadir secara fisik di ruang sidang paripurna sebanyak 20 orang, anggota dewan melalui virtual meeting sebanyak 17 orang, tidak hadir 13 orang, sakit 2 orang, izin 11 orang.(db-bngpsp-aap).

DBFMRadio : Kalianda - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Lampung, Brigjen Pol Drs. Subiyanto, bersilaturahmi dengan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, di Rumah dinas bupati setempat, Rabu (20/1/2020), didampingi Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), AKBP Zaky Alkazar Nasution, SH, S.IK, MH., dan disambut anggota Forkopimda Lampung Selatan.

Ditemui usai pertemuan itu, Bupati Nanang Ermanto mengatakan, kegiatan kunjungan itu dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan Wakapolda Lampung serta sejumlah anggota Forkopimda lainnya.

"Kunjungan kerja polres dan pemerintah daerah aja, untuk saling silaturahim Wakapolda ke rumah dinas dan Forkopimda di Lampung Selatan," ungkapnya kepada Dbfm Radio.

Dalam kunjungan singkat ini, kata Bupati Nanang, Wakapolda juga turut meminta kepada jajaran Pemkab Lampung Selatan agar dapat bekerja sama dalam menuntaskan laju penyebaran Covid-19.

"Kita ditekankan oleh pak Waka, bahwa Covid-19 ini, sama-sama kita untuk turun dari tingkat desa sampai ke kecamatan dan provinsi," jelasnya.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam menuntaskan permasalahan Covid-19 ini, kata Nanang, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, terkait kesadaran masyarakat dalam mendisiplinkan prilaku 3M.

"Kita edukasi, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama sadar dengan 3M, kita sendiri mengumpulkan seluruh kepala desa untuk membangkitkan kembali gugus tugas Covid-19 di desa," jelasnya lebih lanjut.

Diketahui, Kunjungan Wakapolda Lampung ke Lampung Selatan itu dalam rangka ramah tamah bersama jajaran Forkopimda di Polres Lampung Selatan. (db/ptm-aap).

DBFMRadio.id: Kalianda - Rapat paripurna DPRD Kabupaten Lampung Selatan mengambil keputusan Rancangan Peraturan Daerah tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2019, Jum'at, 17 Juli 2020 disyahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Rapat Paripurna virtual meeting yang dipimpin Ketua DPRD Hendri Rosyadi ini, dari pihak eksekutif mewakilkan Sekda Kab Lamsel Thamrin karena Bupati Nanang Ermanto berhalangan dan dihadiri Forkopimda di Aula Rajabasa Setdakab Lampung Selatan.

Dalam sambutannya, Bupati Nanang Ermanto melalui Thamrin mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada pimpinan dan Anggota DPRD Lampung Selatan, yang telah bekerja keras untuk membahas dan mengesyahkan Raperda LPJ Pelaksanaan APBD Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2019.

"Laporan pertanggungjawaban ini merupakan program kinerja yang baik dan program yang ada di Organisasi Perangkat Daerah" kata Thamrin Jum'at (17/7/2020).

Bupati juga meminta seluruh kepala OPD dan jajarannya, agar terus bekerja keras, bahu membahu untuk mengoptimalkan pelaksanaan APBD tahun yang sedang berjalan, membuat Visi dan Misi Kabupaten Lampung Selatan dapat terwujud.

Sementara dalam pandangan akhirnya, fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menerima dan menyetujui Raperda LPJ Pelaksanaan APBD 2019 untuk disyahkan menjadi Perda dan mengapresiasi kepada Bupati Lampung Selatan karena mampu mempertahankan penilaian dari BPK RI Perwakilan Lampung dengan memperolah predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), selama 4 Tahun berturut turut.

"Fraksi kami mengapresiasi kepada pemerintah daerah karena mampu mempertahankan predikat WTP dari BPK selama 4 tahun berturut-turut terkait dengan hal tersebut hendaknya dapat meningkatkan kinerjanya untuk mengurangi potensi penyimpangan dengan membangun sistem pengendalian yang efektif" Kata jurubicara Fraksi Lukman.

Pada bagian lain pandangan akhirnya, Fraksi PKS juga mengingatkan, hendaknya dapat membangun sistem informasi dan komunikasi yang efektif dan membangun sistem pemantauan berkala. Sedangkan terkait dengan target pendapatan asli daerah yang mencapai Rp. 275.464 .317.220,17 atau 99,48% dari target yang direncanakan. Fraksi PKS mengharapkan kedepan agar penetapan PAD harus berdasarkan study dan analisa yang komperhensif.

"Kami mengharapkan agar penetapan PAD kedepan harus berdasarkan study dan analisa yang komperhensif, dan dipersiapkan strategi target pencapaian, terlebih kita masih dibayangi pandemi Covid 19" harap fraksi PKS.

Demikian pula, 7 Fraksi lainnya yaitu Fraksi PDIP, Fraksi PAN, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, Fraksi PKB, dan Fraksi Gabungan Nasdem Hanura Perindo, menerima dan menyetujui  Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan  APBD 2019  disyahkan menjadi peraturan daerah. (Db / lmhr -ap).

Advertisement