Top Stories

Grid List

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

17:02:37 DBFMRadio.id : Kalianda - Upacara dan Ziarah Taman Makam pahlawan dalam rangka peringatan HUT proklamasi  kemerdekaan RI Ke-77 Tahun 2022 dilaksanakan Taman Makam Pahlawan  Kesuma Bangsa kalianda (17/8/2022)

Kegiatan ini diawali dengan upacara yang dipimpin  Kaplores Lampung Selatan AKBP. Edwi, SIk,  M.Si selanjutnya meletakkan  karangan bunga di bawah tugu garuda  Pancasila sakti dan diakhiri tabur bunga di pusara pahwan.

Hadir  Bupati lampung selatan H.Nanang Ermanto, Komanda Kodim 0421/LS Letkol Inf.Fajar Akhiruddin S.ip,.M.Si , Kajari Lampung Selatan Dwi Astuti Beniyati,S.H., M.H beserta Kepala OPD di lingkungan pemda lampung selatan dan Forkopimda.(@Ng).

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

DBFMRadio.id : Kalianda - Dengan menggunakan pakaian adat Lampung berwarna merah, Bupati Kabupaten Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menjadi Inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 77, di Stadion Zaenal Abidin Pagaralam Kalianda Lampung Selatan, Rabu pagi (17/08/2022).

Upacara didahului dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengkibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA). Sebagai petugas pembawa baki dipercayakan kepada Izzatul Falahiyah Hasan (Siswi SMAN 1 Kalianda), pembentang bendera Fauzan Pratama (Siswa SMAN 1 Penengahan), dan pengerek Wabika Dzikri (Siswa SMAN 1 Kalianda).

Kemudian dilanjutkan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi.

Meski cuaca sangat terik sejak awal upacara dimulai, peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI/Polri, perwakilan Dinas dan Instansi, serta pelajar SD hingga Perguruan Tinggi, cuaca yang terik tidak menjadi penghalang atau menyurutkan semangat dalam mengikuti upacara peringatan HUT RI Ke - 77 tersebut.

Usai upacara , Bupati juga menyerahkan anugerah tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 371 PNS yang diserahkan secara simbolis kepada Gunawan, S.Pd., Guru SDN Agom Kecamatan Kalianda (SLKS 30 Tahun), I Wayan Santia, S.Kom Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Sidomulyo (SLKS 20 Tahun), dan Robani, S.Pd.,MM Kasubbag Umum dan Perlengkapan Dinas Pendidikan Lampung Selatan (SLKS 10 Tahun).

Upacara peringatan HUT RI Ke - 77 di Kabupaten Lampung Selatan dengan tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Thamrin, Para Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta sejumlah pimpinan instansi dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lampung Selatan.(db-sw-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

01:20:58 DBFMRadio.id : Kalianda - Setelah 2 tahun terhenti, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 7 7,  Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (16/8/2022) malam,  kembali  menggelar pawai obor dengan start dan finish didepan kantor bupati lampung selatan dan berkeliling Kota Kalianda.

Pawai obor yang dilepas Bupati Nanang Ermanto  merupakan tradisi tahunan di Bulan di Agustus ini, diikuti sekolah yang ada di Lampung Selatan,  dari tingkat  hingga Perguruan Tinggi serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  di Lampung Selatan.

Usai melepas pawai obor, Bupati lampung selatan H. Nanang Ermanto kepada dbfmradio.id  mengatakan,  sangat senang setelah hampir 2 tahun kegiatan ini tidak terlaksana dan akhirnya terlaksana dan ini perlu disyukuri.

"Kita patut bersyukur, karena tahun ini bisa melaksanakan pawai obor lagi, setelah dua tahun tidak ada (pawai obor) ini karena  lampung selatan saat ini berada di level 1 Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) karena kita terus berusaha  agar vaksinasi 1, 2 dan 3. mencapai 70 persen" terang Bupati.

Pantauan dbfmradio.id saat melepas pawai obor, Bupati lampung selatan Hi. Nanang ermanto, Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Selatan Dwi Astuti Beniyati, SH. MH dan Ketua DPRD lampung selatan H. Hendri Rosyadi, S.H. M.H (db-icha-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

16:42:11 DBFMRadio.id : Jakarta - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengikuti  Pengarahan Presiden Joko Widodo,  Kepada Seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah (Gubernur dan Bupati), Pimpinan BUMN, Pangdam, Kapolda dan Kajati, di Jakarta Convention Center (JCC)  Kamis (29/9/2022).

Pengarahan Presiden didahului dengan laporan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang antara lain melaporkan Indonesia masih akan terus dihadapkan pada berbagai tantangan, untuk itu berbagai langkah strategis terus dilakukan untuk memitigasi risiko yang dapat terjadi. 

Dari berbagai laporan, kondisi geopolitik ini masih sangat berpengaruh dalam beberapa waktu ke depan dan tidak dapat kita hindari bahwa itu akan menekan dunia secara global.

 

"Terima kasih atas arahan dan kepemimpinan Bapak Presiden selama ini, yang menjadi kekuatan kami dan seluruh bangsa Indonesia untuk tetap optimis dan belajar bekerja dengan hati dan kita semua bekerja merapatkan barisan untuk menghadapi tantangan global yang sangat besar yang diistilahkan dari berbagai pihak disebut perfesctor" terang Menkomarinvest.

Luhut melanjutkan, indikator menunjukkan kondisi perekonomian Indonesia masih semakin membaik, yang diikuti dengan langkah  Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah dan BUMN  berkolaborasi,  konvergensi, sinergi dan inovatif.  Hal inilah yang dibutuhkan untuk dapat keluar atau dapat menghadapi tekanan-tekanan ekonomi global dan perkembangan geopolitik yang arahnya masih tidak jelas.

Pada bagian lain, Menkomarinvest juga melaporkan dapat kami sampaikan bahwa inflasi indeks harga konsumen pada Agustus 2022 melambat menjadi sebesar 4,69 year on year seiring terkendalinya inflasi. Hal ini disebabkan peningkatan pasokan dari sentra produksi dan ekstra ekspert pengendalian inflasi oleh tim pengendali inflasi pusat dan tim pengendali inflasi daerah.

Namun demikian risiko inflasi termasuk harga pangan strategis masih perlu menjadi perhatian terutama pasca penyesuaian harga BBM.

Pemerintah  juga telah menyalurkan tambahan bantuan sosial untuk melindungi daya beli masyarakat melalui bantuan langsung tunai BBM tahap 1 dengan total anggaran 5,6 triliun dan telah disalurkan sebesar 96,6% atau kepada 19,95 juta Keluarga Penerima Manfaat.

Penyaluran bantuan subsidi upah juga terus berjalan setelah disalurkan kepada lebih dari 7 juta pekerja atau 48,3% selanjutnya pada Oktober ini Pemerintah Daerah akan merealisasikan penggunaan 2% Dana Transfer Umum.

"Terkait penggunaan belanja tidak terduga dapat Kami laporkan bahwa rata-rata realisasi di tingkat provinsi baru tercapai 11,23%, di tingkat kabupaten kota sebesar 15,69%.  Selanjutnya penyaluran Bansos ditingkat provinsi rata-rata sebesar 46, 01% dan di tingkat kabupaten kota sebesar 39,82%" rinci Luhut dalam laporannya Kamis Sore.

Dipenghujung laporannya, Luhut Binsar Pandjaitan memberi sinyal kepada  pemerintah daerah agar segera menggunakan anggaran biaya tidak terduga belanja wajib 20% dana transfer umum dan menyalurkan Bansos dalam rangka pengendalian inflasi,  khususnya paska penyesuaian harga BBM dan menjaga daya beli masyarakat.

"Kepada Kementerian lembaga dan pemerintah daerah agar memperkuat sinergi dalam pengendalian inflasi termasuk memastikan ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi komoditas pangan strategis seperti beras daging sapi holtikultura utamanya untuk mengantisipasi peningkatan permintaan di akhir tahun."

Dapat Sertifikat Swa Sembada Beras

Sementara ditempat yang sama, dalam arahannya Presiden mengingingatkan dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian,  ekonomi global juga sangat sulit diprediksi dan di Kalkulasi.

" Ini yang akan saya ingatkan berulang-ulang agar semuanya mempunyai sence of Crisist. Hampir setiap hari kita mendengar terjadi krisis pangan, 345 juta orang di 82 Negara menderita kekurangan pangan akut" tegas Jokowi mengingatkan.

Tidak hanya itu, 19.700 orang setiap hari meninggal karena kelaparan, namun kita patut bersyukur, bulan Agustus lalu, kita mendapatkan sertifikat pengakuan dari Internasional  Rice Research Institute dan FAO,  Indonesia sudah swa sembada beras sejak  2019 dan dianggap memiliki sistem ketahanan pangan yang baik.

Dihadapan Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah (Gubernur dan Bupati), Pimpinan BUMN, Pangdam, Kapolda dan Kajati, melalui Kanal YouTube Sekretariat Presiden, diketahui,  Kepala Negara  dalam arahannya juga menyatakan krisis pangan dan energi yang memaksa melakukan penyesuaian harga BBM, namun jika dibandingkan dengan negara lain, harga BBM kita masih tergolong rendah.

"Kondisi seperti ini yang kita perlu tahu, krisis finansial di Kerajaan Inggris, yang langsung berpengaruh pada pasar dan nilai tukar rupiah dan semua negara tergoncang dan melemah terdepresiasi."

Hampir setiap hari, kata Presiden lagi, kita selalu disuguhi berita resesi global  baik di media sosial, media cetak maupun  media online,  yang menyatakan kesulitan ekonomi ini tidak hanya terjadi tahun ini, namun tahun depan masih bisa terjadi.(db-ytbsetpres-aap).

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

18:06:03 DBFMRadio.id : Bandarlampung - Puncak peringatan Hari  Bhakti  Radio Ke - 77,  ditandai dengan penyulutan obor Tri Prasetya, oleh Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo dan diikuti  serentak seluruh Kepala RRI se Indonesia secara virtual,  termasuk RRI Bandarlampung, Drs. H. Zahral Mutzaini. MM di Auditorium RRI Pahoman Bandarlampung.

Usai penyulutan obor Tri Prasetya, dalam sambutannya Hendrasmo mengingatkan, reformasi birokrasi pada dasarnya merupakan langkah utama untuk melakukan penataan, pembaharuan dan perubahan mendasar LPP RRI menjadi lebih baik.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengingatkan kepada kita semua,  bahwa reformasi birokrasi pada dasarnya merupakan langkah utama bagi kita,  untuk melakukan penataan, pembaharuan dan perubahan mendasar,  terhadap sistem penyelenggaraan dan pengelolaan lembaga penyiaran publik RRI" ujar Hendrasmo, Minggu (11/9/2022).

Perubahan yang dimaksud adalah menjadikam RRI  lebih bersih, efektif, dan efisien, dengan pegawai berintegritas tinggi, jujur, produktif, dan melayani secara prima dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik.

Untuk itu,  dirinya  minta para Direktur dan seluruh kepala satuan kerja, agar memastikan implementasi reformasi birokrasi berjalan secara konsisten pada masing-masing satuan kerja.

"Internalisasikan dan libatkan seluruh pegawai dalam pelaksanaan reformasi birokrasi." tegasnya.

Menurut Hendrasmo, LPP RRI secara terus menerus dan berkelanjutan berupaya meningkatkan kinerja dan reputasi RRI guna meningkatkan kepercayaan publik, baik dari sisi program siaran, infrastruktur maupun tata kelola lembaga.

"Hasilnya, tahun ini kita  kembali mempertahankan untuk keempat  kalinya opini WTP dari BPK RI, mempertahankan tingkat kepatuhan atas LHKPN 100 persen dari KPK RI dan tingkat kepatuhan LHK ASN dari Kemenpan RB , serta beragam penghargaan yang diraih LPP RRI." rinci dia.

Bentuk Organisasi Siaran Radio Nasional

Sementara ditempat yang sama, Ketua Dewan Pengawas LPP RRI Anwar Mujahid Adi Trisnanto mengajak angkasawan dan angkasawati RRI, memutar kembali ingatannya 77 tahun lalu, berdirinya RRI,  sebulan setelah siaran radio Hoso Kyoku dihentikan tanggal 11 Agustus 1945.

"Mari kita bayangkan apa yang terjadi di kalangan pegawai pegawai radio Hoso Kyoku di Jakarta pada tanggal 11 September 1945, pukul 11.34 ini, tepat 77 tahun silam." kata Anwar Mujahid mengingatkan.

Sejumlah  tokoh yang tidak akan bisa dilepaskan dari RRI,  seperti Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemarmadi, Sudomomarto, Harto dan Maladi, yang kecewa mendengar Presiden Soekarno tidak dapat menerima delegasi radio.

Padahal, terus Mujahid, Delegasi ini, ingin minta persetujuan presiden untuk menyelenggarakan konferensi delapan perwakilan radio Hoso Kyoku di pulau Jawa.

Konferensi ini dimaksudkan untuk membentuk organisasi siaran radio Nasional dan menguasai semua pemancar di 8  stasiun radio tersebut. 

Abdulrahman Saleh yang menjadi ketua delegasi menguraikan garis besar rencana pada pertemuan tersebut. Salah satunya adalah mengimbau pemerintah untuk mendirikan radio sebagai alat komunikasi antara pemerintah dengan rakyat,  mengingat tentara sekutu akan mendarat  akhir September 1945. Radio dipilih sebagai alat  komunikasi karena lebih cepat dan tidak terputus saat pertempuran.

"Tindakan ini mereka yakini sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kedatangan tentara Inggris dan Nica yang diperkirakan akan datang  akhir bulan September 1945. Pada 11 September 1945 pukul 17.00, delegasi radio sudah berkumpul di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon dan diterima sekretaris negara." Katanya mengakhiri sambutannya.(db-aap).

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

12:25:56 DBFMRadio.id : Bandarlampung- Upacara HUT Ke-77 RRI berlangsung di halaman RRI Bandarlampung, Jalan Gatot Subroto  26 Bandarlampung, bertindak sebagai inspektur upacara Kepala RRI Bandarlampung Drs.Zahral Mutzaini, MM.

“Tema Peringatan HUT Ke-77 RRI 2022 yaitu kolaborasi untuk Indonesia kuat. Kolaborasi menjadi kata kunci di era saat ini, kita ingin semua pihak bahu-membahu untuk bersama-sama membesarkan LPP RRI,” kata Zahral Mutzaini membacakan sambutan Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo , Minggu (11/9/2022).

Pesan utama dari tema "KolaborasI Untuk Indonesia Kuat' adalah keniscayaan kita untuk bersungguh-sungguh, untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat.

"Yang kita inginkan adalah layanan RRI lebih berkualitas, program siaran kita, pemberitaan kita, teknologi media baru kita, tata kelola keuangan, tata kelola sdm, maupun kualitas layanan dan pengembangan usaha kita. Kalau itu sudah meningkat kualitasnya, saya percaya layanan kita kepada publik akan semakin lebih baik" terang Hendrasmo.

Sementara dihari yang sama, tepat pukul 11.00 WIB, 12.00 WITA dan 13.00 WIT  Puncak peringatan Hari  Bhakti  Radio Ke- 77,  ditandai dengan penyulutan obor Tri Prasetya, oleh Dirut dan diikuti  serentak seluruh Kepala RRI se Indonesia secara virtual,  termasuk Kepala RRI Bandarlampung, di Auditorium RRI.(db-aap).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyematkan lencana Aditya Karya Mahatva Yodha kepada Penerima penghargaan Dirut Radio DBFM LPPL Lampung Selatan Rudi Suhaemi SH.

Inspirasi

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

17:12:16 DBFMRadio.id : Tubaba - Setelah terhenti hampir 2 tahun, Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) karena pandemi covid-19, tahun ini, kegiatan sosial untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Karang Taruna ini, kembali digelar namun masih tetap ada pembatasan jumlah peserta.

BBKT Peringatan HUT Ke - 62 tahun ini yang diselenggarakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (TUBABA) yang diikuti 15 Karang Taruna Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung dengan personil terbatas.

"Seharusnya mungkin lebih ramai dari ini, karena sesuai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang hadir hanya perwakilan, representasi dari anggota Karang Taruna 15 kabupaten/kota, dari ujung Pesisir Barat hingga Lampung Selatan, dari ujung Lampung timur sampai ujung Mesuji." Ujar Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Romadhona, dalam laporannya pada pembukaan Bulan Bhakti Karang Taruna ke 62, di Kompleks Uluan Nuhik, Tulang Bawang Tengah, Tubaba Rabu (28/9/2022).

Bupati Pesawaran ini juga melaporkan, BBKT Ke-62 ini esensinya adalah memperingati hari lahirnya karang taruna, tanggal 26 September 1960. Disamping itu, esensi dari pada kegiatan bulan bhakti ini adalah kembali karang taruna ke marwahnya, yaitu karang taruna itu ada di tengah-tengah masyarakat.

'Maka kader karang taruna sejak kemarin (27/9/2022) sudah ada di rumah-rumah warga seputaran tulang Bawang Barat dan bermalam, berinteraksi dengan masyarakat warga tulang Bawang Barat, untuk memberikan tambahan wawasan dan advokasi, terkait pentingnya karang taruna untuk membangun sebuah wilayah dalam satu kesatuan ikatan yaitu interaksi daripada karang taruna dan masyarakat." rinci Dendi.

Karang Taruna Kelola Program Pemerintah

Sementara ditempat yang sama, dalam sambutannya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, Karang Taruna adalah patriot anak bangsa yang bekerja untuk negri dalam rangka membangun daerah Lampung.

Namun demikian, lanjut Gubernur, ada beberapa kebijakan pemerintah pusat yang ada di Kecamatan dan Desa namun sangat sulit dijalankan, karena belum ada sinergitas antara Program dengan pelaksana kegiatan. Meski diakuinya, konsepnya sangat bagus hanya saja belum menyentuh ke masyarakat.

"Sehingga, saya ingin menginisiasi, bahwa Karang Taruna kedepan, mengelola program kegiatan pemerintah provinsi Lampung, karena menurut saya tidak ada anggota karang taruna yang tidak lulus SD, Anggota Karang Taruna adalah lulusan SMA bahkan Perguruan Tinggi. Maka sangat layak untuk diberdayakan di Kecamatan dan Desanya masing-masing" ujar Gubernur.

Pantauan dbfmradio.id BBKT Ke 62 di Tubaba ini juga diwarnai dengan penganugerahaan penghargaan Aditya Karya Mahatva Yodha, kepada 57 Pemuda yang dinilai berjasa dalam kegiatan Karang Taruna.

Aditya Karya Mahatva Yodha merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Karang Taruna Lampung kepada kader, tokoh masyarakat dan tokoh Pemuda serta pemerintahan yang sudah terbukti dan teruji memberikan perhatian yang nyata dan luar biasa terhadap Karang Taruna.

Salah satu peraih lencana Aditya Karya Mahatva Yodha, dari unsur Pemuda adalah Direktur Utama Radio Dimensi Baru LPPL Lampung Selatan Rudi Suhaemi,SH yang langsung disematkan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.(db-dcm-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

19:14:59 DBFMRadio.id - Kalianda - Meski sudah mendapatkan Izin Siaran Radio (ISR), sebagai salah satu jenis izin penggunaan spektrum frekuensi radio, namun Radio Suara Muara Enim,  Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, belum memiliki organ perangkat Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Dewan Pengawas (Dewas) dan Dewan Direksi sebagai pengelolaan LPPL.

Untuk itulah, Radio yang memiliki tagline Serasan Bersuara, Sekundang Kita Jaya ini, melakukan kunjungan studi tiru ke Radio Dimensi Baru LPPL Lampung Selatan.

"Kami memang sengaja melakukan studi tiru di Radio Dimensi Baru LPPL Lampung Selatan, karena meskipun kami telah melakukan ujicoba siaran  sejak Oktober 2019 melalui streaming dan Maret 2022 telah mendapatkan ISR, di 97, 4 MHz, namun kami belum memiliki organ perangkat Dewas dan Direksi, untuk itulah kami melakukan studi tiru ke Radio DBFM Lampung Selatan" aku Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Muara Enim Abdul Roni, saat dialog singkat di Radio DBFM,Selasa (20/9/2022).

"Berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Muara Enim Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Suara Muara Enim, Radio Suara Muara Enim harus mempunyai Dewan Pengawas dan Dewan Direksi" lanjutnya.

Menurut Abdul Roni, sebenarnya secara yuridis Radio Suara Muara Enim sudah resmi menjadi LPPL, namun karena mandat dari Perda 7/2020 belum dilaksanakan, belum bisa mengklaim sebagai LPPL, karena belum punya  Dewan Pengawas dan Dewan Direksi, bahkan Perda tersebut mempunyai turunan Peraturan Bupati.

Oleh karena itu, terus Roni, untuk menguatkan operasional Radio, Dinas Kominfo Muara Enim harus segera melakukan penjaringan calon Anggota Dewas melalui DPRD yang kemudian Dewas terpilih segera membentuk Dewan direksi.

"Terkait dengan hal tersebut kami berkonsultasi dengan beberapa  Dinas Kominfo Kabupaten  yang sudah mempunyai organ perangkat LPPL, kami diarahkan untuk melakukan Studi Tiru ke DBFM Lampung Selatan. Karena DBFM sudah terbentuk Dewas dan Direksi dan hasil studi tiru kami akan menjadi rekomendasi untuk DPRD Muara Enim, untuk pemilihan Dewan Pengawas." Terangnya.

Abdul Roni, yang juga didampingi crew Radio Suara Muara Enim dan beberapa pejabat fungsional di Dinas Kominfo ini mengaku sangat beruntung bisa diterima Dewas dan Direksi Radio DBFM yang memberikan berbagai masukan termasuk Pembentukan Dewas dan Direksi yang akan dilakukan Radio Suara Muara Enim.

"Kami juga sudah menyiapkan anggaran untuk pembentukan Dewas dan Direksi di ABT 2022 ini dan rencananya bulan depan kami akan laksanakan, namun menyesuaikan agenda DPRD" tutup dia.(db-team-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

13:58:16 DBFMRadio.id : Kalianda - Pemilik usaha Kopi Mahira Mega menjadi narasumber pada Minan Rusida (Mari Informasikan dan Siarkan Ruang Promosi Anda) DBFM yang dipandu host Viska Maudy Hutami dengan topik Kopi Mahira dari Desa Kekiling, Senin(12/09/2022).

Mega menjelaskan kopi mahira pertama kali diproduksi pada tahun 2017 yang mana merupakan usaha rumahan milik keluarganya yang turun temurun.

“pertama kali kami produksi kopi mahira ini tahun 2017, orang tua kami yang pertama kali merintis kemudian memberikan lapak  kami dipasar, biasanya kalau untuk diwarung warung kami cari sendiri tempatnya”

Mega juga menerangkan untuk pemasaran kopi mahira di pasar hanya untuk daerah penengahan dan untuk diwarung hanya untuk sekitar kalianda.

“Untuk pemasaran di warung kami hanya sekitar kalianda saja daerah Negri Pandan, Kecapi dan Babulang itu aja sih, kalau pasar kami hanya masukin di daerah penengahan, perputaran untuk ganti produknya sekitar 2 minggu sekali kalau paling lama sebulan sekali dan itu pasti habis”.  Rinciannya.

Mega juga menjelaskan Usaha Kopi mahira ini diproduksi menggunakan biji kopi robusta dan arabika, untuk harganya ditiap tempat berbeda, kopi mahira sendiri di jual perkilonya Rp.60.000 untuk penjualan dipasar tergantung permintaan pelanggan, ditempat pusat oleh oleh harganya Rp.18 - Rp. 20.000 dan untuk di warung berkisar Rp.4.000,-

“ yang membedakan kopi  mahira ini dengan kopi yang lainnya adalah cara sangrainya, kami menggunakan api yang harus sedang karena itu yang harus diatur kalau mau kopi nya bagus. Untuk kayu bakar bebas yang penting bukan kayu duren dan coklat karena itu menimbulkan banyak asap dan kurang bagus untuk kualitas kopinya”

Pesan dari Mega semoga kopi mahira ini bisa masuk kejangkauan pasar yang lebih luas, dan buat masyarakat yang ingin membeli kopi mahira bisa dateng langsung ke pasar pasuruan, pusat oleh oleh didepan RM Siang Malam dan di warung-warung  di desa Kecapi, Babulang dan Negri Pandan.

"kenapa masyarakat wajib cobain kopi  mahira ini,  karena rasanya enak tidak ada duanya di buat dengan hati." kata Mega promosi.(db-dcm-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

18:17:17 DBFMRadio.id : Kalianda - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan menggelar rapat paripurna dalam rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Lampung Selatan tahun anggaran 2021, Kamis (14/04/2022).

Rapat paripurna berlangsung di gedung DPRD Lampung Selatan dipimpin Wakil Ketua I Agus Sartono didampingi Wakil Ketua II Agus Sutanto.

Pada rapat paripurna tersebut, jumlah anggota DPRD sebanyak 50 orang, dihadiri 41 dari 50 anggota dengan  rincian, hadir secara fisik  21, hadir secara virtual  20 orang, dan  izin 9 orang.

Terpisah, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah dan para Kepala OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mengikuti rapat paripurna itu secara virtual di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat.

"Sebagaimana kita ketahui bersama, LKPJ Bupati Lampung Selatan Tahun Anggaran 2021 telah dibahas oleh Pansus DPRD dan OPD. Dan pada hari ini akan disampaikan laporan hasil pembahasan tersebut", ujar Agus Sartono membuka rapat.

Sedangkan, Ketua Pansus DPRD Lampung Selatan Rosdiana menyampaikan hasil rekomendasi Tim Pansus LKPJ yang ditujukan kepada Pemkab Lampung Selatan.

Rekomendasi itu mulai dari kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan pemerintah daerah hingga penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

"Sebagai mitra kerja antara eksekutif dan legislatif, maka DPRD Lampung Selatan memberikan apresiasi atas kinerja eksekutif dalam melakukan berbagai perubahan dan trobosan guna mewujudkan kabupaten Lampung Selatan kearah yang lebih baik", katanya.

Pansus juga melaporkan mengenai Kebijakan Umum Pengelolaan Keuangan Daerah,   menurut Pansus, pelaksanaan intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan daerah,  diarahkan secara optimal dalam rangka pencapaian target pendapatan baik dari PAD, sektor bagi hasil  pajak dan bukan pajak, guna terealisasinya anggaran secara maksimal.

"Sehingga tahun anggaran 2021, pendapatan asli daerah terealisasi 99,88% atau  Rp. 295.717.000.000 dari target Rp. 298.472.000.000" rinci Pansus, seperti disampaikan Rosdiana.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota dewan DPRD Lampung Selatan dan Pansus yang telah menyelesaikan semua agenda kegiatan.

"Setelah kami mendapatkan persetujuan seluruh anggota fraksi, kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD dan Pansus yang telah memberikan suatu masukan dan saran rekomendasi untuk kami lebih baik lagi kedepannya", ujar Nanang

Nanang Ermanto juga berharap kepada kemitraan yang sudah terjalin dengan baik antara pemerintah daerah dengan DPRD Lampung Selatan agar dapat terjaga, terbina bahkan ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang.(db-bngpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

19:19:03 DBFMRadio.id : Kalianda - Rapat Paripurna DPRD Lampung Selatan Dalam Rangka Pengambilan Keputusan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG),  dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi, didampingi Wakil Ketua I Agus Sartono, Wakil Ketua II Agus Sutanto dan Wakil Ketua III Waris Basuki dari ruang sidang utama gedung DPRD setempat, di Kalianda, Selasa (30/11/2021).

Sementara, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa beserta Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin dan jajaran pejabat lainnya mengikuti rapat paripurna itu secara virtual dari Aula Rajabasa kantor bupati setempat.

Pada kesempatan tersebut,  Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah Andi Aprianto, menyampaikan laporan hasil pembahasan Ranperda tentang retribusi persetujuan pembangunan gedung.

Menurut Andi Aprianto, berlakunya undang-undang 11/2020 tentang Cipta Kerja, memberi dampak pada perubahan  nomenklatur Retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), yang menjadi kewenangan daerah menjadi Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

"Adanya perubahan pengaturan terpusat tersebut, maka peraturan daerah tentang retribusi IMB harus dilakukan penyesuaian. Ranperda retribusi PBG ini, diamanatkan dalam ketentuan pasal 114 Undang Undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja" terang Andi Aprianto dalam laporannya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa menyambut baik atas pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Lampung Selatan yang telah menyampaikan harapan, saran dan masukan serta kritik yang bersifat membangun.

"Selaku pihak eksekutif, kami berharap rapat paripurna ini dapat disetujui bersama, selanjutnya Ranperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung ini dapat ditetapkan serta diundangkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan", ujarnya

Lebih lanjut Pandu menyampaikan, kepada pemrakarsa Ranperda untuk segera melakukan sosialisasi dan menyusun Petunjuk Pelaksanaan atau Peraturan Bupati atas Perda tersebut.

"Agar Peraturan Daerah yang telah ditetapkan dan diundangkan dapat dilaksanakan secara efektif dalam menunjang penyelenggaraan pembangunan pemerintahan dan kemasyarakatan di Kabupaten Lampung Selatan", tutup Pandu

Dari pantauan dbfmradio.id rapat paripurna DPRD  Lampung Selatan dilanjutkan rapat paripurna dengan agenda pengambilan keputusan DPRD terhadap Ranperda tentang APBD Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2022.(db-bngpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

15:14:04 DBFMRadio.id : Kalianda - Rapat Paripurna DPRD  Lampung Selatan dipimpin Ketua Hendry Rosyadi dengan agenda HUT ke-65 Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2021,  di Gedung DPRD Kalianda Lampung Selatan, Senin (15/11/2021).

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi dalam pengantarnya mengatakan, melalui momentum peringatan hari jadi Kabupaten Lampung Selatan diharapkan dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan semangat pengabdian dalam rangka mewujudkan Lampung Selatan yang semakin maju, sejahtera dan berdaya saing.

"Saya berharap, momentum peringatan hari jadi kabupaten Lampung Selatan ini dapat memotivasi untuk meningkatkan semangat pengabdian dalam mewujudkan Lampung Selatan semakin maju dan berdaya saing" ujar Hendry Rosyadi.

Selanjutnya, Hendry Rosyadi menyampaikan sejarah berdirinya Kabupaten Lampung Selatan pada tanggal 14 November 1956 yang berkaitan erat dengan UUD 1945 Bab 5 pasal 18 serta UU Nomor 22 Tahun 1948.

Kader PDI-P Lampung Selatan ini juga mengajak untuk memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan dalam membangun Lampung Selatan.

"Oleh karena itu, melalui ulang tahun Lampung Selatan  yang ke-65 marilah memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan serta berkesinambungan membangun menuju terwujudnya Kabupaten Lampung Selatan yang sejahtera, berdaya saing, modern dan berakhlak mulia", tandas Hendry.

Momentum Penting Wujudkan Rasa Syukur.

Senada dengan Hendry Rosyadi, ditempat yang sama, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, Peringatan hari jadi Kabupaten Lampung Selatan menjadi sebuah momentum penting dalam rangka mewujudkan rasa syukur.

Peringatan HUT Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021 juga menjadi momentum istimewa bagi Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa

"Memperingati HUT Kabupaten Lampung Selatan tahun ini,  cukup istimewa bagi kami selaku Bupati dan Wakil Bupati, karena pada tanggal 18 Februari 2021 lalu telah diberi amanat memimpin  Lampung Selatan hingga tahun 2026", kenang Bupati.

Kemudian, dengan mengusung tema Lampung Selatan maju, sejahtera dengan semangat gotong royong,  diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan semangat kebersamaan dan kerukunan dari segenap elemen masyarakat.

"Selama kurun waktu kepemimpinan kami, sudah banyak capaian yang diperoleh Kabupaten Lampung Selatan dengan mendapatkan berbagai penghargaan dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi dan lembaga lain dari tahun 2019-2021", ujarnya

Dalam pada itu mewakili Gubernur Lampung, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Lampung Intizam mengatakan, hari jadi Kabupaten Lampung Selatan sebagai momentum untuk menengok masa lalu sebuah sejarah sebagai referensi yang sangat bernilai menapaki masa kini dan masa depan yang lebih baik.

"Jadikan Peringatan hari ulang tahun ini (HUT Lampung Selatan), sebagai momentum kilas balik sejarah, sebagai referensi menapak masa kini dan masa depan" pesan Gubernur Arinal Junaidi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Intizam.

Lanjut Intizam, Kabupaten Lampung Selatan sebagai bagian integral Provinsi Lampung yang bersinergi dalam membangun, meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat sebagai kabupaten yang memiliki potensi dengan letak yang strategis.(db-bngpsp-aap).

Advertisement