10:47:00 DBFMRadio.id : Balinuraga - Upacara Melasti sebagai salah satu rangkaian ritual keagamaan umat Hindu,sebelum perayaan Nyepi  Tahun Baru Caka 1944 atau 3 Maret 2022 Masehi digelar di Pura Ulun Suwi Desa  Balinuraga Kecamatan Way Panji Lampung Selatan,  Senin  (28/2/2022).


Menurut Ketua  Penyelenggara Ida Bagus Putu Sartika,  upacara Melasti merupakan rangkaian pertama yang diadakan dua hari sebelum Hari Raya Nyepi, sebagai simbol pembersihan alam semesta dan mensucikan diri.


"Upacara ini bertujuan untuk pembersihan alam semesta serta untuk menyucikan diri, dengan melebur segala macam kotoran pikiran, perkataan, dan perbuatan." Terang Ida Bagus PS.


Disamping itu, Ida Bagus mengatakan melasti tahun ini di lakukan terpusat di Desa Balinuraga, mengingat Desa Balinuraga merupakan barometer atau pusatnya Umat Hindu di Lampung Selatan dengan jumlah terbanyak.



"(Desa) Balinuraga ini  merupakan barometer  Umat Hindu di Kabupaten Lampung Selatan dengan jumlah 2 ribuan KK, merupakan pusat umat Hindu. Sebenarnya Umat Hindu di Lampung Selatan selain di Way Panji, tersebar di kecamatan Palas, Ketapang, Sidomulyo, Candipuro, namun jumlahnya kecil," rincinya.


Dalam upacara Melasti,  Umat Hindu yang mengikuti acara tersebut akan mendapatkan air suci yang telah disucikan oleh para Selinggih. 


"Air suci tersebut berasal dari laut atau danau yang dipercaya merupakan air kehidupan, yang mampu mengembalikan kesucian diri dan menyucikan alam semesta." Lanjutnya.


Ida Bagus pun berharap dengan melakukan Melasti, seluruh Umat Hindu khususnya di Lampung Selatan terbersihkan hati, jiwa dan raganya.

"Selamat merayakan Melasti semoga rangkaian pelaksanaan Hari Raya Nyepi dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan," tutup dia.(db-hy-aap).