Pemilihan Muli Mekhanai Lampung Selatan 2024, AJang Gali Potensi Diri dan Pengembangan Promosi Pariwisata

SOSBUDPAR
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

DBFMRadio.id, KALIANDA - Malam Grand Final Muli Mekhanai Lampung Selatan Tahun 2024 digelar di GOR Way Handak, Kalianda, Kamis (2/5/2024) malam.

Acara dibuka langsung Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, serta dihadiri anggota Forkopimda dan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin.

Sementara, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, dan Risty Tagor, ikut menjadi dewan juri kehormatan didampingi Ketua DWP Lampung Selatan, Yani Thamrin dalam ajang tersebut.

Malam Grand Final pemilihan Muli Mekhanai Lampung Selatan 2024 kali ini diikuti 75 peserta, yang terdiri dari 39 peserta Muli dan 36 peserta Mekhanai yang merupakan utusan dari perangkat daerah, kecamatan, perguruan tinggi, dan elemen masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan, Kurnia Oktaviani melaporkan, rangkaian kegiatan Muli Mekhanai Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024 telah dilaksanakan diawali dengan pendaftaran mulai tanggal 1 Maret hingga 26 April 2024.

“Peserta yang mendaftar sebanyak 101 orang. Setelah diseleksi berkas tersaring 75 peserta yang terdiri dari muli 39 peserta dan mekhanai 36 peserta,” ujar Kurnia Oktaviani.

Kurnia Oktaviani menambahkan, kegiatan pemilihan Muli Mekhanai yang menjadi agenda tahunan Dinas Pariwisata itu memiliki tujuan mengajak generasi muda turut berpartisipasi dalam pembangunan, khususnya sektor pariwisata, seni dan budaya.

“Untuk yang berhasil menjadi juara nanti kita berikan tropy dan uang pembinaan. Semoga juara Muli Mekhanai Lampung Selatan bisa menjadi juara tingkat nasional,” kata Kurnia Oktaviani.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan pemilihan Muli Mekhanai Lampung Selatan 2024. Dimana menurutnya, kompetisi tersebut merupakan salah satu upaya dalam menggali potensi serta inovasi demi kemajuan Kabupaten Lampung Selatan.

Nanang berharap, melalui event itu akan melahirkan para generasi muda yang handal dan berprestasi, terutama terkait potensi daerahnya, yaitu promosi wisata daerah, termasuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian warisan budaya serta lingkungan.

“Sehingga ke depan, Muli Mekhanai Lampung Selatan dapat berpartisipasi aktif, serta  mampu mendorong dan mempromosikan kekayaan budaya, serta keindahan alam Lampung Selatan,” pesan Nanang Ermanto.

Selain itu, Nanang juga meminta, juara Muli Mekhanai dapat membantu pemerintah daerah dalam pengembangan dan promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

Ajang tersebut dimenangkan oleh Della Adelia dan Muhammad Dicky Ferdian yang dinobatkan sebagai Muli Mekhanai Kabupaten Lampung Selatan terpilih tahun 2024. Keduanya berhasil merebut hati dewan juri dalam Grand Final tersebut.

Della Adelia merupakan peserta utusan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, dan Muhammad Dicky Ferdian peserta utusan Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan. (swd-dwa)