20:50:58 DBFMRadio.id : Kalianda - Aktif di Kepramukaan, sejak  dibangku Sekolah Dasar, hingga  SMA, bahkan  sebagai Wakil Bupati hingga  Bupati Way Kanan, Senator DPD RI Bustami Zainudin, mengaku, dirinya adalah satu satunya pejabat pemerintahan di provinsi Lampung, dalam melaksanakan tugasnya tidak  mengenakan baju dinas Bupati, namun  sergam Pramuka.


Menurut Kak Bus, setiap hari Rabu, mewajibkan ASN di Way Kanan mengenakan Seragam Pramuka. Sampai sampai, ASN lebih hafal Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, dibanding Panca Prasetya Korpri.



"Pramuka ini sebagai wadah untuk membentuk  karakter bangsa yang sangat tepat dan sangat baik. Karena saya pastikan ya mereka (ASN di Way Kanan : red) itu pasti pernah ikut Pramuka,  ini terbukti banyak yang tidak hafal Panca Prasetya Korpri,  namun  Tri Satya dan dasa darma Pramuka diluar kepala" terang Bustami Zainudin dalam Podcsstnya  Sambut HUT Ke 60 Pramuka  yang diterima dbfmradio.id Selasa (10/8/2021). Sembari mengucap Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka dengan lancar.



Bupati Way Kanan 2010 – 2015 ini,  di Ulang tahunnya ke 60 Pramuka “Berbakti Tanpa Henti”  14 Agustus 2021 berpesan dan  memotivasi kaum millenial bahwa diera digitalisasi ini  bukan hanya bersaing di tingkat nasional saja namun global, bersaing di tingkat dunia, oleh karenanya, harus mempersiapkan diri untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,  dan harus membuka diri,  tidak ada lagi terkooptasi oleh primordialisme.


"Kita bukan hanya bersaing di tingkat  Kabupaten atau Provinsi, tapi kita sudah bersaing di antara umat manusia seluruh dunia,  tidak ada lagi batas.  Kita juga harus mempersiapkan diri untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian kita juga harus membuka diri,  tidak ada lagi ada  sekat-sekat ada isu-isu primordialisme,  isu-isu ras dan lain sebagainya." Jelas Bustami Zainudin.



Diakhir Podcsstnya,  Bustami juga mengatakan, Pramuka adalah wadah untuk  menempa diri. Oleh karena itu, dirinya mengajak para kaum millenial untuk bergabung di Gerakan Pramuka.


"Pramuka adalah  wadah untuk menempa diri, sebagaimana amanat dari  Dasa Darma.   Masih ada kesempatan untuk bergabung digerakkan Pramuka, sebagai sarana untuk berbagi ilmu" tutupnya.(db-aap).