(16:48:32) DBFMinfo, Bakauheni : Opening ceremony Trip Krakatau 2019, diatas kapal Jatra III dengan rute menuju kawasan Gununung Anak Krakatau, Kepulauan Krakatau, diikuti ratusan peserta.
Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim yang membuka Trip Krakatau sebagai pembuka rangkaian kegiatan Lampung Krakatau Festival (LKF) 2019, sangat antusias ikut dalam rombongan, sekaligus ingin menikmati secara langsung Gunung Anak Krakatau secara dekat.
"Saya sangat antusias untuk ikut dalam kegiatan (trip krakatau 2019) ini. Saya juga ingin merasakan secara langsung berada di dekat Gunung Anak Krakatau. Dan alhamdulillah kita semua bisa ikut dalam trip krakatau 2019," ujar Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim Sabtu (24/8/2019).
Wagub Chusnunia menjelaskan bahwa trip krakatau kali ini sangat istimewa karena diikuti oleh ratusan pengunjung yang sangat antusias untuk melihat gunung anak krakatau.
"Ini sangat istimewa, karena sebelumnya hanya blogger dan media yang ikut trip, dan sekarang ratusan pengunjung juga bisa mengikutinya dengan menggunakan kapal yang lebih bagus. Tentunya kedepan akan terus ditingkatkan," kata Wagub Chusnunia.
Bahkan peserta yang mengikuti trip krakatau tahun ini, jelas Wagub Chusnunia, telah melebihi dari target yang ditetapkan.
"Over target (peserta) ini bukan hanya kerja keras satu pihak, tetapi berbagai pihak turut menyukseskannya," puji mantan Bupati Lamtim yang akrab disapa Nunik ini.
Nunik menjelaskan, bahwa pelaksanaan trip krakatau selanjutnya akan terus ditingkatkan, hal ini mengingat Lampung sudah memiliki dermaga eksekutif, sehingga sarana dan prasarana pendukung trip krakatau selanjutnya akan semakin ditingkatkan.
"Kita sudah memiliki fasilitas lengkap, seperti memiliki Dermaga Eksekutif dan Bandara Internasional Raden Intan II dalam menarik para wisatawan untuk menuju ke lokasi wisata, seperti Trip krakatau" terang Nunik.
Tentu kedepannya, kata Nunik lagi, akan terus didukung dalam meningkatkan pelaksanaan trip krakatau, seperti penambahan atraksi, pengenalan adat budaya, pengenalan lebih dalam terkait gunung anak krakatau, dan kegiatan lainnya selama keliling krakatau.
"Bahkan rencananya akan ada pemandu wisata khusus yang paham tentang Gunung Anak Krakatau," tutur Wagub Nunik.
Meski demikian, pengunjung dan nelayan dibatasi dalam radius tertentu mendekat dikawasan kawah Gunung Anak Krakatau yang pada maret 2019, berada pada level II atau waspada. Gunung Anak Krakatau sendiri masuk wilayah Kepulauan Krakatau yang terdiri dari Pulau Krakatau, Pulau Rakata, Pulau Sertung dan Pulau Panjang. (hmsprv).