Mencari Berkah di "Serambi Sumatra" Bakauheni.

Dermaga eksekutif Pelabuhan Penyeberangan bakauheni (Ilustrasi)

Inspirasi
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

DBFMinfo (Bakauheni) : Desa Bakauheni  Kecamatan Bakauheni sangat  beruntung, betapa tidak, di Desa “Serambi Sumatra” ini memiliki 2 pelabuhan, yakni Pelabuhan Penyeberangan yang dikelola oleh PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangn (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) yang kini memiliki  dermaga eksekutif dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bakauheni menjadi alternatif penyeberangan selain Merak-Bakauheni yang menjadi kebanggan Lampung Selatan.

Tidak saja itu,  menurut Sekretaris Camat bakauheni Murizal Effendi, selain kedua Pelabuhan tersebut juga pembangunan Jalan Tol Bakauheni Terbanggi Besar yang penyerapan tenaga kerjaya sebagian besar dari wilayah kecamatan Bakauheni.

“Memang rata-rata sebagian besar ya bisa dikatakan adalah masyarakat yang berada di Bakahuni untuk tenaga kerja yang ditempatkan di Pelabuhan   atau   di Jalan Tol, baik  saat pembangunan maupun   pengoperasian  saat ini” kata Murizal Effendi, Rabu (3/7/2019).

Pembangunan yang dilaksanakan pemerintah pusat tahun ini, lanjut Murizal Effendi, berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat namun untuk pekerja yang sesuai dengan kemampuan yang ada di masyarakat seperti Toll gate, ticketing atau office boy bisa juga  di tempat-tempat pekerjaan yang lain dan secara tidak langsung membuka lapangan kerja baru.

“Tentu berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat namun sesuai dengan kemampuan yang dimilik seperti petugas Toll gate,  ticketing atau office boy bisa juga  di tempat-tempat pekerjaan yang lain” lanjut dia

Berbicara masalah dampak ya dari 2 pelabuhan yang berada di kecamatan Bakauheni yaitu ASDP dan BBJ, terus Murizal, disaat  musim mudik lebaran menjadi berkah sendiri bagi masyarakat Bakauheni berjualan makanan dan minuman serta jasa. Namun  jelas Uspika Kecamatan Bakauheni berupaya menciptakan rasa aman dan nyaman untuk  aktifitas perekonomian di Bakauheni.

“Ya memang kalau pas musim mudik dan balik memang semua mata tertuju pada Pelabuhan Bakauheni karena masyarakat  yang masuk Pulau Sumatera sangat tinggi dan menjadi berkah sendiri bagi masyarakat Bakauheni berjualan makanan dan minuman  serta jasa. ” tutup Murizal effendi. (aap).