Top Stories

Grid List

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

13:38:02 DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto memimpin Upacara Bulanan disatukan dengan Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022, di Lapangan Korpri Pemkab Lampung Selatan, Selasa (17/05/2022).

Upacara  diikuti para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Organisasi  Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Pada kesempatan itu, Nanang Ermanto membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Joni G Plate dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114, 20 Mei 2022.

Dalam sambutannya, Menkominfo G Plate mengatakan, tahun ini kita memperingati Harkitnas  ke-114,  Ayo Kita Bangkit Bersama menjadi tema peringatan Hari kebangkitan Nasional, sebagai bentuk agar kita bisa bangkit bersama daripada yang sudah ada 2 tahun terakhir.

"Peringatan Hari kebangkitan Nasional tidak hanya kita maknai sebagai seremonial, namun  kita harus dapat memahami esensi sejarah kebangkitan nasional sendiri. Oleh karena itu mari sejenak kita telaah histories di balik peringatan Hari kebangkitan Nasional." ajak Menkominfo Jhoni G Plate dalam sambutannya seperti dibacakan Bupati Nanang Ermanto.

Pada Bagian lain sambutannya, Jhoni G Plate juga mengatakan, pada tanggal 20 Mei 1948 Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Budi Utomo,  sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia. Di masa itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Bangsa  Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Disiplin & Kerjasama Capai Target Pembangunan.

Sementara usai membacakan sambutan Menkominfo, Bupati Nanang Ermanto juga menyampaikan bahwa kedisiplinan dan kerjasama diperlukan untuk mencapai target dan tujuan dalam pembangunan kabupaten Lampung Selatan.

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan Apel Bulanan dan disatukan Hari Kebangkitan Nasional, yang mana telah kita sama-sama simak pesan-pesan dari Menteri Kominfo,  Kita dituntut untuk menjaga disiplin dan kerjasama untuk mencapai tujuan kabupaten Lampung Selatan dan kepentingan rakyat", katanya.

Nanang Ermanto juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran dari tingkat Pejabat sampai THLS, yang telah bersama-sama mencapai suatu tujuan dan bisa mendapatkan suatu penghargaan Nasional.

"Ini bukan kehebatan Bupati, tapi ini adalah kehebatan kita semua. Karena berkat kebersamaan kita semua,  itu bisa kita laksanakan dengan baik. Pesan saya mari kita tingkatkan kebersamaan, gotong royong untuk menjaga kabupaten yang kita cintai" kata Nanang berpesan.

Lanjut Nanang, Lampung Selatan mempunyai suatu potensi yang luar biasa dan dibutuhkan suatu ilmu serta teknologi. Maka dari itu, potensi yang dimiliki harus dikembangkan,  supaya Lampung Selatan tidak tertinggal dengan perkembangan zaman.

"Maka mari kita gali potensi-potensi dengan ilmu yang ada pada kita semua. Tapi kalau ilmu ini kita satukan menjadi suatu kekuatan, ini merupakan modal untuk majunya kabupaten Lampung Selatan", tutup Nanang.(db-bngpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

13:59:29 DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melepas penyaluran zakat fitrah berupa  10 Ton beras untuk warga Lampung Selatan di halaman Masjid Agung Kalianda. Pelepasan perdana penyaluran zakat fitrah ini, disalurkan untuk 17 Kecamatan di Lampung Selatan.

Dalam sambutannya, Bupati menuturkan, peluncuran perdana penyaluran Zakat Fitrah ini sangat  bersejarah dan mengapresiasi kepada  ASN Lampung Selatan yang telah memenuhi kewajibannya berzakat, yang merupakan  kewajiban sebagai umat Islam untuk membayar zakat fitrah.

“Ini merupakan satu sejarah,  saya  mengapresiasi terutama seluruh jajaran ASN di Kabupaten Lampung Selatan, dan kepada Baznas yang baru beberapa bulan kita bentuk, yang selama ini vakum, insyaallah harapan kita bahwa Baznas ini sangat penting sebagai pondasi Pemerintah Daerah juga,” tutur Bupati, Senin (25/4/2022).

Ditempat yang sama, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lampung Selatan A. Mukhlisin mengatakan, Baznas bertugas menghimpun dan mengelola zakat fitrah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

"Hampir 100% ASN di Lampung Selatan sudah melaksanakan zakat fitrah melalui Baznas,  sekitar 7.000 orang dan ini zakat yang melalui kami sudah ada 6.604 orang, sehingga ini sudah hampir 100%. Ditambah dari forkopimda dan 767 ASN Kantor Kemenag" rinci dia.

Seperti diberitakan lampungselatankab.go.id Mukhlis berharap, semoga kedepan bisa labih baik sehingga Baznas Lampung Selatan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Lampung Selatan.

"Hari ini ada 10 Ton beras yang akan didistribusikan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) atau perpanjangan tangan yang sudah di bentuk di 17 Kecamatan." tutupya.(db-lpgsltnkab-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

(DBFMRadio.id) : Kalianda – Pelabuhan Bakau Heni tingkatkan kewaspadaan terkait COVID-19, mulai dari sosialisasi dengan banner dan pengumuman, mendirikan posko siaga melalui berbagai stake holder salah satunya Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Pembersihan kapal dan ruang tunggu serta jalur-jalur yang dilalui penumpang dengan disimpektan secara intens.

Bukan hanya itu, pengecekan kesehatan pun diberlakukan, mulai dari mendeteksi suhu tubuh penumpang, dengan menggunakan Thermogun yang terdapat dipintu masuk dan keluar pelabuhan, jika terdapat penumpang yang suhu tubuhnya melebihi normal, maka akan dilakukan tindakan lebih lanjut sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Demikian disampaikan oleh General Manager ASDP Bakau Heni Lampung Selatan, Captain Solikin,ketika menjadi narasumber dialog publik di DBFM Radio, Rabu (18/3/2020).

Captain Solikin menjelaskan kesiap siagaan Pelabuhan Bakau Heni juga dilengkapi dengan menyediakan Hand Sanitizer untuk penumpang, dan pemberlakuan Social Distancing (Jaga jarak sosial) antar penumpang, dengan jarak satu meter pada masa mitigasi COVID-19.

“Selain menyediakan Hand Sanitizer, pihak pelabuhan juga memberlakukan Social Distancing (Jaga jarak jauh) antar pengguna jasa (penumpang), maka nanti diterminal eksekutif maupun reguler akan kita pasang marka sehingga para penumpang dapat menjaga jarak aman dalam masa mitigasi COVID-19,” jelasnya. P

pelabuhan juga sudah menyiapkan ruang isolasi, lanjut Captain Solikin, jika nantinya terdapat penumpang yang diduga terkena COVID-19, jika diperlukan akan ada tindakan rujukan ke Rumah Sakit yang telah ditentukan oleh pemerintah.

“Kami juga sudah menyiapkan ruang isolasi, selain itu jika penumpanumpang yang terduga terjangkit harus dilarikan ke Rumah Sakit, maka kami akan mengkoordinasikan, dan dari pemerintah pusat juga sudah menunjuk(Rumah Sakit) yang nantinya akan dituju,” terangnya lebih jauh.

Sampai saat ini,Captain Solikin menyebutkan belum ada tindakan pembatasan jumlah penumpang, dikarenakan penempatan ruang dalam kapal hanya berkisar 30-40%, selain itu, untuk terminal reguler keberangkatan kapal berlaku setiap 12 menit, sedangkan terminal eksukutif diberlakukan sistem ganjil genap, dan akan ada penambahan jumlah kapal di akhir pekan.

Petugas pelabuhan Bakau Heni akan melakukan upaya semaksimal mungkin guna mencegah terjadinya penyebaran COVID-19, namun upaya tersebut juga membutuhkan kerja sama antara pengguna jasa, Captain Solikin berharap para penumpang mematuhi peraturan yang telah diberlakukan. (db/ptm).

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

10:45:08 DBFMRadio.id : Jakarta - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia -Menkumham- Yasona Lauli Senin 9 Mei,  menjadi pembina apel Hari pertama kerja usai cuti bersama Idhul Fitri 1443 Hijryah dan Halal Bihalal,  dihalaman Kantor Kemenkumham Jakarta Pusat.

Dalam amanatnya, Mentri Yasona Lauli mengatakan, perayaan idulfitri merupakan ekspresi kebahagiaan,  ungkapan rasa syukur dan keinginan untuk saling memaafkan serta introspeksi diri.

Pada Apel  yang juga diikuti Jajaran Kanwil Kemenkumham se Indonesia secara  virtual ini, Yasona Lauli menyampaikan beberapa catatan diantaranya, setelah selama sepuluh hari berlebaran, saatnya kembali harus fokus bekerja,  khususnya pada semester kedua tahun 2022 ini, sudah hampir di pengunjung pertengahan tahun.

Menurut Menkumham,  masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan,  periksa kembali  target kinerja yang telah ditetapkan,  harus diselesaikan secara baik dan  dapat dipertanggungjawabkan.

"Setelah kita saling bermaafan, kita harus  kembali fokus bekerja, khususnya pencapaian target kinerja  pada semester kedua tahun 2022 ini. Kita sudah hampir di pengunjung pertengahan tahun,  masih banyak pekerjaan pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan.'

"Selanjutnya, check kembali target kinerja yang telah ditetapkan, harus dapat diselesaikan dan dipertanggungjawabkan, serta direalisasikan. Sedangkan  anggaran sesuai dengan yang telah direncanakan,  ini perlu,  supaya serapan anggaran kita nanti diakhir tahun bisa lebih tinggi lagi" tegas Yasona Lauli.

Lebih dari itu, melalui kanal YouTube Kemenkumham RI, Yasona Lauli juga mengingatkan, tantangan kedepan semakin berat dan pola kerja pun harus semakin baik,  kerja keras kerja cepat dan kerja produktif serta  pola kerja disiplin tetap harus dijalankan dan ditingkatkan.

"Kepada Bapak Ibu sekalian (jajaran ASN di Kemenkumham : red), saya minta selalu menjaga integritas dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan, momentum Idhul Fitri ini  harus  dimaknai dengan tidak ada  kesalahan dan pelanggaran yang pernah terjadi." ujarnya.

Tidak lupa, Yasona Lauli mengingatkan, pandemi covid 19 belum berakhir ditambah,  berbagai penyakit,  seperti hepatitis akut yang menyerang anak.

"Bagi saudara yang punya anak-anak balita ini perlu mendapat perhatian kendatipun masih dari tahap yang baru hanya 4 anak yang terkena, tetapi kita tidak boleh lengah,  terus memantau dan jangan juga merupakan protokol Kesehatan ketat" tutup Menkumham.(db-aap-ytbkrmenkumham).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

20:09:49 DBFMRadio.id : Jakarta - Dalam melaksanakan sidang isbat Kementerian Agama selalu menggunakan dua metode yang satu sama tidak dapat  terpisahkan.

Metode tersebut, menurut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, adalah metode hisab (dengan cara perhitungan)  dan metode rukyat (dengan cara melihat langsung keberadaan hilal).

"Untuk kita pahami bersama,  bahwa dua metode ini,  baik metode hisab maupun metode rukyat,  bukanlah dua metode yang diperhadapkan atau yang dipertentangkan. Karena  keduanya adalah metode yang saling melengkapi satu sama lain" tegas Menag Yaqut, pada press confrence virtual  dari Kantor Kemenag di Jakarta,  usai sidang isbat, Minggu (1/5/2022) petang.

Oleh karena itu,  seorang perukyat harus menguasai hisab, karena tanpa hisab  tidak bisa merukyat dengan baik.  Begitu juga hisab,  sebagai sebuah hal yang sifatnya informatif tentang posisi ketinggian hilal, 
kemudian dirukyat.

Melalui Kanal YouTube Kementrian Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pemerintah,  melalui Kementerian Agama selalu menggunakan kedua metode ini. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kedua metode ini untuk saling melengkapi satu sama lain.

"Informasi hitungan hisab,  telah dikonfirmasi dengan laporan sejumlah petugas Kementerian Agama di daerah yang kita tempatkan di 99 tempat titik rukyat di 34 provinsi di seluruh Indonesia. 

Oleh karena itu,  berdasarkan hisab  posisi hilal seluruh ufuk serta laporan hilal yang sudah terlihat,  secara mufakat sidang isbat menetapkan bahwa  1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada hari Senin,  (2/5/2022)  masehi.

"inilah hasil sidang isbat yang baru saja kita laksanakan dan kita sepakati bersama dan tentu kita berharap mudah-mudahan dengan hasil sidang isbat ini, seluruh umat Islam di Indonesia dapat merayakan idul Fitri secara bersama-sama" Harap Menag Yaqut mengakhiri keterangan persnya.(db-ytbkemenag-aap).

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

20:16:00 DBFMRadio.id : Jakarta - Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, mudik tahun ini Pemerintah memberi kelonggaran,  karena penyebaran Covid-19 terkendali, diprediksi ada 85 juta pemudik pada perayaan Idul Fitri 1443 H sebagian besar ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hasil survei Kementerian Perhubungan menyebut Provinsi Jawa Tengah menjadi tujuan mudik terbesar, disusul Jawa Timur, kemudian Sumatera Selatan diperkirakan akan kedatangan pemudik dari Jabodetabek.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Henggar Budi Anggoro,  pada bincang Forum Merdeka Barat -FMB- 9, Berkah Mudik Untuk Daerah,  Senin (25)4/2022)  siang mengatakan, pada prinsipnya Dishub Jateng siap menerima pemudik dengan mendirikan Posko Angkutan Lebaran disepanjang wilayah Jateng, dari Brebes hingga ke Solo dijalur lintas tengah Jawa.

"Kami  saat ini sudah mulai (mempersiapkan) khusus hari ini Jawa Tengah siap bagaimana kita melayani tamu-tamu kita yang akan mudik ke Jawa Tengah,  maupun yang akan melintas,  karena banyak juga saudara-saudara kita yang dari Jakarta juga mau mudik ke Jawa Timur." Terang Henggar Budi Anggoro, dikanal YouTube Kemenkominfo TV.

Berdasarkan hasil survei dari balitbang Kementerian perhubungan, terus HB Anggoro,  ada 16,8 juta orang akan mudik ke Jawa Tengah sedangkan yang ke yang melintas dengan tujuan ke Jawa Timur, ada 23,5 juta orang.

Pemudik yang melintasi Jawa Tengah, di 5 ruas jalan, seperti  Jalur Pantai Utara (Pantura), kemudian jalan Tol trans Jawa,  ada jalur Lintas Tengah,  Jalur Pantai Selatan (Pansela) serta yang menjadi jalan alternatif pemudik adalah Jalur Lingkar Selatan Jawa.

"Satu jalur yang kemarin Pak Menteri PUPR tinju,  dan akan banyak dilewati oleh para pemudik adalah  jalur lingkar Selatan,  harapannya nanti di jalan lingkar Selatan ini,  kondisi sudah bagus sudah lebar dan mulus,  bisa digunakansebagai jalan alternatif pemudik." katanya lagi.

"saudara-saudara kita yang akan mudik dari arah barat mungkin dari Jawa Barat melalui Gombong dan nanti akan bisa keluar ke Jogja ataupun mungkin ke Jawa Tengah bagian Selatan atau langsung  keJawa Timur." Lanjutnya.

Secara keseluruhan Jawa Tengah,  sambung Anggoro, sudah siap, termasuk rencana pemberlakuan one way dijalan Tol, yang akan berakhir di KM 414 Kalikangkung, Semarang.

Selanjutnya, akan ada larangan bagi kendaraan  yang akan menuju ke barat dan jalur Pantura, sebagai jalan alternatif yang dipastikan akan mengalami beban yang sangat berat.

Diforum yang sama, Kepala Dinas Komunikasi & Informatika Provinsi Jawa Timur Hudiyono, menjelaskan, Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya antisipasi berbagai persoalan yang mungkin terjadi akibat lonjakan arus mudik  di Jawa Timur, setelah dua tahun terakhir tidak mudik.

"Jadi mungkin tahun ini lebih banyak yang mudik, dan kami  mengantisipasi di titik rawan kemacetan seperti exit Tol, di ruas jalan rusak baik berat,  sedang dan ringan serta jembatan sudah ada perbaikan setahun sebelumnya." Jelas Hudiyono.

Kemudian mengaktifkan sekitar 270 pos pengamanan (pospam) di seluruh Jawa Timur disamping juga  menyiapkan langkah mitigatif untuk antisipasi resiko penularan covid 19 dan memperkuat koordinasi vertikal dan horizontal.

"Disamping itu, program mudik bareng untuk tahun 2002 diadakan pada tanggal 28 April dengan tujuan 15 kabupaten kota se-jawa timur dan  mudik gratis bagi warga Jawa Timur yang saat ini merantau di Jakarta dan 10 Bus,  siap mengantar ke berbagai kabupaten kota pada 26 April besok" tutup dia.(db-ytbkmnf-aap).

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive

15:43:16 DBFMRadio.id : Bandarlampung - Umat muslim yang taat adalah mereka yang benar-benar menjalankan  Rukun Islam, mengucapkan dua kalimat syahadat, sholat 5 waktu dan  puasa dibulan Ramadhan.

Selanjutnya,   menjelang Hari Raya Idhul Fitri membayar zakat, serta bagi yang mampu, jika datang panggilan ketanah suci, menunaikan ibadah haji.

"itu kita sebagai seorang muslim, makanya seringkali doa kita itu Allahummaghfir lil muslimin, kadang kadang ditambah wal muslimat (Ya Allah, ampunilah orang-orang muslim laki dan wanita). Sebenarnya Muslimin itu kalimat jamak dalam bahasa arab, boleh masuk juga perempuan tidak perlu ditambah muslimah. Karena muslimin  semua orang Islam  yang menjalankan rukun Islam tadi"  demikian disampaikan Kepala LPP RRI Bandarlampung Drs. Hi. Zahral Mutzaini, MM dalam tausiyahnya pada pengajian dan Munggahan jelan Ramadhan 1443 Hijryah, di Studio 2 RRI Bandarlampung, Jum'at (1/4/2022).

Pada bagian lain Hi.Zahral juga mengatakan, ternyata dalam melakukan 5 rukun Islam beragam, ada yang asal-asalan, seperti mengucapkan dua kalimat syahadat.

"Ada yang bacanya benar, tapi tidak tahu artinya. Ada yang benar bacanya dan  tahu artinya, tidak tahu maknanya, bahkan ada yang merasa dua kalimat syahadat itu kalimat biasa." Katanya lagi.

Disamping itu, lanjut dia yang tidak patuh atau setengah setengah memahami, masih disebut muslim namun adakalanya, meningkat dari sebutan muslim menjadi mukmin.

"Intinya, kadar orang muslim dan mukmin itu  beda,  orang mukmin membaca syahadat, sudah memaknai lebih dalam, Asyhadu an laa ilaaha illallah, waasyhaduanna muhammadar rasuulullah. Artinya, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah" terang Hi. Zahral.

Menurut Hi. Zahral, tiada Tuhan, berarti kita hanya minta  kepada Allah, tidak boleh meminta kepada yang lain. Ibadhpun hanya kepada Allah, sama halnya dengan Shalat. Diawali dengan wudhu, merapikan pakaian shalat bila perlu memakai wewangian, baru berangkat shalat.

"Itulah orang Mukmin, namun ada orang Islam, sudah membaca syahadat dan menjalankan shalat, namun tidak paham saat shalat,  apakah aurat tertutup atau tidak"
Tukasnya.

Pengajian dan Munggahan Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijryah di RRI Bandarlampung, selain diikuti karyawan dan karyawati,  juga Ketua Pemerhati RRI Ahmad Nyerupa, Ketua Persatuan Pensiunan RRI Bandarlampung R.Jarot Nursinggih serta sejumlah Purnna Karya RRI Bandarlampung.(db-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

12:24:41 DBFMRadio : Bandarlampung - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah -KPID- Lampung, menyambut Hari Penyiaran Nasional  ke 89 1 April 2022 melakukan refleksi masa lalu sekaligus persiapan untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan.

Hal itu dikatakan Ketua KPID Lampung Budi Jaya pada bakti sosial Donor Darah sekaligus pembagian Set Top Box (STB) secara simbolis dan Penandatanganan Memorial Of Understanding (MOU)  KPID Lampung dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung, dalam rangka perngatan Harsiarnas ke- 89 Tahun 2022, di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung, Rabu (30/3/2022).

"MOU dengan MUI Provinsi Lampung sebagai wujud upaya  secara sinergis mewujudkan siaran penuh hikmat menyambut bulan suci Ramadan serta kepedulian dan optimisme terhadap suksesnya transformasi siaran digital" lanjut Budi Jaya.

Ditempat yang sama, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melalui Staf ahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM Intizam mengatakan,  dinamika penyiaran Indonesia saat ini sedang berada dalam masa transisi, masa peralihan dari penyiaran analog ke penyiaran digital,  Analog Switch Off (ASO) di Provinsi Lampung mulai tanggal 30 April 2022.

"Tahap pertama (ASO)   akan kita sama-sama hadapi pada 30 April 2022,  kita berharap digitalisasi penyiaran akan memberi dampak baik bagi Provinsi lampung." Kata Gubernur seperti dibacakan Intizom.

Gubernur  juga mengatakan, manfaat ASO, penggunaan spektrum frekuensi untuk penyiaran akan menjadi lebih efisien,
kualitas  gambar dan suara  jernih dan saluran televisi akan semakin banyak,  sehingga memungkinkan semakin beragamnya pilihan siaran televisi termasuk televisi lokal bagi masyarakat Lampung.

Dalam pada itu, Ketua MUI Provinsi Lampung Prof. Mohammad Mukri menerangkan,   menjelang romadhon ini untuk bagaimana KPID Lampung dengan MUI bersinergi, agar konten siaran yang dipublish lembaga penyiaran tidak melanggar etika dan kepatutan.

"Jadi, spiritnya adalah  untuk bagaimana kita bersinergi antara kpid Lampung agar yang  disiarkan itu,  tidak melanggar etika tidak melanggar kepatutan dan juga tidak melanggar aturan Penyiaran." Terangnya kepada dbfmradio.id

Oleh karena itu, lanjut dia, KPID   sebagai komisi yang mengawasi dan diberi kewenangan  oleh Pemerintah untuk mengawasi lalu lintas penyiaran akan bekerjasama dengan MUI,  tujuannya adalah untuk bersinergi dan  saling menguatkan,  saling memberi  manfaat satu sama lain.

Untuk diketahui,  Tahap pertama ASO provinsi Lampung pada 30 April ada 7 kabupaten/kota yakni,  Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Kota Metro,  Kota Bandar Lampung,  Kabupaten Pringsewu dan Pesawaran.(db-aap).


Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

13:27:02 DBFMRadio.id : Jakarta - Di hari peringatan Internasional Women's Days atau Hari Perempuan Internasional,  8 Maret seluruh dunia merayakan segala pencapaian yang diraih oleh perempuan dalam berbagai bidang, seperti sosial, ekonomi, dan budaya.

Menurut Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana -BNPB- Prasinta Dewi, minimnya akses informasi dan keterlibatan perempuan dalam sosialisasi kebencanaan di tingkat Desa menjadi salah satu penyebab tingginya angka korban akibat kejadian bencana. 

"Ketidak hadiran perempuan dalam kegiatan pendidikan bencana, sosialisasi, penyuluhan latihan atau simulasi kebencanaan,  membuat pengetahuan dan keterampilan mereka terkait pencegahan dan penanggulan bencana menjadi minim." Jelas Prasinta Dewi, dalam keterangan virtualnya menyambut International Women's Day, Selasa (8/3/2022).

Pengetahuan yang terbatas soal mengenal gejala alam dan teknik penyelamatan diri, lanjut Prasinta,  membawa konsekuensi perempuan rentan menjadi korban bencana.

Dengan keluarnya Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13 tahun 2014,  tentang pengarusutamaan gender di bidang penanggulangan bencana,  menjadi perangkat penting mengintegrasikan pendekatan gender di bidang penanggulangan bencana.

"Perempuan memiliki potensi untuk mengambil peran yang cukup penting dalam penanggulangan bencana,  peran tersebut dapat dijalankan dalam setiap tahap manajemen penanggulangan bencana mulai dari pra bencana,  pada saat tanggap darurat,  hingga pada masa pasca bencana." Katanya lagi.

Prasinta Dewi menambahkan,  upaya mewujudkan masyarakat tangguh  bencana harus melibatkan perempuan,  ketangguhan perempuan dapat dibentuk dengan memberikan kesempatan kepada kaum perempuan,  untuk memperoleh kesetaraan akses,  kapabilitas,  sumber daya dan peluang yang setara.

Pada bagian lain keterangannya, Deputi Bidang Pencegahan BNPB ini juga menyatakan, sekarang bukan lagi tentang memecahkan hambatan melainkan mematahkan semua bias yang ada saat ini.

"Selamat hari perempuan internasional 8 Maret 2022,  terima kasih untuk perempuan perempuan tangguh Indonesia yang telah berupaya meningkatkan kesadaran memperjuangkan kesetaraan gender dan melakukan beragam upaya penanggulangan bencana di tengah masyarakat,  salam tangguh salam kemanusiaan" tutup Prasinta.(db-bnpb-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

18:17:17 DBFMRadio.id : Kalianda - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan menggelar rapat paripurna dalam rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Lampung Selatan tahun anggaran 2021, Kamis (14/04/2022).

Rapat paripurna berlangsung di gedung DPRD Lampung Selatan dipimpin Wakil Ketua I Agus Sartono didampingi Wakil Ketua II Agus Sutanto.

Pada rapat paripurna tersebut, jumlah anggota DPRD sebanyak 50 orang, dihadiri 41 dari 50 anggota dengan  rincian, hadir secara fisik  21, hadir secara virtual  20 orang, dan  izin 9 orang.

Terpisah, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah dan para Kepala OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mengikuti rapat paripurna itu secara virtual di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat.

"Sebagaimana kita ketahui bersama, LKPJ Bupati Lampung Selatan Tahun Anggaran 2021 telah dibahas oleh Pansus DPRD dan OPD. Dan pada hari ini akan disampaikan laporan hasil pembahasan tersebut", ujar Agus Sartono membuka rapat.

Sedangkan, Ketua Pansus DPRD Lampung Selatan Rosdiana menyampaikan hasil rekomendasi Tim Pansus LKPJ yang ditujukan kepada Pemkab Lampung Selatan.

Rekomendasi itu mulai dari kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan pemerintah daerah hingga penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

"Sebagai mitra kerja antara eksekutif dan legislatif, maka DPRD Lampung Selatan memberikan apresiasi atas kinerja eksekutif dalam melakukan berbagai perubahan dan trobosan guna mewujudkan kabupaten Lampung Selatan kearah yang lebih baik", katanya.

Pansus juga melaporkan mengenai Kebijakan Umum Pengelolaan Keuangan Daerah,   menurut Pansus, pelaksanaan intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan daerah,  diarahkan secara optimal dalam rangka pencapaian target pendapatan baik dari PAD, sektor bagi hasil  pajak dan bukan pajak, guna terealisasinya anggaran secara maksimal.

"Sehingga tahun anggaran 2021, pendapatan asli daerah terealisasi 99,88% atau  Rp. 295.717.000.000 dari target Rp. 298.472.000.000" rinci Pansus, seperti disampaikan Rosdiana.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota dewan DPRD Lampung Selatan dan Pansus yang telah menyelesaikan semua agenda kegiatan.

"Setelah kami mendapatkan persetujuan seluruh anggota fraksi, kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD dan Pansus yang telah memberikan suatu masukan dan saran rekomendasi untuk kami lebih baik lagi kedepannya", ujar Nanang

Nanang Ermanto juga berharap kepada kemitraan yang sudah terjalin dengan baik antara pemerintah daerah dengan DPRD Lampung Selatan agar dapat terjaga, terbina bahkan ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang.(db-bngpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

19:19:03 DBFMRadio.id : Kalianda - Rapat Paripurna DPRD Lampung Selatan Dalam Rangka Pengambilan Keputusan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG),  dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi, didampingi Wakil Ketua I Agus Sartono, Wakil Ketua II Agus Sutanto dan Wakil Ketua III Waris Basuki dari ruang sidang utama gedung DPRD setempat, di Kalianda, Selasa (30/11/2021).

Sementara, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa beserta Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin dan jajaran pejabat lainnya mengikuti rapat paripurna itu secara virtual dari Aula Rajabasa kantor bupati setempat.

Pada kesempatan tersebut,  Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah Andi Aprianto, menyampaikan laporan hasil pembahasan Ranperda tentang retribusi persetujuan pembangunan gedung.

Menurut Andi Aprianto, berlakunya undang-undang 11/2020 tentang Cipta Kerja, memberi dampak pada perubahan  nomenklatur Retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), yang menjadi kewenangan daerah menjadi Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

"Adanya perubahan pengaturan terpusat tersebut, maka peraturan daerah tentang retribusi IMB harus dilakukan penyesuaian. Ranperda retribusi PBG ini, diamanatkan dalam ketentuan pasal 114 Undang Undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja" terang Andi Aprianto dalam laporannya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa menyambut baik atas pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Lampung Selatan yang telah menyampaikan harapan, saran dan masukan serta kritik yang bersifat membangun.

"Selaku pihak eksekutif, kami berharap rapat paripurna ini dapat disetujui bersama, selanjutnya Ranperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung ini dapat ditetapkan serta diundangkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan", ujarnya

Lebih lanjut Pandu menyampaikan, kepada pemrakarsa Ranperda untuk segera melakukan sosialisasi dan menyusun Petunjuk Pelaksanaan atau Peraturan Bupati atas Perda tersebut.

"Agar Peraturan Daerah yang telah ditetapkan dan diundangkan dapat dilaksanakan secara efektif dalam menunjang penyelenggaraan pembangunan pemerintahan dan kemasyarakatan di Kabupaten Lampung Selatan", tutup Pandu

Dari pantauan dbfmradio.id rapat paripurna DPRD  Lampung Selatan dilanjutkan rapat paripurna dengan agenda pengambilan keputusan DPRD terhadap Ranperda tentang APBD Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2022.(db-bngpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

15:14:04 DBFMRadio.id : Kalianda - Rapat Paripurna DPRD  Lampung Selatan dipimpin Ketua Hendry Rosyadi dengan agenda HUT ke-65 Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2021,  di Gedung DPRD Kalianda Lampung Selatan, Senin (15/11/2021).

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi dalam pengantarnya mengatakan, melalui momentum peringatan hari jadi Kabupaten Lampung Selatan diharapkan dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan semangat pengabdian dalam rangka mewujudkan Lampung Selatan yang semakin maju, sejahtera dan berdaya saing.

"Saya berharap, momentum peringatan hari jadi kabupaten Lampung Selatan ini dapat memotivasi untuk meningkatkan semangat pengabdian dalam mewujudkan Lampung Selatan semakin maju dan berdaya saing" ujar Hendry Rosyadi.

Selanjutnya, Hendry Rosyadi menyampaikan sejarah berdirinya Kabupaten Lampung Selatan pada tanggal 14 November 1956 yang berkaitan erat dengan UUD 1945 Bab 5 pasal 18 serta UU Nomor 22 Tahun 1948.

Kader PDI-P Lampung Selatan ini juga mengajak untuk memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan dalam membangun Lampung Selatan.

"Oleh karena itu, melalui ulang tahun Lampung Selatan  yang ke-65 marilah memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan serta berkesinambungan membangun menuju terwujudnya Kabupaten Lampung Selatan yang sejahtera, berdaya saing, modern dan berakhlak mulia", tandas Hendry.

Momentum Penting Wujudkan Rasa Syukur.

Senada dengan Hendry Rosyadi, ditempat yang sama, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, Peringatan hari jadi Kabupaten Lampung Selatan menjadi sebuah momentum penting dalam rangka mewujudkan rasa syukur.

Peringatan HUT Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021 juga menjadi momentum istimewa bagi Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa

"Memperingati HUT Kabupaten Lampung Selatan tahun ini,  cukup istimewa bagi kami selaku Bupati dan Wakil Bupati, karena pada tanggal 18 Februari 2021 lalu telah diberi amanat memimpin  Lampung Selatan hingga tahun 2026", kenang Bupati.

Kemudian, dengan mengusung tema Lampung Selatan maju, sejahtera dengan semangat gotong royong,  diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan semangat kebersamaan dan kerukunan dari segenap elemen masyarakat.

"Selama kurun waktu kepemimpinan kami, sudah banyak capaian yang diperoleh Kabupaten Lampung Selatan dengan mendapatkan berbagai penghargaan dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi dan lembaga lain dari tahun 2019-2021", ujarnya

Dalam pada itu mewakili Gubernur Lampung, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Lampung Intizam mengatakan, hari jadi Kabupaten Lampung Selatan sebagai momentum untuk menengok masa lalu sebuah sejarah sebagai referensi yang sangat bernilai menapaki masa kini dan masa depan yang lebih baik.

"Jadikan Peringatan hari ulang tahun ini (HUT Lampung Selatan), sebagai momentum kilas balik sejarah, sebagai referensi menapak masa kini dan masa depan" pesan Gubernur Arinal Junaidi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Intizam.

Lanjut Intizam, Kabupaten Lampung Selatan sebagai bagian integral Provinsi Lampung yang bersinergi dalam membangun, meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat sebagai kabupaten yang memiliki potensi dengan letak yang strategis.(db-bngpsp-aap).

Advertisement