Top Stories

DBFMinfo (Bandarlampung) : Upaya percepatan akses keuangan daerah dengan melakukan pembinaan bagi pengembangan Bank Lampung, terus dilakukan. Salah satunya, mengisi kekosongan 3 posisi strategis yakni komisaris utama, direktur operasional dan direktur umum.

Kabag Humas dan Komunikasi Publik Biro Humas dan Protokol Setprov Lampung Heriyansyah mengatakan, meski Gubernur Lampung Arinal Junaedi mengisyaratkan Komisaris Utama Bank Lampung bisa dari unsur birokrasi Pemprov Lampung, namun Gubernur tetap mengedepankan profesionalitas.

"OJK (Otoritas Jasa Keuangan: red) sendiri menyatakan siapapun bisa mengisi kursi tersebut sejauh memenuhi kompetensi, cakap, dan bersertifikasi" terang Gubernur,usai audiensi OJK Lampung dengan Gubernur, di Ruang Kerja Gubernur Lampung, Kamis (11/7/2019).

Menurut Arinal, harus ada peran birokrat Provinsi Lampung yang berada di Bank Lampung yang berperan dalam hal Pemerintahan, salah satunya untuk mengisi kursi komisaris utama.

"Bank Lampung harus ada unsur Pemerintah Daerahnya. Jadi bisa memahami hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan," jelas Gubernur lagi Gubernur Arinal, lanjut Heriyansyah, tetap menekankan profesionalitas untuk perkembangan bank kebanggaan masyarakat Lampung itu.

"Dalam membangun bank Lampung, kita harus menghadirkan orang-orang yang profesional. Maka dari itu, kita harus melakukan penilaian secara objektif dan khusus pada saat proses seleksi tersebut," jelas Arinal.

Sementara dalam membangun Bank Lampung, Gubernur mengakui diperlukannya penyederhanaan dan penyelarasaan seperti bank lainnya.

"Kita harus bisa membangun bank melalui penyelarasaan dan penyederhanaan program seperti bank lainnya," tutup Gubernur Arinal. (Hmsprov)

Prospects historians crawled horizon

Perbankan

Towns swift contribute mainly humor grave fought driven. Queen meat imagined suite marks. Experimental agriculture pittsburgh particles salt movements assured pa. He define flew

Throat toes tangent creation transformed

Perbankan

Network tennessee camera communities anyhow suffer. Lovely transformation burns enthusiastic sheriff protected metropolitan impulse empire. Plot skills pm startled henrietta noise

---------------------------Tune On-----------------------

----------------------------------Narator------------------------

Sahabat db, berbagai informasi dan peristiwa akan kami sajikan dalam bulletin di bi hari ini, minggu 10 Oktober 2021, rangkuman berita yang kami himpun dalam sepekan ini, diantaranya, menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan untuk meletakkan fondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern.//

-----------------VOICE OVER------------------------------

----------------------------------Narator------------------------

Kerugian bencana di Tsunami Selat Sunda berupa 809 rumah rusak, untuk merelokasi korban, Pemkab Lampung Selatan memperoleh bantuan 48 koma 8 Milyar rupiah lebih dari Pemerintah Pusat, untuk membangun Hunian Tetap..///////.

-----------------VOICE OVER------------------------------

------------------Narator------------------------

Dua topik berita tadi serta beberapa informasi yang kami himpun akan kami angkat dalam bulletin db siang ini, bersama saya henita, inilah bulletin db selengkapnya.//

 

DBFMRadio.id : Kalianda - Sahabat Di BI, Kesaktian Pancasila akan menjadi titik balik, sekaligus tujuan pembangunan bangsa dan negara.

Kebangkitan dan kemajuan bangsa dari pandemi ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya sendiri dengan kemampuan dan panggilan nuraninya.

Catatan Di BI Minggu ini, Saktinya Pancasila, Ideologi kita, Indonesia. Selengkapnya disampaikan Anggoro AP.(db-aap).

Buletin DB Minggu 26 September 2021

----Tune On---

---Narator----

Sahabat db, berbagai informasi dan peristiwa akan kami sajikan dalam bulletin di bi hari ini, minggu 26 September 2021, rangkuman berita yang kami himpun dalam sepekan ini, diantaranya, agar netizen tetap produktif selama pandemi, content creator Bappenas mempublikasikan 134 webinar.//

---VOICE OVER---

---Narator--

Lampung Selatan meraih dua penghargaan prestasi swasembada gizi dan angka Stanting di Lampung Selatan sudah turun, menjadi 3,6%.////////.

---VOICE OVER--

---Narator---

Dua topik berita tadi serta beberapa informasi yang kami himpun akan kami angkat dalam bulletin db siang ini, bersama saya henita, inilah bulletin db selengkapnya.//

--SMASH MUSIC--

 

(20:43:54) DBFMRadio, Kalianda : Dinas Perhubungan Lampung Selatan (Dishub Lamsel) menjamin, di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni bebas dari calo ticket, disamping sudah menggunakan e-ticket, selama angkutan Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020, pengamanan juga diperketat, dengan menempatkan personil Marinir, Brimob, Polres Lamsel, dan Dishub Lamsel, yang ditempatkan dari penumpang turun kapal hingga terminal Bus, dan sebaliknya.
Pada Dialog publik Kesiapan Dinas Perhubungan Lamsel Menghadapi Angkutan Natal Dan Tahun Baru 2019/2020, Senin (23/12/2019) Kabid Angkutan, Dinas Perhubungan Lamsel Dwi Kuyoba, juga mengatakan, dari hasil rakor lintas sektoral mengahadapi angkutan libur Nataru, disamping JTTS (Jalan Toll Trans Sumatra) jalur lintas sumatra dari Bakauheni hingga pematang panggang sudah siap dilaluli, namun diruas Natar sedukit terganggu karena adanya galian kabel.
"Kesiapan 90% ya, karena di ruas Natar ada galian kabel yang mengurangi kapasitas jalan, namun secara umum sudah siap, jalur lintas sumatra, baik lintas tengah dan lintas timur, termasuk Jalan Tol siap" terang Dwi Koyuba.
Dinas perhubungan Lamsel, terus Dwi Koyuba, juga menempatkan personil, di titik titik rawan kemacetan dan kecelakaan diwilayah Lampung Selatan, serta memasang rambu lalulintas disepanjang jalan Nasional dan Kabupaten sebagai petunjuk bagi pengemudi.
Sedangkan untuk Armada Bus Antar Kota Antar Propvinsi (AKAP),  disiapkan 30 Armada Bus, 107 Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Bakauheni - Rajabasa dan Angkutan Pedesaan 60 unit yang melayani Bakauheni - Kalianda dan sekitarnya. Apabila kurang, Dishub juga telah menyiapkan 20 unit Bus cadangan dari DAMRI dan Trans Bandarlampung.
"Nanti kalau itu ( Armada Bus AKAP dan AKDP = red) kurang, kita juga sudah siapkan Bus cadangan dari DAMRI 10 unit dan Trans Lampung 10 Unit" jelas Dwi lagi.
Sementara untuk Angkutan Udara, Bandara Radin Inten II Branti untuk Maskapai Garuda, Sriwijaya dan Batik Air , menyiapkan 7 kali penerbangan perhari selama masa luburan Nataru, NAM Airdan Cytilink 2 Kali, Lion Air dan Wing Air 6 Kali sehingga total 32 Penerbangan sehari.
"Terkait dengan tuslah atau kenaikan tarif, telah ditetapkan tarif batas atas dan tarif batas bawah, sehingga tidak akan ada kenaikkan tarif, dan dimusim angkutan libur Nataru saat ini diterapkan tarif batas atas" katanya.
Seperti diketahui, Operasi Lilin Krakatau -OPK- sebagai pengamanan dan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 diwilayah Lampung Selatan, berlangsung selama 10 hari dari tanggal 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020, dan dimungkinkan bisa molor hingga H plus 5 Tahun Baru (db).

Menhub saat meninjau Statsiun Kereta Api Tanjung Karang, Bandarlampung, Minggu (30/6/2019).

Transportasi

DBFMinfo (Bandarlampung) : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berupaya mengalihkan angkutan barang keluar dari Kota Bandarlampung dan mengintensifkan penggunaan transportasi commuter dalam kota dan antarkota terdekat, seperti Kotabumi, Baturaja, dan Palembang.

Menurut Kabag Humas dan Komunikasi Publik Biro Humas dan Protokol Setprov Lampung Heriyansyah, Sebelumnya, saat melakukan kunjungan kerja ke Kemenhub, Selasa (25/06/2019), Gubernur membahas pengembangan perkeretaapian dengan Menhub.

Salah satunya mengalihkan babaranjang keluar dari wilayah perkotaan Bandarlampung. Hal ini direspon oleh Menhub Budi Karya Sumadi.

"Ketika angkutan sudah dikeluarkan, maka rel yang ada akan kita intensifkan untuk penggunaan transpotasi commuter dalam kota dan antar kota terdekat seperti Kotabumi, Baturaja, dan Palembang," ujar Menhub saat meninjau Statsiun Kereta Api Tanjung Karang, Bandarlampung, Minggu (30/6/2019).

Menhub Budi KS juga meminta PT. Kereta Api dan Gubernur Arinal agar aset yang dimiliki kereta api berupa rel dan jaringan dapat dirawat dari sekarang.

"Pak Gubernur Arinal dan PT. KAI harus merawat rel dan jaringannya dari sekarang. Sehingga kita bisa merencanakannya jauh sebelum kepadatan itu datang. Kalau dikota lain harus membuat LAP, maka Lampung sudah mempunyai potensi tersebut," jelas Menhub Budi KS.

Bahkan Menhub meyakini apabila ini dilakukan dengan baik, maka ke depan angkutan kereta api akan bertambah dan mampu memberikan pelayanan baik bagi masyarakat.

Terkait jalur Bandara-Kereta Api, Menhub Budi menjelaskan bahwa pihaknya sekarang sudah mencetuskan idenya, dan saya meminta PT. KAI dan Pemda dapat menyelesaikan rawat tempat.

"Untuk sementara akan memakai satu jalur, dan saya minta dibebaskan di depan bandara karena di situ memang ada stasiun dan jaringannya. Kalau itu jadi, maka dari Tanjung Karang ke Bandara hanya memakan waktu 19 menit," tutup dia. (Hmsprov).


DBFMinfo (Bakauheni) : Berbekal dari pengalaman tahun sebelumnya, penumpang pemotor di pelabuhan bakauheni pada arus puncak, pemotor dalam waktu 8 jam, tercatat 25 ribu atau sekitar 3000 / jam, dan jika dibandingkan dengan penumpang mobil sangat berbeda.

Direktur Utama PT.ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi, juga mengatakan secara psikologis penumpang pemotor sangat tertekan, harus mengantri ber-jam2 dengan kondisi sedang berpuasa. Oleh karena itulah, proses tiketing harus dipercepat, dengan digitalisasi, atau E-ticketing disamping juga didirikan tenda sepanjang 600 meter lengkap dengan fan air penyejuk.

"Jadi kalau ditanya mengapa digitalisasi ini baru mulai, yang selama ini bersifat front end yang dilihat oleh pengguna jasa langsung yakni non tunai, tapi yang lebih sulit sebetulnya adalah membuat data dibelakangnya, mengkonsolidasi data di belakangnya, namanya Back end" terang Ira Puspadewi, di Bakauheni.

Jadi, lanjut Ira, selama puluhan tahun ini ASDP menggunakan susyem yang sangat sederhana yakni Excel dan baru tahun ini ASDP Merak -Bakauheni menggunakan Integrated Resevation Transaction (IRT) system, atau sistim transaksi teservasi terintegrasi, dan segera menyusul Pelabuhan penyeberangan Ketapang dan Gilimanuk.
"kita baru Januari tahun 2019 ini menggunakan sistem IRT, agar back end yang di belakang itu supaya rapi gitu kan jadi sangat digital ketika kita abaikan yang sudah rapi maka depan ini makin rapi, tapi nanti bulan Agustus akan diterapkan Ketapang-Gilimanuk"kata Ira lagi.

Pada prakteknya, di toll gate menggunakan sensor dan tidak afa lagi petugas untuk menentukan Golongan kendaraan 1 hingga 4 kemudian muncul tarif yang harus dibayar oleh pengendara.
"tidak, tidak lagi ada petugas disana (toll gate) jadi sensor akan menangkap mobil yang melalaui toll gate, dan bisa diketahui golongan kendaran dan tarifnya" pungkas Ira Puspadewi.(ndri/aap).
 

22:46:19 DBFMRadio.id : Kalianda - Kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausahaan Laundry tahun 2021, di aula  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kalianda,  merupakan program dari kementrian pendidikan dan kebudayaan direktorat kursus dan pelatihan.

Menurut Kasi Dikmas Dinas Pendidikan Lampung Selatan Lismiyarti, S.IP,  Tujuan dari kegiatan ini untuk mengurangi pengangguran, seperti yang sudah terlihat sekarang sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan, terlebih dimasa pandemi covid 19 ini banyak perusahaan yang mengurangi pekerjanya.

"Sangat sulit ya mencari pekerjaan, apa lagi dimasa pandemi covid-19,  banyak terjadi pengurangan pekerja,  jadi di sini bersyukur sekali PKBM Tunas Harapan mengadakan kursus dan pelatihan laundry,  selama 2 bulan  kalian  mengikuti pelatihan di sini" katanya, Selasa (29/6/2021).

Untuk itulah, Lismiyarti berharap kepada 20 peserta didik untuk serius  mengikuti pelatihan yang pada akhirnya nanti dapat berwirausaha dan dapat menghasilkan.

"Kalian bisa berwirausaha, dan bekerjasama dengan UMKM untuk permodalannya" ujar Lismiyarti.

Sementara ditempat yang sama,  Ketua PKBM Tunas Harapan Septi dalam laporannya menyebut,  Maksud dan tujuan diselenggarakan pelatihan pendidikan kecakapan wirausaha laundry tahun 2021 adalah agar peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan sebagaimana menjalankan usaha baik offline atau online.

"Pelatihan ini sebagai bekal untuk mengatur usahanya sehingga nantinya dapat bersaing ditengah globalisasi bahkan dapat mengembangkan usaha didalam skala usaha yang lebih besar yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat". terang Septi.

Pelatihan ini, lanjutnya,  diikuti oleh 20 peserta yang telah memenuhi kualifikasi dan telah lulus seleksi dan akan melaksanakan pelatihan kurang lebih 2 bulan 100 jam 25 kali pertemuan.(db-bngpsp-aap).

DBFMRadio, Kalianda : Tenaga Kerja Asing (TKA) merupakan warga negara asing pemegang visa dengan maksud bekerja di wilayah indonesia, penggunaan tenaga kerja asing ini diatur dalam Peraturan Presiden No. 20 /2018 Yuncto Peraturan Mentri Tenagakerja No.10 /2018 tentang tata cara penggunaan tenaga kerja asing.

Ditemui DBFMRadio usai rapat pembahasan peraturan bupati tentang penggunaan tenaga kerja asing Kabupaten Lampung Selatan di Ruang Asisten Bidang Ekobang Setdakab Lampung Selatan, Anas Anshori Kepala Disnakertrans Lampung Selatan mengatakan bahwa TKA untuk didaerah diatur dalam Perda No. 5 Thn. 2018.

"Ada perda no. 5 tahun 2018 mengatur tentang penggunaan tenaga kerja asing, pembayaran kompensasi, sanksi, insentif, pembinaan dan ketentuan-ketentuan pendidikan jika terjadi penyimpangan, baik penyimpangan tenaga kerja asing maupun dalam pengelolaannya". Jelas Anas Anshori, Kamis (30/1/2020).

Anas Ansori juga mengatakan pemerintah juga menerapkan kompensasi kepada tenaga kerja asing (TKA) yang besarannya sesuai dengan peraturan kementrian tenaga kerja dan akan dialokasikan dalam program ketenagakerjaan atau program lain.

"Ketika orang asing bekerja disini maka peluang kerja bagi masyarakat akan berkurang, misalnya seribu tenaga kerja asing seharusnya bisa kita yang bekerja disitu, karena kita tidak mendapatkan itu maka pemerintah menetapkan kompensasi tenaga kerja asing itu" katanya.

Untuk sektor pekerjaan para TKA yang bekerja di indonesia, lanjut Anas, sudah diatur dalam Peraturan Mentri Tenaga Kerja

"Jadi sebenarnya ada aturan pusat (Permen: red) yang mengatur tentang itu, tidak pada sektor umum seperti buruh kasar walaupun di berita-berita ada juga yang seperti itu" terangnya lagi.

Masih menurut Anas Ansori, tenaga kerja asing ini di pekerjakan dalam bidang-bidang yang belum ada tenaga ahlinya di indonesia,atau bekerja di kedutaan, namun tidak ada kompensasi.

"untuk kompensasi sendiri hanya didapat dari TKA yang bekerja disektor formal seperti produksi barang dan jasa". Pungkas Anas Anshori.(db/ptm).

(14:42:02) DBFMRadio, Kalianda : Pengawasan terhadap realisasi undang undang 13/2003 tentang ketenaga kerjaan di Perusaahan, di Kabupaten Lampung Selatan tidak optimal, setelah Bidang Pengawasan diambil alih oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung. Dengan keterbatasan SDM yang hanya 40 Petugas, dan luasnya Lampung yang memiliki 13 Kabupaten dan 2 Kota, kesulitan mengcover seluruh wilayah Lampung, dengan ratusan perusahaan.
Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Selatan, Syafik Solah mengatakan, dalam hal angkatan kerja yang sedang mencari pekerjaan atau tuna karya di Lampung Selatan berdasar data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung tercatat, 21.000 angkatan kerja, dari jumlah ini yang terdaftar sebagai pencari kerja di Disnakertrans, ada 7.929 orang, laki laki 3.929 dan perempuan 4.000.
"Hingga bulan November 2019, di Lampung Selatan ada 7.929 pencari kerja, 3.929 Laki laki dan 4. 000 perempuan dari 21.000 tuna karya, sesuai catatan BPS Lampung" terang Syafik Solah, (23/12/2019) kemarin.
Dari jumlah itu, lanjut Syafik, yang melapor mendapat pekerjaan ada 1.545 orang sebagai pekerja migran terdiri TKI 453 dan TKW 1. 092, sedangkan yang bekerja di dalam negeri belum banyak yang melapor.
"Jadi yang sudah mendapatkan pekerjaan, didata kami ( Disnakertrans: red) itu ada 1. 545 orang ya, tapi pekerja migran, laki laki ada 453 dan 1.092 orang perempuan" rincinya.
Syafik Solah melanjutkan, ada fenomena menarik angkatan kerja di Lampung Selatan, 19,5% pencari kerja, lebih memilih mencari kerja diluar Lamsel, bahkan ke Luar Negri.
"Pekerja migran ke luar negri, itu hampir 50 % ke Taiwan, disusul Hongkong, kemudian Malaysia dan ke 4 Singapura. Sedangkan negara Timur Tengah, saat ini sedang ditutup, hanya Arab Saudi, itupun dibatasi, hanya PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) tertentu" urai Syafik Solah menjelaskan.
Secara demografi, lanjut dia Lampung Selatan adalah pintu gerbang Sumatra dan terdekat dengan Pulau Jawa, sementara peluang kerja dan penghasilan di luar Lampung Selatan lebih menjanjikan, demikian pula Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di Pula Jawa lebih besar.
Hal itu dipicu pula oleh Upah Minimum Kabupaten (UMK) Lampung Selatan tahun ini Rp. 2.365.000, dan tahun 2020 inaik menjadi Rp. 2.567.000. Sementara diluar Lamsel cenderung lebih tinggi.(db)

DBFMRadio.id : Kalianda - Kepala Pemasaran Perumahan Intan Permai Yudha Vanani menjadi narasumber pada Program Dialog  RUSI  (Ruang Promosi) di Radio Dimensi Baru FM 93.0  LPPL Lampung Selatan,  dengan topik Rumah Impian di Lampung Selatan, dipandu host Henita, di Studio DBFM Radio, Kamis (07/10/2021).

Pada kesempatan itu, Yudha Vanani mengatakan, Perumahan Intan Permai ditujukan untuk semua kalangan tetapi dalam rangka mendukung program pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, PT. Dwi Putra Sentosa mempunyai program khusus untuk ASN.

"Untuk yang honorer daerah 2 tahun pun, itu bisa ambil ditempat kita dengan subsidi khusus dari kita. Perumahan Inta Permai terletak di Jl. Stadion Jati Rukun dekat GOR Way Handak sekitar 1 km", jelasnya

Dari yang umum uang muka yang harus dibayar 8 juta tetapi khusus para ASN dan Honorer daerah Lampung Selatan setor booking fee 500ribu dan DP 2,5 juta. Total 3 juta sudah memiliki hunian Intan Permai.

"Akses jalan Perumahan Intan Permai dengan 2 jalur, masing-masing jalur 6 meter. Kemudian, untuk semua bangunan sesuai dengan standar nasional dengan spesifikasi pondasi, dinding, lantai, kusen jendela, pintu, kaca polos, atap baja ringan, plafon gypsum, keramik dan closed jongkok dengan type bangunan 36/98", jelas Yudha

Adapun persyaratan KPR yang harus dilengkapi untuk mendapatkan hunian Intan Permai yakni KTP Suami&Istri, Kartu Keluarga, Surat Nikah, NPWP, Pas Foto Suami&Istri, surat keterangan masa kerja/SK, slip gaji, rekening koran dan surat keterangan belum memiliki rumah.

"Harga jual kami tawarkan  berkisar Rp. 150.5 juta, dengan  uang muka untuk umum Rp.8 juta, uang muka subsidi untuk  ASN Rp. 3 juta, angsuran dengan tenor 10 tahun Rp. 1.537.00/bulan, tenor 15 tahun dengan angsuran Rp. 1.144.000/bulan dan  tenor  20 tahun angsuran Rp. 952.00/bulan."rinci Yudha.

Untuk diketahui, Total bangunan Perumahan Intan Permai yang sudah terjual sekitar 68 unit. Kemudian, unit yang raedy sekitar 10 unit dan akan melanjutkan pembangunan kembali sampai akhir tahun sekitar 30 unit dengan fasilitas Mushola dan taman perumahan.(db-bngpsp-aap).

DBFMRadio : Kalianda - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Lampung Selatan merupakan organisasi independen yang bergerak pada sektor ekonomi, dengan tiga unsur keanggotaan, seperti BUMN, BUMD, BUMS dan Koperasi.

Ketua Kadin Kabupaten Lampung Selatan, Budiman Dabo, pada acara dialog interaktif yang dipandu oleh presenter Melinda, di Studio DBFM Radio, menjelaskan bahwa kadin dapat menjadi salah satu organisasi yang dapat memajukan perekonomian pada masa pandemi, Selasa (22/9/2020).

Sesuai dengan tugas Kadin, yakni memfasilitasi pengusaha dalam permasalahan sumber daya, melaksanakan komunikasi, konsultasi dengan pemerintah, serta mewakili para pengusaha dalam berbagai forum.

"Sesuai dengan wewenang Kadin, memfasilitasi pengusaha, melaksanakan komunikasi, konsultasi, advokasi dengan pemerintah maupun pengusaha asing yang berkaitan dengan bidang usaha mewakili para pelaku usaha dalam forum kebijakan ekonomi," jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, mengenai peran yang telah dilakukan oleh Kadin, pada masa pandemi Corona Virus Disease (COVID)-19, yang telah melanda Indonesia sejak beberapa bulan lalu, yakni memberikan motivasi dan inovasi usaha, pelatihan melaui webinar, serta modal.

"Pemfasilitasan motivasi dan inovasi usaha, pelatihan mental, itu perlu bagi pengusaha, pelatihan dengan sering mengadakan seminar, webinar ya karena pandemi, dan juga modal," jelasnya lebih lanjut.

Dengan mendukung para pelaku usaha, terutama UMKM, lanjut Dabo, dapat membantu dalam perluasan peluang usaha, sehingga dapat membantu tingkat perekonomian daerah, bahkan dapat menjadi jaring pengaman disaat situasi pandemi ini.

"Perluasan kesempatan kerja, gak perlu pergi ke seberang (Jakarta dan sekitarnya ; Red), karena kadang-kadang di tetangga saja sudah ada atau di Kampung sebelah juga banyak," ungkapnya. (db/ptm-aap).

DBFMRadio, Kalianda : Ditengah masa Pandemi COVID-19 pada Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriah, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Lampung Selatan imbau masyarakat untuk melaporkan oknum yang melakukan penimbunan bahan pangan.

Hadir sebagai narasumber pada Dialog Publik di DBFM Radio, Sekretaris Disdagprin Lampung Selatan, Ir. Isnaini Yeti, MM. Menjelaskan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti laporan masyarakat, tentang adanya penimbunan barang oleh oknum-oknum tertentu.

Penindakan tersebut akan dilakukan bersama Satuan Tugas (Satgas) pangan Lampung Selatan, hal ini dilakukan agar tidak ada lagi oknum yang melakukan penimbunan tersebut, guna kepentingan pribadi, dan menyebabkan terjadinya kelangkaan dan lonjakan harga bahan pangan.

"Jika masyarakat ada yang tahu, terdapat penimbunan bahan pangan, segera laporkan kepada kami (disdagprin) atau ke Radio DBFM, akan kami tindaklanjuti oknum tersebut, bersama satgas pangan," jelas Isnaini Yeti.

Selain itu, Isnaini Yeti mengungkapkan pihaknya terus memantau perkembangan ketersediaan dan harga barang di pasar, melalui laporan dari 6 Unit Pelaksana Teknis (UPT), yang tersebar di Wayah Kabupaten Lampung Selatan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan ada kelangkaan atau lonjakan harga barang.

Terkait dengan kebijakan harga barang, Disdagprin berpedoman pada Peraturan Mentri Perdagangan Nomor 57 Tahun 2017 Tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras dan Peraturan Mentri Perdagangan Nonor 7 Tahun 2020 Tentang Harga Acuan Pembelian Di Tingkat Petani Dan Harga Acuan Penjualan Di Tingkat Konsumen.

"Kami selalu melakukan pemantauan ketersediaan dan harga barang di pasar, melalui UPT, terdapat 6 UPT di Lampung Selatan, untuk laporan harga barang dikirim setiap hari dan untuk ketersediaan barang dilaporkan seminggu sekali," ungkapnya.

Pada Dialog Publik yang dipandu oleh Henita Yahya, Isnaini Yuneti juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan khawatir akan kekurangan bahan pangan, sebab pihaknya menjamin ketersediaan bahan pangan aman dan tidak ada lonjakan harga bahan pangan. (db/ptm-aap).

Advertisement