19:47:53 DBFMRadio.id :  Jakarta - Kementerian Pariwisatadan Ekonomi Kreatif (Parekraf) yakin  target 70% vaksinasi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dapat  tercapai, disamping juga terus mengingatkan  agar tetap  menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.


Namun demikian, long weekend libur Paskah minggu lalu mobilitas masyarakat sangat tinggi, dan saat ini sedang dilakukan pantauan terhadap pergerakan angka kasus baru Covid 19.


Disisi lain, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro saat ini masih diterapkan di beberapa daerah. Selain aturan PPKM Mikro, pemerintah juga telah mengeluarkan larangan agar masyarakat tidak mudik pada, 6 hingga 17 Mei 2021.



Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan Kebijakan ini dimaksudkan untuk menghindari adanya berkerumun karena mudik lebaran, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi.


'kita berharap PPKM skala mikro ini bisa terus mengendalikan dan menekan penularan virus covid 19 yang penting kita eling lan waspodo (Ingat dan Waspada : red),  kita betul-betul tidak boleh lengah terhadap Covid 19" ingat Sandiaga Uno pada Live Weekly Press Briefing Kemenparekraf, Senin (19/4/2021).


Pada jumpa pers mingguan Menparekraf/Kepala Baparekraf,  perkembangan program serta kebijakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara virtual ini, Sandiaga Uno juga mengatakan, langkah kemenparekraf menjawab kebingungan masyarakat dimana mudik dilarang tapi wisata lokal dianjurkan, Kemenparekraf telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah,  terkait untuk meramaikan wisata lokal saat liburan mudik.


Pemerintah melalui SATGAS Penanganan COVID-19 mengeluarkan Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri  dan Pengendalian Penyebaran COVID-19 Selama Bulan Suci Ramadan 1422 Hijriah.


"Karena belajar dari pengalaman mudik tahun lalu di mana 94% peningkatan kasus positif covid-19 dan dari libur nataru peningkatannya mencapai 70%,  maka kali ini peniadaan mudik murni kita lakukan dan kita garis bawahi untuk memastikan fokus pemerintah dalam menekan penyebaran covid-19 ini melalui PPKM skala mikro bisa kita wujudkan" terang Sandiaga.(db-ytbkemenparkraf-aap).