Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 78 di Lampung Selatan Berlangsung Khidmat

Hankam
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

11:17 DBFMRadio.id, KALIANDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Stadion ZA Pagaralam Kalianda. Kamis, (17/8/2023).

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bertindak langsung sebagai inspektur upacara dengan menggunakan pakaian adat Lampung Saibatin. Sementara, Kanit Turjawali Polres Lampung Selatan Ipda Adi Wiyono, S.E bertindak sebagai komandan upacara dan Lettu Arm Darwin Lubis bertindak sebagai Perwira Upacara.

Pada kesempatan tersebut, Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi dan pembacaan do'a oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan H. Ashari.

Dengan diiringi lagu Indonesia Raya, Pasukan Paskibraka berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih dengan sempurna dan berjalan khidmat. 

Seperti yang diketahui, anggota Paskibraka yang bertugas dalam upacara pengibaran bendera tersebut merupakan Putra-Putri terbaik se - Kabupaten Lampung yang terjaring melalui tahap seleksi yang ketat, antara lain Pembawa Baki Alya Raihana putri dari Mahat Santosa dan Mirdalita, Penggerek Bendera M. Fadhil Arifin putra dari Turimin dan Sri Murni, Pembentang Bendera M. Destio Halim Permana putra dari Ibnu Hajar dan Nursila Wati. Lalu, Komandan Kelompok 8 M. Zinedine Zidane putra dari M. Agus Wandi dan Dian Priyanri, serta Komandan Kelompok 17 M. Haikal Fajri putra dari Muslim dan Harita Sahara.

Meski cuaca sangat terik sejak awal upacara dimulai, peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI/Polri, perwakilan Dinas dan Instansi, serta pelajar SD hingga Perguruan Tinggi, cuaca yang terik tidak menjadi penghalang atau menyurutkan semangat dalam mengikuti upacara peringatan HUT RI Ke - 78 tersebut.

Turut hadir, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Jajaran Anggota Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin, Para Asisten dan Staf Ahli, dan para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Hadir pula, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Nuri Maulida Pandu, dan para Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) di lingkungan Kabupaten Lampung Selatan.

Setelah upacara selesai, Bupati Lampung Selatan menyerahkan anugerah tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 368 PNS yang diserahkan secara simbolis, sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, negara dan pemerintah, serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin. (swd-dwa)