Kembangkan Potensi Wisata dan Kenalkan Kota Kalianda, Rekayasa Lalin Mulai Diujicobakan.

Transportasi
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

04:48:02 DBFMRadio.id : Kalianda : Dinas perhubungan Lampung Selatan, mulai Senin (18/4/2022) melakukan uji coba  rekayasa lalu lintas dalam Kota Kalianda.

Dalam rekayasa lalu lintas ini,  kendaraan pribadi  roda 2 dan 4 dari arah Bakauheni-Bandar Lampung diarahkan untuk masuk ke Kota Kalianda, melalui simpang Fajar lurus menuju simpang Kejaksaan. Kemudian, pengendara akan kembali diarahkan menuju simpang Hotel Kalianda lalu keluar lewat simpang Simpur Kodim.

Sementara, pengalihan kendaraan dari arah Bandar Lampung-Bakauheni dilakukan mulai dari simpang jalan Gor Way Handak, melewati Destinasi Agro Wisata Lampung Selatan dan keluar di simpang Polsek Kalianda.

Menurut pengguna jalan Nur Syamsu (44) warga Sukarame Bandar Lampung yang akan melakukan perjalanan mudik, rekayasa lalulintas ini justru banyak yang hanya sekedar muter di bunderan saja, dan tidak menuju sasaran sebagaimana direncanakan sehingga menimbulkan kemacetan.

"Dan jalur yang direkayasakan bukan jalur destinasi  wisata dan ekonomi, Mas" tukas Nur Syamsu, Selasa (19/4/2022).

Jika rekayasa ini bertujuan untuk  promosi wisata dan meningkatkan perekonomian kota Kalianda,  lanjut dia,  jalur rekayasa jalan  seharusnya dbenar benar  jalur objek wisata dan pusat perekonomian.

" Ini (rekayasa lalulintas) malah justru membahayakan pengguna jalan,  terutama dari wisatawan luar lampung, karena daerah yang dilalui dari way handak keluar jati merupakan daerah yang sepi lalin" keluh mantan jurnalis ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, rekayasa lalulintas ini, menurut Kepala Dishub Lampung Selatan M. Darmawan, bertujuan  untuk mengembangkan potensi wisata dan memperkenalkan Kota Kalianda kepada para pengguna lalu lintas, serta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Kalianda.

"Salah satunya juga bagaimana caranya supaya perekonomian Lampung Selatan bisa lebih maju, kalau tidak dimulai dari sekarang mungkin tidak akan dimulai sampai kapanpun. Maka dari itu kita coba,", ujar Darmawan pada rapat persiapan sosialisasi pengalihan arus lalu lintas, di ruang rapat Dinas Perhubungan Lamsel, seraya mengatakan uji coba selama 3 hari terhitung tanggal 18-20 April 2022 dan hanya diberlakukan pukul 07.00-16.00 WIB.(db-aap).