Jalin Sinergitas, Dinas Perpustakaan & Kearsipan Lampung Selatan Gelar Rapat Koordinasi

Pemerintahan
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

19:40 DBFMRadio.id, RAJABASA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Selatan menggelar Rapat Koordinasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan se Provinsi Lampung yang diselenggarakan di Aula Pantai Titian Mutiara, Desa Betung Kabupaten Lampung Selatan. Selasa (13/6/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Yani Munawarti, ST., MT, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Dra. Ratna Dewi, MM, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Muliansah, S.Sos., MM, dan seluruh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Selatan Qory Nilwan, SH., MH menyampaikan, rapat koordinasi ini dalam rangka menjalin sinergi dan sinkronisasi program bidang perpustakaan  dan kearsipan Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung dan merupakan rapat koordinasi ketiga setelah sebelumnya diselenggarakan di Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi lampung Muliansah, S.Sos., MM juga menyampaikan bahwa rakor ini merupakan media kolaborasi, konsolidasi, dan sinergitas perpustakaan se Provinsi Lampung.

“Adapun pola sinergitas yang disusun diantaranya yaitu persiapan akreditasi perpustakaan di Kabupaten/Kota, pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten/Kota, sinkronisasi program pusat dan daerah, pendataan berbasis wilayah, lomba-lomba bagi Kabupaten/Kota, program prioritas nasional transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, pelestarian naskah kuno, penyelenggaraan kearsipan, mendukung tata kelola kearsipan, dan penyelamatan serta pelestarian dokumen arsip daerah”, ujar Muliansah.

Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Yani Munawarti, ST., MT menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto. Dirinya menyampaikan ucapan selamat datang serta mengapresiasi kepada seluruh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan se Provinsi Lampung yang telah menghadiri Rapat Koordinasi ke 3 yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan ini.

Selain itu, rapat koordinasi ini diharapkan dapat membangun sinergi dalam mewujudkan pembangunan daerah khususnya akselerasi pencapaian pembangunan, pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan di Provinsi Lampung.

“Sebagai dukungan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah berinovasi dengan mendirikan perpustakaan di Kebun Edukasi, menjalankan program Gerakan Indonesia Membaca, dan Kampung Literasi di Desa Bumi Daya Kecamatan Palas”, ucap Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Yani Munawarti. (swd-dwa)