DBFMRadio : Kalianda - Verifikasi Lapangan Pengarusutamaan Gender (PuG) dalam rangka pemberian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun ini berbeda dari Tahun sebelumnya. Dimana dalam prosesnya dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.


Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI), Muhammad Ihsan, S.Ag, MA, mengatakan, tahun ini dilakukan secara daring atau online, ini menjadi tantangan tersendiri baik bagi tim verifikator dalam melakukan verifikasi data dan informasi, maupun bagi pemerintah daerah dalam menyiapkan data dan informasi yang dibutuhkan.


"Meski demikian, proses pelaksanaan verifikasi PuG yang dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dapat berjalan dengan baik tanpa disertai dengan berbagai kendala. Semoga proses verifikasi berjalan dengan baik, tanpa adanya kendala yang berarti," harap Ihsan dalam sambutannya, Rabu (17/3/2021).


Pada kesempatan itu, Ihsan juga mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi Pemkab Lampung Selatan. Yang telah melengkapi data dan informasi terkait perkembangan pelaksanaan dan perkembangan PuG sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.



"Data dan informasi tersebut sangat berharga naik bagi kami kementerian PPPA dan juga Pemkab Lampung Selatan, sebagai sebuah landasan untuk melaksakan langkah-langkah strategis dan kebijakan," katanya.


Ihsan menjelaskan, kegiatan verifikasi data tersebut dilakukan untuk menggali lebih dalam mengenai data dan informasi terkait pelaksanaan PuG berdasarkan hasil isian formulir yang telah diberikan oleh Pemkab Lampung Selatan.


"Ini semua dengan harapan agar tim verifikasi dapat memperoleh data dan informasi yang lebih lengkap, komprehensif, dan objektif sebagai bahan pemyusunan indeks PuG yang akan dimulai pada Tahun 2021 ini," jelasnya.


Sementara Dari Aula Rajabasa kantor bupati setempat, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, memberikan apresiasi terhadap pelaksanaaan verifikasi PuG oleh Tim Independen bersama Tim Asisiten Deputi Kementerian PPPA.


"Atas nama pemerintah kabupaten Lampung Selatan, saya mengapresiasi atas pelaksanaan verifikasi lapangan pengarusutamaan gender di kabupaten Lampung Selatan," ujarnya.


Pandu mengatakan, Pemkab Lampung Selatan akan berkomitmen dalam melaksanakan kegiatan PuG sebagai strategi mewujudkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki.


"Pemkab Lampung Selatan berkomitmen dalam melaksanakan PuG sebagai strategi mewujudkan kesetaraan dan keadilan antara perempuan dan laki-laki, dalam proses pembangunan untuk meningkatkan SDM," ujarnya lebih lanjut.


Dirinya berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar terhadap hak seluruh individu tanpa dibatasi oleh perbedaan gender.


"Untuk memastikan bahwa setiap orang haknya terpenuhi, baik itu laki-laki dan perempuan, anak dan penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya, dengan mengintegrasikannya kedalam program perencanaan pembagunan," ungkapnya. (db/ptm-aap).