DBFMRadio.id : Jakarta - Kompetisi bagi Remaja Penyandang Disabilitas Bidang Teknologi Informasi (TI) atau Global IT Challenge for Youth with Disabilities (GITC) 2020, merupakan salah satu upaya untuk menunjukkan keterampilan remaja penyandang disalibilitas dalam memanfaatkan TI untuk tujuan produktif. Yang diharapkan dapat mendorong komunitas ini untuk mengambil peran yang sama dengan komunitas lainnya dalam membangun industri TI yang berkembang pesat.



Mentri Kominfo Jhoni G. Plate mengatakan satu langkah afirmatif dari Kementerian kominfo dan mitra kerja serta dengan menunjukkan rasa empati dan mengajak serta kaum difabel Indonesia untuk mengambil bagian secara konkrit dalam transformasi digital di Indonesia.


"Saat ini kita sudah memasuki era baru, era transformasi digital yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan nasional untuk menyongsong visi besar Indonesia Indonesia maju 2045" jelas Jhoni G. Plate saat membuka Kompetisi bagi Remaja Penyandang Disabilitas Bidang Teknologi Informasi (TI), Jum'at (27/11/2020).


Pemerintah Indonesia, terus Menkominfo, meyakini transformasi digital bukan hanya mengenai tentang infrastruktur pembangunan infrastruktur fisik digital melainkan juga tentang bagaimana teknologi dapat menjadi katalis atau peningkatan kapasitas masyarakat secara inklusif dan tentunya Humanis.



Pembukaan Tehnologi Informasi Kompetisi (TIK) yang disiarkan kanal youtube kemenkominfo, Jhoni G. Plate juga mrngatakan, kompetisi nasional ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan kominfo bersama Bakti untuk memperluas kesempatan ekosistem transformasi yang lebih inklusif.


"Kompetisi hari ini dapat menjadi untuk mengembangkan Digital talent, sumber daya manusia digital, talenta digital yang mampu bersaing di masa yang akan datang dan masa kini yang mampu juga mendorong perwujudan masyarakat Indonesia yang adil dan bermartabat" terang dia.


Diketahui, kompetisi ini menjangkau 34 provinsi di seluruh Indonesia. Kategori khusus akan diberikan kepada peserta dari daerah-daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).


Untuk kategori kompetisi, meliputi empat materi yang dapat dipilih oleh peserta yaitu excel, desain 2D, e-commerce, google sheet, dan google form.(db/ytbkmnf-aap).