DBFMRadio.id : Jakarta - Makna damai dalam Islam, tidak mengganggu dan tidak diganggu, artinya siapapun tidak berusaha untuk mengganggu orang dan tidak juga memancing untuk diganggu orang lain karena Islam itu sebenarnya dalam arti harfiahnya adalah salam atau selamat.


Menurut ustadz Maulana orang beragama Islam selalu berusaha untuk menyelamatkan bukan membahayakan sesama.


"Makanya disebutkan dalam Alquran surah al-an'am ayat 127 disebutkan bahwa nanti ada namanya dipersilahkan baginya mereka dipersilakan darussalam, sorga yang damai di dalamnya ada kenikmatan rezeki dan kedamaian, orang-orang yang masuk surga itu adalah mereka yang memiliki sifat kedamaian." terang Ustadz Maulana pada talkshow Nasional Is Me, Damai Indonesiaku, kerjasama Heartline network dan Persada Indonesia.id Senin (28/12/2020).



Assalamualaikum, terus Ustadz yang popular dengan "Jama'ah hei jama'ah" ini, artinya memberikan keselamatan bukan membahayakan bahkan ada nama Allah dalam Asmaul Husna dari 99 nama itu salah satunya adalah al Sallam memberikan keselamatan, sesuatu yang menyelamatkan mendamaikan keamanan.


"Jadi ini bisa berarti memelihara Yang Mahakuasa keagungan kesucian dari sebenarnya kalau Berbicara masalah kedamaian itu rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tempat Nabi Muhammad Shalallahu Wassalam diutus untuk membawa kedamaian dan keselamatan rahmatan lil alamin yang hakikatnya di dunia kedamaiannya itu keselamatan bukan hanya di dunia tapi akan menyelamatkan sampai di hari kemudian" katanya.


Maka kalau Berbicara masalah Islam tentang perdamaian Islam sebagai agama perdamaian oleh para pemeluknya, tegas ustadz Maulana, harus diwujudkan dalam kehidupan baik kita pribadi keluarga masyarakat bangsa dan umat manusia di dunia.


Damai adalah harmoni


Pada forum yang sama Gembala Jemaat GBI Basdilea Crist Chatedral Riza Cassidy menjelaskan, sebetulnya kata damai dalam Alkitab  yaitu Syalom jika umat Islam mengucapkan Assalamualaikum dan Syalom artinya salam damai ini.


"Dalam bahasa Yunani Erene, yang artinya Harmoni dan damai versi dunia adalah hidup bersama tanpa disagriment atau tanpa perbedaan pendapat." Jelas dia.


Dalam ajaran kitab suci damai adalah harmoni atau Erene artinya adalah kita bisa berbeda pendapat tetapi tetap hidup dalam perdamaian, selera makan kita bisa berbeda cara berpakaian, bahasa kita bisa berbeda, tetapi kita hidup dalam damai.


Jadi berbeda-beda tetapi tetap satu atau Bhinneka Tunggal Ika satu hal yang percayai bangsa Indonesia beragam ragam tapi satu.


"Dengan demikian menurut saya dalam Kristen, agama itu adalah dimana kita bisa melihat perbedaan tetapi kita tetap bisa rukun, kita bisa menerima perbedaan itu, kita bisa tetap hidup dalam harmoni." Katanya lagi.


Ibarat Orkestra, lanjut Riza pemain bass, pemain drum pemain gitar, keyboard semuanya berbeda instrumennya, tetapi kalau disatukan dalam satu cord yang sama akan menghasilkan Harmoni.


"Demikian juga bangsa Indonesia memiliki berbagai suku, bahasa berbagai kepercayaan tetapi bisa hidup bersama secara harmoni dan itulah arti kata damai dari tafsiran bahasa Yunani Erene dari perjanjian baru." Tutup dia.(db-network-aap).