20:41:12 DBFMRadio.id : Kalianda - Brainstorming Kelitbangan sangat  diperlukan dalam bertukar pikiran untuk memecahkan berbagai macam persoalan.


Melalui brainstorming Kelitbangan akan  menambah wawasan, semangat dan kemampuan bagi para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.


"Ini (Brainstorming) adalah sebuah metode yang bisa dilakukan untuk memecahkan berbagai masalah dan menghasilkan beragam ide baru sebanyak mungkin dengan cepat." terang Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dalam sambutannya pada Acara Brainstorming Kelitbangan, di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Setempat, Jum'at (10/12/2021).


Seperti namanya, lanjut Bupati, brainstorming memiliki tujuan untuk merangsang otak berpikir secara logis, spontan, dan kreatif.


"Untuk itu  saya tekankan kepada seluruh Kepala OPD, benar-benar menunjukkan kinerja yang baik. Di era saat ini mau tidak mau kita harus terus banyak belajar untuk mencapai target yang kita programkan" pinta Nanang Ermanto.



Sementara sebelumnya, dalam laporannya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Lampung Selatan Syahlani, SH, MH mengatakan, dasar pelaksanaan  Brainstorming adalah UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah,  UU  11/2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, PP 38/2017 tentang Inovasi Daerah, Permendagri 17/2016 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah dan Permendagri 104/2018 tentang penilaian pemberian penghargaan dan atau  insentif inovasi daerah.


Selanjutnya Permendagri 19/2020 tentang pengukuran indeks pengelolaan keuangan daerah,  Kemendagri 8/2020 tentang Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah dan Perbup Lampung Selatan 4/2020 tentang Inovasi Daerah.


Sedangkan tujuan pelaksanaan brainstorming kelitbangan yakni, peningkatan kapasitas lembaga dan SDM Lampung Selatan, sebagai bentuk pelaksanaan fasilitasi inovasi daerah dan penguatan kerjasama kelitbangan.


"Acara ini bertujuan  untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan, guna meningkatkan kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah." Terang Syahlani dalam laporannya.


Disamping itu, lanjut Syahlani,  Brainstorming bersama KabanLitbang Kementerian Dalam Negeri ini, sebagai bentuk fasilitasi Inovasi Daerah.


Disamping juga  untuk mendorong penguatan dan penciptaan  inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, dan penguatan kerja sama dengan mensinergikan seluruh pemangku kepentingan.


"Mensinergikan seluruh pemangku kepentingan,  guna mencapai terwujudnya masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, peran serta masyarakat dan daya saing daerah." terangnya lagi.


Brainstorming diikuti Kepala OPD sekabupaten Lampung Selatan, Staff Ahli, Asisten, Dewan Riset dan Inovasi Daerah, Operator PPID, Camat dan pejabat eselon 3 dan 4 dilingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.


Dari pantauan dbfmradio.id hadir Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Sekda Thamrin, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda,  Narasumber Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri RI Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si. sebagai narasumber.(db-bngpsp-aap).