Saling Sinergi Antar OPD, Lampung Selatan Optimis Raih KLA Kategori Madya 2021.

Hankam
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

19:26:06 DBFMRadio.id : Kalianda - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan optimis dapat meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori madya pada Tahun 2021.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Yespi Cory, Mengungkapkan saat ini Kabupaten Lampung Selatan telah meraih KLA dengan predikat Pratama dan kedepan akan ditingkatkan dengan predikat Madya.

"Jadi kita seluruh OPD ini harus saling bekerja sama untuk membantu meningkatkan penilaian KLA dari Pratama ke Madya," ujarnya mewakili Bupati Lampung Selatan, Senin (31/5/2021).

Usai rapat, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Lampung Selatan Anasrullah mengatakan, rapat evaluasi untuk penilaian KLA yang tahun ini diselenggarakan, setelah tahun lalu ditiadakan karena pandemi covid 19, untuk melakukan verifikasi data yang diperlukan untuk penilaian.

"Empat Kabupaten termasuk Lampung Selatan sudah dilakukan verifikasi data, dan sekarang verifikasi tahap kedua yang akan dinilai hari Jum'at makanya, kita rapatkan hari ini mengungkapkan OPD untuk memberikan informasi kegiatan yang terkait dengan anak" terangnya.

Selanjutnya data kegiatan diserahkan ke BAPPEDA untuk dilengkapi selaku gugus tugas. Data kegiatan tersebut, lanjut Anasrullah, dibuktikan dengan dokumentasi foto dan video serta dasar hukum kegiatan.

"Regulasi dan dokumentasi sangat penting, sebagai bukti real, dan hari Rabu (2/6/2021) kita minta seluruh OPD menyerahkan dokementasi dan regulasinya" tegasnya lagi.

Sementara Tim fasilitator KLA Toni Fiser menambahkan, Bahwa pencapaian KLA tidak akan tercapai dengan baik tanpa evaluasi dan monitoring. Sesuai nomenklatur, yang melakukan evaluasi dan monitoring adalah kepala daerah. Namun jugavdi kluster kelembagaan, ada peran media dan dunia usaha serta masyarakat.

"Kita juga wajib bagaimana juga temen-temen media ini ikut memonitoring, isampai sejauh mana capaian OPD yang sudah di SK kan kepala daerah sebagai Tim Gugus Tugas"

Ditempat yang sama Ketua TP PKK Lampung Selatan, Hj. Nanang Ermanto mengatakan untuk meningkatkan kategori KLA diperlukan adanya inovasi yang berdampak langsung terhadap masyarakat.

Untuk itu, Winarni berharap masing-masing OPD dapat saling bekerja sama dan bergotong royong guna mewujudkan adanya inovasi pada setiap program.

"Apa yang kita lakukan dapat benar-benar berdampak kepada masyarakat, bukan hanya prestasinya. Tapi yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujar Winarni.

Rapat yang digelar dalam rangka Persiapan Verifikasi KLA Tahun 2021 itu, dihadiri oleh seluruh Kepala OPD terkait, Direktur RSUD Bob Bazar Lampung Selatan, dr. Media Apriliana.

Kemudian, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan, Yani Thamrin serta fasilitator KLA Provinsi Lampung, Toni Fisher. (db/ptm-bngpsp- aap).