HUT ke 41, Dekranasda Provinsi Lampung Gelar Webinar UMKM

Hankam
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

DBFMRadio.id : Kalianda - Ketua Dekranasda Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto bersama wakil ketua dan Jajaran Kepala OPD terkait mengikuti Webinar HUT ke 41 Dewan Kerajinan Nasional tingkat Provinsi, secara virtual di aula Rajabasa kantor bupati Lampung Selatan, Senin, (1/03/2021).

Pada webinar yang mengangkat tema "UMKM Bangkit masa pandemi covid-19 melalui semangat dan Kegotongroyongan" menampilkan pembicara Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Ketua Dekranasda Pesawaran Nanda Indira Dendi, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto dan Direktur PT Bank Lampung Presley Hutabarat.

Webinar ini juga di ikuti oleh seluruh pengurus dekranasda kabupaten/kota se-provinsi Lampung, Unsur UMKM, dan Badan Usaha Milik Desa dengan jumlah akun sebanyak 719 akun yang telah mendaftar pada webinar ini.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung dengan Materi Peran Dekranasda Provinsi Lampung dalam UMKM di masa pandemi, Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran dengan tema Program Unggulan Kabupaten Pesawaran, serta direktur utama PT Bank Lampung dengan materi dukungan dunia perbankan dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi.

Dalam sambutannya Riana mengatakan Webinar ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM dalam mengembangkan produk-produk kerajinan yang berdaya saing, sehingga laku di pasaran.

"Sebagian besar pelaku industri kerajinan berskala kecil dan menengah (UMKM=red), merupakan salah satu pelaku ekonomi yang paling penting, baik bagi perekonomian di Lampung maupun nasional." tambahnya.

UMKM, lanjut Riana, juga sangat berperan dalam penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi, dari hasil akumulasi sektor ekonomi, kontribusi UMKM terhadap PDB nasional mencapai 58% - 60% dengan tlaju pertumbuhan 6%/tahun.

Diakhir acara dilakukan penandatanganan kerjasama antara Dekranasda yang di tanda tangani langsung oleh Riana Sari Arinal serta Perwakilan Bank Indonesia dan Dirut PT. Bank Lampung. (lmhr-aap)