PT ASDP Indonesia Cabang Bakauheni Siapkan Skema Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran 2024

Transportasi
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

DBFMRadio.id, BAKAUHENI - PT ASDP Indonesia Cabang Utama Bakauheni menggelar konferensi pers bersama puluhan jurnalis yang tergabung dalam mitra PT ASDP Indonesia Cabang Utama Bakauheni dalam rangka persiapan Angkutan Lebaran 2024/1445 H, bertempat di ruangan VIP ASDP Indonesia Cabang Bakauheni Lampung, Rabu 20 Maret 2024 pukul 17.00 WIB.

Pada konferensi pers persiapan angkutan lebaran 2024/1445H tersebut dihadiri oleh General Manager PT ASDP Indonesia Cabang Utama Bakauheni Capt. Rudi Sunarko beserta jajaran dan Humas PT ASDP Bakauheni Syaiful Harahap.

Rudi Sunarko dalam paparannya menjelaskan, PT ASDP Indonesia Cabang Utama Bakauheni telah mempersiapkan dengan matang semua sarana dan prasarana untuk penyeberangan Angkutan Lebaran 2024/1445 H, ditargetkan dapat berjalan dengan lancar, aman dan selamat.

"Kami membuka beberapa baffer zone (Zona Penyangga) di rest area jalan tol dan jalan arteri yang melibatkan Polri, TNI, BPTD dan instansi terkait lainnya supaya perjalanan menjadi maksimal," jelasnya.

Selanjutnya Rudi Sunarko menjelaskan, terkait dengan antisipasi cuaca ekstrim pihak PT ASDP Indonesia Cabang Bakauheni sudah berkoordinasi dengan stakeholder terkait.

"Tentunya kami dari PT ASDP Indonesia Cabang Utama Bakauheni sudah berkoordinasi dengan BMKG, kita sudah bisa memprediksi kapan terjadinya cuaca ekstrim kita telah menyiapkan Kontigensi Plan nya," jelas Rudi Sunarko.

Rudi Sunarko menambahkan, puncak arus mudik diprediksi pada tanggal 6 dan 7 April 2024. Pihak PT ASDP Indonesia Cabang Bakauheni sudah mempersiapkan beberapa skema untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di pelabuhan Bakauheni.

"PT ASDP Indonesia Cabang Utama Bakauheni mengoperasikan 7 dermaga dan 66 kapal terdiri 6 kapal Express dan 60 kapal Reguler untuk angkutan lebaran tahun 2024," ujarnya. 

Selanjutnya Rudi Sunarko menambahkan, untuk pelayanan angkutan lebaran tahun 2024 akan melakukan penambahan beberapa fasilitas sesuai dengan kita berdasarkan prediksi antusias masyarakat yang akan mudik yang akan meningkat tahun ini dibandingkan tahun lalu.

"Untuk menghindari penumpukan kendaraan di area pelabuhan kita tetap memberlakukan tiket secara mandiri atau online melalui aplikasi ferizy dengan sistem radius 4,5 km sebelum memasuki pelabuhan," tuturnya.

Kepada pemudik Capt. Rudi Sunarko mengingatkan, kepada para pemudik yang akan melakukan perjalanan melintas pelabuhan dari Bakauheni - Merak atau sebaliknya untuk melakukan pemesanan pembelian tiket diharapkan dari jauh - jauh hari sebelum keberangkatan sudah di pesan.

"Bisa pesan tiket 60 hari sebelum keberangkatan, agar tujuannya kuota kita terisi dengan baik, jadi setiap hari kita sudah punya kuota ditata dengan baik untuk keberangkatan," pintanya.

Seusai konferensi pers persiapan Angkutan Lebaran 2024, General Manager PT ASDP Indonesia Cabang Utama Bakauheni Capt. Rudi Sunarko beserta jajaran dilanjutkan berbuka puasa bersama dengan puluhan jurnalis mitra PT ASDP Indonesia Cabang Utama Bakauheni. (swd-dwa-hacb)