DBFMRadio.id : Jakarta, Pada libur panjang 28 Oktober hingga 1 November 2020 lalu, jika protokol kesehatan betul-betul dilaksanakan dengan baik dan di seluruh wilayah Indonesia, tentu trend kasus positif Covid 19 tidak meningkat.


Apabila melihat kondisi di rumah sakit darurat covid-19 Wisma Atlet selama bulan Oktober hingga awal November justru mengalami penurunan yang sangat signifikan.



Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Senayan Jakarta, Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S.‚ MH. mengatakan, relawan (dokter dan paramedis) di rumah sakit darurat Covid 19 sampai saat ini dalam kondisi baik dan sehat dan dengan trend penurunan kasus positif Covid 19, justru melakukan relaksasi dokter dan paredis.


"Dengan proses penurunan ini tentunya ada beberapa yang kita pertimbangkan untuk relaksasi, karena melihat dibulan September sangat tinggi, proporsinya jadi sudah lebih santai, namun dengan mempertimbangkan jika pasca liburan panjang ini ada peningkatan kita tetap berjaga jaga." kata Mayjend TNI dr. Tugas Ratmona, pada Talkshow Update RS Darurat Covid-19: Trend Pascal Libur Panjang, Senin (2/11/2020).



Pada Talkshow yang disiarkan langsung akun facebook Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dr. Tugas Ratmono juga mengungkapan, libur panjang Maulid Nabi, tidak terlalu memberikan dampak, terbukti saat ini kasus positif Covid 19 menunjukkan penurunan.


"Yang mungkin bisa kerjakan dan sudah diantisipasi, bagaimana suatu kemungkinan kasus itu akan meningkat. Betkaca pada libur panjang Idhul Adha dan Libur Hari Kemrrdekaan di Bulan Agustus, diikuti dengan peningkatan kasus positif, namun kita tetap selalu waspada" aku dr. Tugas Ratmomo.



Senada dengan dr. Tugas, Sekretaris Jendral Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI), drg. Iing lchsan Hanafi, M.A.R.S. mengatakan, kondisi pasien Covid 19 di beberapa Rumah Sakit Swasta juga cenderung menurun.


"Trend menurun ini, apakah dampak dati PSBB yang diberlakukan di semua daerah atau mungkin juga pengetahuan masyarakat yang sudah semakin baik sehingga yakin untuk menjaga diri dan keluarganya agar terhindar dari ini (Covid 19)" katanya.


Disamping itu, lanjut drg. Iing Ichsan Hanafi, pihaknya juga telah melengkapi obat2an dan kesiapsiagaan tenaga medis dan paramedis.


"Memang sekarang menurun tapi kita tetap antisipasi sampai sekarang sih emang kecenderungan untuk naik itu belum kelihatan mudah-mudahan tidak demikian" harap drg IIng, sembari mengatakan diseluruh rumah sakit swasta juga merelaksasi dokter dan paramedis, namun tetap menyiapkan fasilitas medik jika terjadi lonjakan kasus positif Covid 19, dampak dari libur panjang lalu.(db-aap).