Top Stories

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DBFMinfo (Bandarlampung) : Upaya percepatan akses keuangan daerah dengan melakukan pembinaan bagi pengembangan Bank Lampung, terus dilakukan. Salah satunya, mengisi kekosongan 3 posisi strategis yakni komisaris utama, direktur operasional dan direktur umum.

Kabag Humas dan Komunikasi Publik Biro Humas dan Protokol Setprov Lampung Heriyansyah mengatakan, meski Gubernur Lampung Arinal Junaedi mengisyaratkan Komisaris Utama Bank Lampung bisa dari unsur birokrasi Pemprov Lampung, namun Gubernur tetap mengedepankan profesionalitas.

"OJK (Otoritas Jasa Keuangan: red) sendiri menyatakan siapapun bisa mengisi kursi tersebut sejauh memenuhi kompetensi, cakap, dan bersertifikasi" terang Gubernur,usai audiensi OJK Lampung dengan Gubernur, di Ruang Kerja Gubernur Lampung, Kamis (11/7/2019).

Menurut Arinal, harus ada peran birokrat Provinsi Lampung yang berada di Bank Lampung yang berperan dalam hal Pemerintahan, salah satunya untuk mengisi kursi komisaris utama.

"Bank Lampung harus ada unsur Pemerintah Daerahnya. Jadi bisa memahami hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan," jelas Gubernur lagi Gubernur Arinal, lanjut Heriyansyah, tetap menekankan profesionalitas untuk perkembangan bank kebanggaan masyarakat Lampung itu.

"Dalam membangun bank Lampung, kita harus menghadirkan orang-orang yang profesional. Maka dari itu, kita harus melakukan penilaian secara objektif dan khusus pada saat proses seleksi tersebut," jelas Arinal.

Sementara dalam membangun Bank Lampung, Gubernur mengakui diperlukannya penyederhanaan dan penyelarasaan seperti bank lainnya.

"Kita harus bisa membangun bank melalui penyelarasaan dan penyederhanaan program seperti bank lainnya," tutup Gubernur Arinal. (Hmsprov)

Prospects historians crawled horizon

Perbankan

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Towns swift contribute mainly humor grave fought driven. Queen meat imagined suite marks. Experimental agriculture pittsburgh particles salt movements assured pa. He define flew

Throat toes tangent creation transformed

Perbankan

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Network tennessee camera communities anyhow suffer. Lovely transformation burns enthusiastic sheriff protected metropolitan impulse empire. Plot skills pm startled henrietta noise

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

09:01:20 DBFMRadio.id : Kalianda - Masih melekat di memori kita, alat bantu penangkal virus - masker, diawal 2020 sempat menghebohkan negeri ini, betapa tidak, tiba-tiba raib begitu saja, pasca Pemerintah menetapkan Bencana non alam Pandemi covid 19, siapa lagi kalau bukan ulah mafia penimbun masker, beli murah di jual dengan harga selangit.

Dan kini kita bisa berlega, perlahan tidak lagi melekatkan kain kasa ini kemulut dan lubang hidung kita.

Catatan DB Minggu ini, Selamat tinggal pandemi, sambut endemi dengan hati-hati, siapa tahu Corona datang lagi, selengkapnya disampaikan Anggoro AP.///

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

09:15:38 DBFMRadio.id : Kalianda - Sangat dimaklumi, jika jalan tol menjadi pilihan utama pemudik, karena memang sangat memangkas waktu tempuh.

Namun celakanya, para pemudik lupa, bahwa kita masih punya jalan arteri di tiga ruas, Jallinteng, Pantura dan Pantai Selatan Jawa yang membentang dari Merak hingga Banyuwangi, yang sejatinya bisa dilewati meski diakui, tentunya tidak semulus dan lancar jalan berbayar bebas hambatan.

Catatan DB Minggu ini, Mudik Ditahan, Mobilitas massa dibolehkan, kepadatan tak terhindarkan.(db-@ng).

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Buletin DB Minggu 1Mei 2022

----------------------------Tune On-----------------------
----------------------------------Narator------------------------

Sahabat db, berbagai informasi dan peristiwa akan kami sajikan dalam bulletin db hari ini, minggu 1 Mei 2022, rangkuman berita yang kami himpun dalam sepekan ini, diantaranya, BAZNAS Lampung Selatan mendistribusikan sepuluh Ton Beras Zakat Untuk 17 Kecamatan.//
-----------------VOICE OVER------------------------------
----------------------------------Narator------------------------

Pemerintah bersama seluruh elemen bangsa telah berhasil mengendalikan pandemi sehingga tahun ini umat muslim dapat kembali melaksanakan tradisi yang telah ada sejak lama, yaitu mudik.//

-----------------VOICE OVER------------------------------
------------------Narator------------------------
Dua topik berita tadi serta beberapa informasi yang kami himpun akan kami angkat dalam bulletin db pagi ini, bersama saya Chairunisa Yahman, inilah bulletin db selengkapnya.//

 

 

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

04:48:02 DBFMRadio.id : Kalianda : Dinas perhubungan Lampung Selatan, mulai Senin (18/4/2022) melakukan uji coba  rekayasa lalu lintas dalam Kota Kalianda.

Dalam rekayasa lalu lintas ini,  kendaraan pribadi  roda 2 dan 4 dari arah Bakauheni-Bandar Lampung diarahkan untuk masuk ke Kota Kalianda, melalui simpang Fajar lurus menuju simpang Kejaksaan. Kemudian, pengendara akan kembali diarahkan menuju simpang Hotel Kalianda lalu keluar lewat simpang Simpur Kodim.

Sementara, pengalihan kendaraan dari arah Bandar Lampung-Bakauheni dilakukan mulai dari simpang jalan Gor Way Handak, melewati Destinasi Agro Wisata Lampung Selatan dan keluar di simpang Polsek Kalianda.

Menurut pengguna jalan Nur Syamsu (44) warga Sukarame Bandar Lampung yang akan melakukan perjalanan mudik, rekayasa lalulintas ini justru banyak yang hanya sekedar muter di bunderan saja, dan tidak menuju sasaran sebagaimana direncanakan sehingga menimbulkan kemacetan.

"Dan jalur yang direkayasakan bukan jalur destinasi  wisata dan ekonomi, Mas" tukas Nur Syamsu, Selasa (19/4/2022).

Jika rekayasa ini bertujuan untuk  promosi wisata dan meningkatkan perekonomian kota Kalianda,  lanjut dia,  jalur rekayasa jalan  seharusnya dbenar benar  jalur objek wisata dan pusat perekonomian.

" Ini (rekayasa lalulintas) malah justru membahayakan pengguna jalan,  terutama dari wisatawan luar lampung, karena daerah yang dilalui dari way handak keluar jati merupakan daerah yang sepi lalin" keluh mantan jurnalis ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, rekayasa lalulintas ini, menurut Kepala Dishub Lampung Selatan M. Darmawan, bertujuan  untuk mengembangkan potensi wisata dan memperkenalkan Kota Kalianda kepada para pengguna lalu lintas, serta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Kalianda.

"Salah satunya juga bagaimana caranya supaya perekonomian Lampung Selatan bisa lebih maju, kalau tidak dimulai dari sekarang mungkin tidak akan dimulai sampai kapanpun. Maka dari itu kita coba,", ujar Darmawan pada rapat persiapan sosialisasi pengalihan arus lalu lintas, di ruang rapat Dinas Perhubungan Lamsel, seraya mengatakan uji coba selama 3 hari terhitung tanggal 18-20 April 2022 dan hanya diberlakukan pukul 07.00-16.00 WIB.(db-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

16:16:20 DBFMRadio.id : Kalianda - Pada kajian rencana Rekayasa Lalu lintas dari  Jalan Lintas Trans Sumatera, dialihkan melalui jalan perkotaan Kalianda dapat dilihat seberapa besar kesesuaian prasarana jalan rencana terhadap kesesuaian geometrik jalan terhadap kendaraan yang akan melaluinya.

Pengalihan arus  ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap sosial dan meningkatkan perekonomian diwilayah perkotaan Lampung Selatan. Pengalihan arus lalu lintas tersebut akan di uji coba selama 3 hari terhitung tanggal 18-20 April 2022 dan hanya diberlakukan pukul 07.00-16.00 WIB.

Pada rapat persiapan sosialisasi pengalihan arus lalu lintas, di ruang rapat Dinas Perhubungan Lamsel, Rabu (13/04/2022). Kepala Dinas Perhubungan Lampung Selatan Darmawan mengatakan, kota Kalianda adalah salah satu kota yang tertinggal dibandingkan dengan kabupaten pemekaran yaitu Pesawaran dan Tanggamus.

"Oleh karena itu, Dinas Perhubungan Lampung Selatan dan beberapa instansi terkait melakukan pengalihan arus lalu lintas agar kota Kalianda  semakin banyak dikenal oleh masyarakat luar", ujar Darmawan pada rapat persiapan sosialisasi pengalihan arus lalu lintas, di ruang rapat Dinas Perhubungan Lamsel, Rabu (13/04/2022).

Lanjut Darmawan  rute pengalihan, kendaraan roda 2 dan 4 dari Arah Bakauheni-Bandar Lampung tersebut akan diarahkan untuk masuk ke Kota Kalianda, melalui simpang Fajar lurus menuju simpang Kejaksaan. Kemudian, pengendara akan diarahkan kembali menuju simpang Hotel Kalianda lalu keluar melalui simpang Simpur Kodim.

Sementara, kendaraan roda 2 dan 4 dari arah Bandar Lampung-Bakauheni akan dilakukan mulai dari simpang jalan Gor Way Handak, melewati Destinasi Agro Wisata Lampung Selatan dan keluar di simpang Polsek Kalianda.

Darmawan juga mengungkapkan dari hasil uji coba tersebut akan di evaluasi bagaimana perkembangan kedepannya terkait kondisi jalan yang akan dilalui oleh para pengendara.

Hadir pada rapat, Perwakilan Polres Lampung Selatan Kusworo, Koramil Kalianda Hadi Winoto, Camat Kalianda Zaidan, Kepala Desa Kedaton Junaidi, Lurah Way Urang Suhendri.(db-bngpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
(20:43:54) DBFMRadio, Kalianda : Dinas Perhubungan Lampung Selatan (Dishub Lamsel) menjamin, di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni bebas dari calo ticket, disamping sudah menggunakan e-ticket, selama angkutan Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020, pengamanan juga diperketat, dengan menempatkan personil Marinir, Brimob, Polres Lamsel, dan Dishub Lamsel, yang ditempatkan dari penumpang turun kapal hingga terminal Bus, dan sebaliknya.
Pada Dialog publik Kesiapan Dinas Perhubungan Lamsel Menghadapi Angkutan Natal Dan Tahun Baru 2019/2020, Senin (23/12/2019) Kabid Angkutan, Dinas Perhubungan Lamsel Dwi Kuyoba, juga mengatakan, dari hasil rakor lintas sektoral mengahadapi angkutan libur Nataru, disamping JTTS (Jalan Toll Trans Sumatra) jalur lintas sumatra dari Bakauheni hingga pematang panggang sudah siap dilaluli, namun diruas Natar sedukit terganggu karena adanya galian kabel.
"Kesiapan 90% ya, karena di ruas Natar ada galian kabel yang mengurangi kapasitas jalan, namun secara umum sudah siap, jalur lintas sumatra, baik lintas tengah dan lintas timur, termasuk Jalan Tol siap" terang Dwi Koyuba.
Dinas perhubungan Lamsel, terus Dwi Koyuba, juga menempatkan personil, di titik titik rawan kemacetan dan kecelakaan diwilayah Lampung Selatan, serta memasang rambu lalulintas disepanjang jalan Nasional dan Kabupaten sebagai petunjuk bagi pengemudi.
Sedangkan untuk Armada Bus Antar Kota Antar Propvinsi (AKAP),  disiapkan 30 Armada Bus, 107 Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Bakauheni - Rajabasa dan Angkutan Pedesaan 60 unit yang melayani Bakauheni - Kalianda dan sekitarnya. Apabila kurang, Dishub juga telah menyiapkan 20 unit Bus cadangan dari DAMRI dan Trans Bandarlampung.
"Nanti kalau itu ( Armada Bus AKAP dan AKDP = red) kurang, kita juga sudah siapkan Bus cadangan dari DAMRI 10 unit dan Trans Lampung 10 Unit" jelas Dwi lagi.
Sementara untuk Angkutan Udara, Bandara Radin Inten II Branti untuk Maskapai Garuda, Sriwijaya dan Batik Air , menyiapkan 7 kali penerbangan perhari selama masa luburan Nataru, NAM Airdan Cytilink 2 Kali, Lion Air dan Wing Air 6 Kali sehingga total 32 Penerbangan sehari.
"Terkait dengan tuslah atau kenaikan tarif, telah ditetapkan tarif batas atas dan tarif batas bawah, sehingga tidak akan ada kenaikkan tarif, dan dimusim angkutan libur Nataru saat ini diterapkan tarif batas atas" katanya.
Seperti diketahui, Operasi Lilin Krakatau -OPK- sebagai pengamanan dan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 diwilayah Lampung Selatan, berlangsung selama 10 hari dari tanggal 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020, dan dimungkinkan bisa molor hingga H plus 5 Tahun Baru (db).

User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive

17:32:32 DBFMRadio.id : Kalianda - Jobs fair/bursa kerja tahun 2022 dibarengi Pengukuhan Pengurus Forum Bursa Kerja khusus BKK, yang diselenggarakan di GOR Way Handak Lampung Selatan, Selasa (22/02/2022),  diikuti oleh 20 perusahaan swasta terkemuka di Lampung Selatan dan menyediakan 517 lowongan pekerjaan (Loker) dibuka Wakil Bupati Pandu Kesuma Dewangsa.

Dalam sambutannya, Pandu Kesuma Dewangsa mengatakan, sangat menyambut baik dan mengapresiasi dengan diselenggarakannya jobfair/bursa kerja melalui Disnakertrans Lampung Selatan dan mengucapkan selamat atas pengukuhan BKK.

Lanjut Pandu dalam rinciannya, melalui data Disnaker jumlah pengangguran Lampung Selatan 21 ribu orang dan jumlah pencari kerja 3.192 orang tahun 2021.

"Permasalahan pengangguran ini terjadi dikarenakan ketidakseimbangan antara jumlah pertambahan penduduk dan  pertumbuhan kesempatan kerja dengan terbatasnya informasi lowongan kerja", jelas Pandu.

Pandu Kesuma Dewangsa berharap dengan adanya job fair bisa menjadi solusi bagi para pencari kerja untuk mendapat kemudahan dalam mengakses informasi lowongan kerja.

Pandu juga mengajak kepada para pencari kerja agar dapat memanfaatkan kesempatan job fair tersebut dan jadikan job fair sebagai momentum sarana untuk mengembangkan program pemerintah daerah dan mengatasi pengangguran di Lampung Selatan.

Pandu juga mengatakan kepada kepengurusan yang baru agar bisa bekerja sama oleh pemerintah kabupaten Lampung selatan untuk mempertemukan para pencari kerja sehingga saling bersinergi dan memberikan informasi lowongan pekerjaan.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Anas Anshori dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut adalah program kegiatan di dalam DPA disnakertrans tahun 2022.

Lanjut Anas, tujuan kegiatan tersebut adalah memberi kesempatan perusahaan untuk menyampaikan informasi dan kualifikasi kebutuhan tenaga kerja  dan memfasilitasi pencari kerja.

Anas juga mengatakan, Kegiatan tersebut juga memiliki pelayanan vaksinasi melalui Dinas Kesehatan Lampung Selatan.

"Syarat melamar kerja harus sudah di vaksin dan melayani 500-1000 peserta." Tutup dia.(db-bngpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

22:46:19 DBFMRadio.id : Kalianda - Kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausahaan Laundry tahun 2021, di aula  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kalianda,  merupakan program dari kementrian pendidikan dan kebudayaan direktorat kursus dan pelatihan.

Menurut Kasi Dikmas Dinas Pendidikan Lampung Selatan Lismiyarti, S.IP,  Tujuan dari kegiatan ini untuk mengurangi pengangguran, seperti yang sudah terlihat sekarang sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan, terlebih dimasa pandemi covid 19 ini banyak perusahaan yang mengurangi pekerjanya.

"Sangat sulit ya mencari pekerjaan, apa lagi dimasa pandemi covid-19,  banyak terjadi pengurangan pekerja,  jadi di sini bersyukur sekali PKBM Tunas Harapan mengadakan kursus dan pelatihan laundry,  selama 2 bulan  kalian  mengikuti pelatihan di sini" katanya, Selasa (29/6/2021).

Untuk itulah, Lismiyarti berharap kepada 20 peserta didik untuk serius  mengikuti pelatihan yang pada akhirnya nanti dapat berwirausaha dan dapat menghasilkan.

"Kalian bisa berwirausaha, dan bekerjasama dengan UMKM untuk permodalannya" ujar Lismiyarti.

Sementara ditempat yang sama,  Ketua PKBM Tunas Harapan Septi dalam laporannya menyebut,  Maksud dan tujuan diselenggarakan pelatihan pendidikan kecakapan wirausaha laundry tahun 2021 adalah agar peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan sebagaimana menjalankan usaha baik offline atau online.

"Pelatihan ini sebagai bekal untuk mengatur usahanya sehingga nantinya dapat bersaing ditengah globalisasi bahkan dapat mengembangkan usaha didalam skala usaha yang lebih besar yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat". terang Septi.

Pelatihan ini, lanjutnya,  diikuti oleh 20 peserta yang telah memenuhi kualifikasi dan telah lulus seleksi dan akan melaksanakan pelatihan kurang lebih 2 bulan 100 jam 25 kali pertemuan.(db-bngpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DBFMRadio, Kalianda : Tenaga Kerja Asing (TKA) merupakan warga negara asing pemegang visa dengan maksud bekerja di wilayah indonesia, penggunaan tenaga kerja asing ini diatur dalam Peraturan Presiden No. 20 /2018 Yuncto Peraturan Mentri Tenagakerja No.10 /2018 tentang tata cara penggunaan tenaga kerja asing.

Ditemui DBFMRadio usai rapat pembahasan peraturan bupati tentang penggunaan tenaga kerja asing Kabupaten Lampung Selatan di Ruang Asisten Bidang Ekobang Setdakab Lampung Selatan, Anas Anshori Kepala Disnakertrans Lampung Selatan mengatakan bahwa TKA untuk didaerah diatur dalam Perda No. 5 Thn. 2018.

"Ada perda no. 5 tahun 2018 mengatur tentang penggunaan tenaga kerja asing, pembayaran kompensasi, sanksi, insentif, pembinaan dan ketentuan-ketentuan pendidikan jika terjadi penyimpangan, baik penyimpangan tenaga kerja asing maupun dalam pengelolaannya". Jelas Anas Anshori, Kamis (30/1/2020).

Anas Ansori juga mengatakan pemerintah juga menerapkan kompensasi kepada tenaga kerja asing (TKA) yang besarannya sesuai dengan peraturan kementrian tenaga kerja dan akan dialokasikan dalam program ketenagakerjaan atau program lain.

"Ketika orang asing bekerja disini maka peluang kerja bagi masyarakat akan berkurang, misalnya seribu tenaga kerja asing seharusnya bisa kita yang bekerja disitu, karena kita tidak mendapatkan itu maka pemerintah menetapkan kompensasi tenaga kerja asing itu" katanya.

Untuk sektor pekerjaan para TKA yang bekerja di indonesia, lanjut Anas, sudah diatur dalam Peraturan Mentri Tenaga Kerja

"Jadi sebenarnya ada aturan pusat (Permen: red) yang mengatur tentang itu, tidak pada sektor umum seperti buruh kasar walaupun di berita-berita ada juga yang seperti itu" terangnya lagi.

Masih menurut Anas Ansori, tenaga kerja asing ini di pekerjakan dalam bidang-bidang yang belum ada tenaga ahlinya di indonesia,atau bekerja di kedutaan, namun tidak ada kompensasi.

"untuk kompensasi sendiri hanya didapat dari TKA yang bekerja disektor formal seperti produksi barang dan jasa". Pungkas Anas Anshori.(db/ptm).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DBFMRadio.id : Kalianda - Kepala Pemasaran Perumahan Intan Permai Yudha Vanani menjadi narasumber pada Program Dialog  RUSI  (Ruang Promosi) di Radio Dimensi Baru FM 93.0  LPPL Lampung Selatan,  dengan topik Rumah Impian di Lampung Selatan, dipandu host Henita, di Studio DBFM Radio, Kamis (07/10/2021).

Pada kesempatan itu, Yudha Vanani mengatakan, Perumahan Intan Permai ditujukan untuk semua kalangan tetapi dalam rangka mendukung program pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, PT. Dwi Putra Sentosa mempunyai program khusus untuk ASN.

"Untuk yang honorer daerah 2 tahun pun, itu bisa ambil ditempat kita dengan subsidi khusus dari kita. Perumahan Inta Permai terletak di Jl. Stadion Jati Rukun dekat GOR Way Handak sekitar 1 km", jelasnya

Dari yang umum uang muka yang harus dibayar 8 juta tetapi khusus para ASN dan Honorer daerah Lampung Selatan setor booking fee 500ribu dan DP 2,5 juta. Total 3 juta sudah memiliki hunian Intan Permai.

"Akses jalan Perumahan Intan Permai dengan 2 jalur, masing-masing jalur 6 meter. Kemudian, untuk semua bangunan sesuai dengan standar nasional dengan spesifikasi pondasi, dinding, lantai, kusen jendela, pintu, kaca polos, atap baja ringan, plafon gypsum, keramik dan closed jongkok dengan type bangunan 36/98", jelas Yudha

Adapun persyaratan KPR yang harus dilengkapi untuk mendapatkan hunian Intan Permai yakni KTP Suami&Istri, Kartu Keluarga, Surat Nikah, NPWP, Pas Foto Suami&Istri, surat keterangan masa kerja/SK, slip gaji, rekening koran dan surat keterangan belum memiliki rumah.

"Harga jual kami tawarkan  berkisar Rp. 150.5 juta, dengan  uang muka untuk umum Rp.8 juta, uang muka subsidi untuk  ASN Rp. 3 juta, angsuran dengan tenor 10 tahun Rp. 1.537.00/bulan, tenor 15 tahun dengan angsuran Rp. 1.144.000/bulan dan  tenor  20 tahun angsuran Rp. 952.00/bulan."rinci Yudha.

Untuk diketahui, Total bangunan Perumahan Intan Permai yang sudah terjual sekitar 68 unit. Kemudian, unit yang raedy sekitar 10 unit dan akan melanjutkan pembangunan kembali sampai akhir tahun sekitar 30 unit dengan fasilitas Mushola dan taman perumahan.(db-bngpsp-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DBFMRadio : Kalianda - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Lampung Selatan merupakan organisasi independen yang bergerak pada sektor ekonomi, dengan tiga unsur keanggotaan, seperti BUMN, BUMD, BUMS dan Koperasi.

Ketua Kadin Kabupaten Lampung Selatan, Budiman Dabo, pada acara dialog interaktif yang dipandu oleh presenter Melinda, di Studio DBFM Radio, menjelaskan bahwa kadin dapat menjadi salah satu organisasi yang dapat memajukan perekonomian pada masa pandemi, Selasa (22/9/2020).

Sesuai dengan tugas Kadin, yakni memfasilitasi pengusaha dalam permasalahan sumber daya, melaksanakan komunikasi, konsultasi dengan pemerintah, serta mewakili para pengusaha dalam berbagai forum.

"Sesuai dengan wewenang Kadin, memfasilitasi pengusaha, melaksanakan komunikasi, konsultasi, advokasi dengan pemerintah maupun pengusaha asing yang berkaitan dengan bidang usaha mewakili para pelaku usaha dalam forum kebijakan ekonomi," jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, mengenai peran yang telah dilakukan oleh Kadin, pada masa pandemi Corona Virus Disease (COVID)-19, yang telah melanda Indonesia sejak beberapa bulan lalu, yakni memberikan motivasi dan inovasi usaha, pelatihan melaui webinar, serta modal.

"Pemfasilitasan motivasi dan inovasi usaha, pelatihan mental, itu perlu bagi pengusaha, pelatihan dengan sering mengadakan seminar, webinar ya karena pandemi, dan juga modal," jelasnya lebih lanjut.

Dengan mendukung para pelaku usaha, terutama UMKM, lanjut Dabo, dapat membantu dalam perluasan peluang usaha, sehingga dapat membantu tingkat perekonomian daerah, bahkan dapat menjadi jaring pengaman disaat situasi pandemi ini.

"Perluasan kesempatan kerja, gak perlu pergi ke seberang (Jakarta dan sekitarnya ; Red), karena kadang-kadang di tetangga saja sudah ada atau di Kampung sebelah juga banyak," ungkapnya. (db/ptm-aap).

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

DBFMRadio, Kalianda : Ditengah masa Pandemi COVID-19 pada Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriah, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Lampung Selatan imbau masyarakat untuk melaporkan oknum yang melakukan penimbunan bahan pangan.

Hadir sebagai narasumber pada Dialog Publik di DBFM Radio, Sekretaris Disdagprin Lampung Selatan, Ir. Isnaini Yeti, MM. Menjelaskan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti laporan masyarakat, tentang adanya penimbunan barang oleh oknum-oknum tertentu.

Penindakan tersebut akan dilakukan bersama Satuan Tugas (Satgas) pangan Lampung Selatan, hal ini dilakukan agar tidak ada lagi oknum yang melakukan penimbunan tersebut, guna kepentingan pribadi, dan menyebabkan terjadinya kelangkaan dan lonjakan harga bahan pangan.

"Jika masyarakat ada yang tahu, terdapat penimbunan bahan pangan, segera laporkan kepada kami (disdagprin) atau ke Radio DBFM, akan kami tindaklanjuti oknum tersebut, bersama satgas pangan," jelas Isnaini Yeti.

Selain itu, Isnaini Yeti mengungkapkan pihaknya terus memantau perkembangan ketersediaan dan harga barang di pasar, melalui laporan dari 6 Unit Pelaksana Teknis (UPT), yang tersebar di Wayah Kabupaten Lampung Selatan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan ada kelangkaan atau lonjakan harga barang.

Terkait dengan kebijakan harga barang, Disdagprin berpedoman pada Peraturan Mentri Perdagangan Nomor 57 Tahun 2017 Tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras dan Peraturan Mentri Perdagangan Nonor 7 Tahun 2020 Tentang Harga Acuan Pembelian Di Tingkat Petani Dan Harga Acuan Penjualan Di Tingkat Konsumen.

"Kami selalu melakukan pemantauan ketersediaan dan harga barang di pasar, melalui UPT, terdapat 6 UPT di Lampung Selatan, untuk laporan harga barang dikirim setiap hari dan untuk ketersediaan barang dilaporkan seminggu sekali," ungkapnya.

Pada Dialog Publik yang dipandu oleh Henita Yahya, Isnaini Yuneti juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan khawatir akan kekurangan bahan pangan, sebab pihaknya menjamin ketersediaan bahan pangan aman dan tidak ada lonjakan harga bahan pangan. (db/ptm-aap).

Advertisement