13:33:35 DBFMRadio.id : Kalianda - Komite Sastra Dewan kesenian Lampung Selatan (DKLS) mengadakan Workshop menulis  cerita rakyat Lampung terkait dengan akan diadakannya sayembara penulisan  naskah cerita rakyat lampung oleh DKLS, di gedung adat kompleks GOR Way Handak, Selasa (9/8/2022).


Pada kesempatan ini, Hendri selaku ketua pelaksana kegiatan workshop cerita rakyat lampung menyampaikan  acara diikuti 42 peserta dari berbagai kecamatan dan komunitas di Lampung Selatan.


Hendri juga mengungkapkan rasa syukur nya atas terselenggaranya workshop cerita rakyat lampung di kantor sekretariat DKLS selasa,9 agustus 2022 ini.


“Alhamdulillah salah satu dari program komite Sastra DKLS yaitu workshop penulisan cerita rakyat Lampung bisa terealisasi, mudah mudahan dengan antusias peserta dari berbagai kecamatan ini  nantinya akan lahir penulis-penulis baru terkait cerita rakyat lampung”ujar Hendri, disela kegiatan kepada dbfmradio.id Selasa (9/8/2022).



Hendri juga menjelaskan kenapa komite sastra DKLS mengambil tema cerita rakyat dalam kegiatan ini, karena sebagai wujud dukungan DKLS dalam program mengangkat kembali ceria rakyat.


"Untuk itulah, kami menginisiasi untuk menggali Kembali cerita yang berkembang dimasyarakat, dari cerita tersebut akan diangkat dan dibukukan agar nantinya dapat berguna untuk generasi berikutnya." katanya lagi.


Salah satu indikator mengapa Kabupaten lampung selatan menjadi kabupaten layak anak, terus Hendri,  adalah memberdayakan anak, maka dari itu komite sastra DKLS berinisiatif untuk menggelar  kegiatan penulisan cerita rakyat lampung ini agar kita dapat menggali Kembali cerita rakyat yang bisa dinikmati anak-anak kita. Kemudian dari cerita itu kita tulis dan dibukukan”. Jelas hendri.


Hendri juga menjelaskan kegiatan workshop ini berlangsung sehari, dan  akan ditutup Ketua DKLS Hj. Winarni Nanang Ermanto sekaligus menyerahkan sertifikat bukti mengikuti workshop cerita rakyat lampung yang diadakan komite sastra Dewan Kesenian Lampung Selatan.


“Rangkaian acara selesai jam 3 sore ini , ketua umum ibu Winarni Nanang Ermanto yang akan menutup acara sekaligus memberikan seritifkat kepada peserta sebagai bukti ikut serta workshop cerita rakyat lampung ini” tuturnya.


Hendri juga mengungkapkan harapan kegiatan  ini nantinya dapat melahirkan generasi penulis-penulis baru yang kreatif dan dapat menghidupkan Kembali cerita rakyat lampung serta pesannya untuk penulis-penulis muda teruslah menulis karena dengan menulis kita dapat tetap hidup.(db-dea-cha/aap).