17:49:22 DBFMRadio.id : Kalianda -  Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan Menggelar Rapat Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Tahun 2022, di Aula Rajabasa Sekdakab Setempat, Rabu (23/02/2022).


Nampak hadir, Bunda Forum Anak Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto, Plt. Asisten Bidang Ekobang dan Kemasyarakatan Isro Abdi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Annasrullah, Fasilitator Kabupaten Layak Anak Provinsi Lampung Toni Fisher, Ketua Gugus Tugas KLA Lampung Selatan Aryan Saruhian serta OPD terkait.


Ketua Gugus Tugas KLA Lampung Selatan Aryan Saruhian dalam laporannya mengatakan, rapat yang diselenggarakan sebagai evaluasi atas capaian penilaian yang diraih oleh gugus tugas KLA Lampung Selatan.


"Sebenarnya setelah penilaian di 2021 sudah mengadakan rapat evaluasi sebanyak 2 kali di bulan September dan Desember. Mudah-mudahan hari ini ada progres karena penilaian 2022 ini akan dimulai tanggal 1 Maret 2022", kata Aryan.


Lanjut Aryan, evaluasi yang dilakukan untuk melihat progres dan diperbaiki agar adanya peningkatan pertambahan nilai untuk KLA di Kabupaten Lampung Selatan.


Sementara ditempat yang sama, Bunda Forum Anak Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto Mengatakan, anak merupakan generasi penerus yang sangat potensial, sehingga harus dilindungi dan dipenuhi haknya. Agar anak dapat hidup tumbuh dan berkembang secara wajar sesuai dengan hakikat dan martabat kemanusiaannya.


"Banyak sekali kekurangan kita, saya harap kekurangan kita ini menjadi semangat kita untuk memperbaikinya. Saya selaku Bunda Forum Anak berharap sekali agar anak-anak di Lampung Selatan ini suaranya didengar", kata Winarni



Winarni juga berharap penilaian KLA tidak hanya dijadikan sebagai ajang untuk mendapatkan penghargaan. Tetapi, KLA tersebut harus benar-benar diterima oleh anak-anak di Kabupaten Lampung Selatan.


"KLA ini bukan hanya kita melihat penilaiannya harus naik, dari pratama harus naik ke madya, nindya sampai utama, itu hanya sebuah bonus bapak ibu sekalian. Tetapi yang lebih penting, apa yang ada di catatan-catatan dari pusat untuk penilaian dari klaster 1 sampai 5 memang benar-benar terwujud", katanya lagi sambil menahan tangis.


Winarni juga meminta kepada seluruh jajaran terkait untuk meningkatkan koordinasi dalam memenuhi 5 klaster penilaian KLA, sehingga KLA dapat dirasakan oleh masyarakat, khususnya anak-anak di Kabupaten Lampung Selatan.


"5 klaster yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat melalui penilaian KLA, inilah yang harus kita lengkapi. Karena ketika ini telah kita lengkapi ini akan benar-benar menyentuh, apa yang kita rencanakan, kita anggarkan bersama-sama harus benar-benar terwujud dan sampai ke anak-anak", pungkasnya disambut tepuk tangan peserta rapat.(db-bngpsp-aap).