Silahturahmi dengan Duta Swasembada Gizi dan Childfund, Bupati Minta sinergi antar OPD tuntaskan stunting

Hankam
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

16:29:12 DBFMRadio.id : Kalianda- Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melakukan silahturahmi dengan Duta swasembada gizi Indonesia Hj. Winarni Nanang Ermanto yang juga ketua TP PKK Lampung Selatan dan Chilfund Indonesia, Kamis 25/03/2021.

 Silahturahmi tersebut juga di hadiri oleh Sekertaris Daerah Thamrin dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Yani Thamrin berserta beberapa kepala OPD terkait.

Winarni menjelaskan beberapa tugas dan fungsi dari duta swasembada gizi Indonesia untuk menciptakan generasi unggul di tahun 2030.

"Sebagai contoh dalam perilaku gizi yang baik, kampanye dan advokasi Swasembada Gizi disemua kalangan, Mengadvokasi program ke pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan desa" ujarnya.

Tidak hanya itu tugas dan fungsi selanjutnya juga sebagai juru bicara program swasembada gizi dan penggerak program swasembada gizi.

Adapun program prioritas pemerintah pusat yaitu pencegahan dan penurunan stunting yang memiliki angka target nasional harus di bawah 14%.

"Alhamdulillah untuk Lampung Selatan sudah dibawah 5% untuk capaian pencegahan dan penurunan stunting" ungkapnya.

Dalam paparannya Winarni juga menyapaikan bahwa perlunya kolaborasi dan sinergi antar pemerintah daerah dan stakeholder terkait untuk penuntasan stunting yang ada di Lampung Selatan untuk mencapai zero stunting permanen.

"Mungkin dengan mengganti bantuan yang biasanya diberi dalam bentuk habis pakai dengan bibit tanaman atau hewan ternak sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat" tegasnya.

Pada silahturahmi tersebut Winarni menjelaskan beberapa program serta capaian yang sudah di raih oleh Lampung Selatan pada program swasembada gizi dalam penuntasan stunting yang selalu giat beliau laksanakan.

Ditempat yang sama hadir pula yayasan sosial bina sejahtera (ysbs) dan childfund yaitu yayasan nasional yang bergerak pada perlindungan hak-hak anak.

Perwakilan Chilfund Candra Dethan menjelaskan Yayasan ini juga memiliki perjanjian kerja internasional dengan kementrian sosial republik Indonesia dengan masa perjanjian 3 tahun dan setiap perpanjangan perjanjian perlu di lakukan evaluasi . Yayasan ini juga sudah ada di Indonesia sejak tahun 1973.

"Untuk dilampung Childfund sudah ada sekitar 10 tahun dan saat kami ada di 8 provinsi dengan 32 kabupaten/kota " ungkapnya.

Tujuan dari Chilfund sendiri adalah bagaimana anak-anak yang kurang beruntung dapat terpenuhi hak-haknya dengan berkolaborasi dengan dinas terkait.

"Chilfund tidak mengambil alih peran pemerintah daerah namun bersinergi dengan yang sudah di lakukan Pemerintah atau stakeholder terkait" ujarnya.

Ditempat yang sama Bupati Lampung Selatan menanggapi dengan baik silahturahmi tersebut.

Nanang menyampaikan pihaknya akan menindaklanjuti program gotong royong serta kebersamaan seluruh jajaran dari duta swasembada gizi .

"Nanti bersama pak sekda akan dibentuk tim khusus beberapa dinas terkait untuk membantu penuntasan stunting yang ada di Lampung Selatan ini dan untuk personil yang sudah diutus dari OPD untuk tidak ubah-ubah disetiap penugasannya'' ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan tidak ada hebatnya pemerintah bila pembangunan infrastruktur tapi dengan pelayanan kesehatan yang tidak baik, pendidikan yang tidak baik.

"maka dari itu mudah-mudahan dengan program kebersamaan dan gotong royong ini stunting di Lampung Selatan dapat terus menurun sampe di angka zero Stunting" jelasnya. (db/lmhr-aap)