DBFMRadio.id : Kalianda - Kabupaten Lampung Selatan menjadi salah satu Kabupaten yang menerima Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat 2021 Kategori Padapa.


Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat & Penerapan Prokes Tempat Pengelolaan Pangan 2021 diumumkan pada Rabu (17/11/2021) di Hotel JS Luwansa, Jakarta.



Pada acara tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan hadir secara virtual melalui zoom meeting, dari Aula Rajabasa Setdakab Lampung Selatan yang dihadiri Sekda Thamrin, Kepala Dinas Kesehatan Joniyansyah, Kepala Dinas Sosial Dulkahar serta OPD terkait.


Plt. Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI Kartini Rustandi dalam laporannya menyebut, Swasti Saba merupakan penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan juga Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


"Rangkaian acara sekretariat kab/kota/pusat telah menerima 155 dokumen kab/kota sehat dari 23 provinsi yang pada tingkat verifikasi maka diperoleh berbagai data dan di sini sudah didapatkan berdasarkan rapat pleno, didapatkan ada 3 provinsi sebagai pembina kab/kota sehat terbaik", jelas Kartini



Kemudian, terdapat 25 kab/kota penerima penghargaan Swati Saba Wistara tertinggi, 4 kab/kota penerima penghargaan Swasti Saba Wiwerda dan 7 kab/kota penerima penghargaan Swasti Saba Padapa.


Lanjut Kartini dalam laporannya, penghargaan penerapan Prokes tempat pengelolaan pangan, dari 10 provinsi, 50 kabupaten/kota dan 10 kantor kesehatan pelabuhan dengan jumlah 135 terdiri dari 37 jasa boga, 51 restaurant, 40 restaurant hotel dan 7 kantin/sentra pangan jajanan.


"Setelah dilakukan verifikasi dan kunjungan kelapangan maka ditetapkan 3 tempat pengelolaan pangan dalam tiap kategori yaitu, jasa boga, rumah makan/restaurant, restaurant hotel serta kantin", jelasnya


Dari pantauan dbfmradio.id nampak hadir  Wamenkes Dante Saksono Harbuwono, Plt. Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kemenko PMK Agus Suprapto, dan Plt Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Sugeng Hariyono.(db-bngpsp-aap).