16:21:21 DBFMRadio.id : Kalianda - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Supriyanto memimpin rapat persiapan pelaksanaan penilaian/penghargaan kabupaten/kota sehat Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2021. Di aula krakatau kantor bupati lampung selatan, di Kalianda, Kamis (08/04/2021).


Hadir dalam rapat beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Camat,  Natar, Jati Agung, Tanjung Bintang, Tanjung Sari,  Way Sulan,  Merbau Mataram, Candipuro, Sidomulyo,  Palas,  Ketapang serta para kepala UPT kecamatan.


Kepada dbfmradio.id Supriyanto, mengatakan rapat dalam rangka keikutsertaan Kabupaten Lampung Selatan dalam penilaian  Kabupaten/Kota sehat Tingkat Nasional Tahun  2021.


"Karena kita sudah ODF (Open Defecation Free = Red) atau bebas  buang air besar sembarangan, lomba ini dua tahun sekali, ditahun ganjil, karena tahun 2019 kita belum ODF, jadi baru tahun ini kita ikut penilaian" terang Supriyanto usai rapat.


Rapat hari ini (8/4/2021) lanjut Supriyanto, dalam rangka pemantapan untuk keperluan penilaian, sekaligus melengkapi persyaratan yang ditentukan dan data yang kirimkan nanti diverifikasi Panitia pusat.


Penilaian Kabupaten Sehat, lanjut Ketua Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Dimensi Baru Lampung Selatan ini, sejati mengajak masyarakat bagaimana hidup sehat.



"Sebenarnya program kesehatan untuk masyarakat ini tidak langsung untuk kepentingan penilaian, karena  program  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) atau program penurunan angka stunting dan Pamsimas (Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) sudah lama berjalan" terang Supriyanto.


Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi kesempatan atau momentum gerakan kembali dimana situasi pandemi Covid-19 agar masyarakat memahami pola kehidupan bersih dan sehat.


"Ada atau tidak ada penilaian Kabupaten/Kota sehat sudah berjalan, dan hanya melengkapi syarat yang telah ditentukan dan tidak ada sesuatu yang baru." tegas Supriyanto.


Adapun 3 tingkatan kategori kab/kota sehat diantaranya PADAPA, WIWELDA dan yang tertinggi WISTARA. Lampung Selatan akan mengikuti kategori tingkatan pertama yaitu PADAPA dikarenakan baru pertama kali mengikuti kegiatan kab/kota sehat.


Pada kategori PADAPA yang dinilai hanya 2 penekanan, tatanan kawasan pemukiman dan prasarana, untuk penekanan yang kedua tatanan kehidupaan masyarakat sehat dan mandiri.


"Tanggal 16 April  kita sudah harus mengirimkan  seluruh dokumen yang ke provinsi untuk diseleksi dan selanjutnya diserahkan ke panitia  pusat untuk verifikasi data.(db-bngpspt-aap).