13:59:06 DBFMRadio.id : Kalianda - Tim  Kaji Tiru Kabupaten Bangka Terkait Optimalisasi PAD, dipimpin Wakil Bupati Bangka Syahbudin, berkunjung ke Lampung Selatan, diterima Sekretaris Daerah Thamrin, S.Sos, M.M di Aula Krakatau Sekdakab Lamsel, Jum'at (17/09/2021).


Dalam pertemuan tersebutSekretaris Daerah Thamrin, S.Sos, M.M berharap,  kunjungan kerja ini dapat memberikan manfaat wawasan dan saling bertukar informasi.


"Khusus berkaitan dengan optimalisasi pendapatan hasil daerah,  Pemkab Lamsel maupun Kabupaten Bangka kami harapkan dapat memberikan pandangan luas terhadap pendapatan daerah", harapnya.


Kemudian, Sekda Thamrin menjelaskan Luas wilayah, Jumlah Penduduk serta Kecamatan/Desa Kabupaten Lampung Selatan yang mana Lampung Selatan telah mengalami pemekaran wilayah.


Lanjut Thamrin, Kabupaten Lampung Selatan mempunyai posisi yang sangat strategis seperti jalan tol terpanjang, ITERA (Institut Teknologi Sumatera), Pelabuhan Bakauheni, Bandara Radin Inten dan akan dibangun Bakauheni Harbour City serta akan dibangun kawasan pariwisata dan industri terpadu lainnya.


"Dengan posisi yang strategis ini kami berharap kepada Pemkab Bangka yang ingin berinvestasi di Pemkab Lamsel bahwa Bupati Lamsel telah memberikan kemudahan perizinan dalam rangka menarik investor di wilayah Bangka", kata Thamrin


Menurut Thamrin, Pendapatan hasil daerah merupakan salah satu pendapatan penting bagi pemerintah daerah yang sangat diharapkan menjadi penggerak perekonomian. Dalam rangka optimalisasi pendapatan asli daerah, Pemkab Lamsel terus mengoptimalkan pendapatan pajak daerah dan retribusi daerah.


"Kita berbangga dapat kunjungan saudara-saudara dari Kabupaten Bangka yang mempunyai karakteristik wilayah hampir sama dan akan bertukar informasi terkait dengan pendapatan Kabupaten masing-masing. Mana yang terbaik itu yang akan kita laksanakan di kabupaten masing-masing", kata Thamrin saat di wawancarai


Ditempat yang sama, Wakil Bupati Bangka Syahbudin, S.I.P mengucapkan terimakasih atas sambutan dan penerimaan telah menerima rombongan Pemkab Bangka ke Pemkab Lamsel ditengah padatnya agenda.


Lanjut Syahbudin, seperti yang sudah disampaikan bahwa ada beberapa hal point-point penting yang akan mendapatkan referensi dari Lampung Selatan terkait pendapatan hasil daerah.


Kemudian, Syahbudin juga menjelaskan Kabupaten Bangka adalah Kabupaten tertua yang juga mengalami pemekaran dan dipecah menjadi 4 Kabupaten serta luas wilayah dan jumlah penduduk.


Disamping itu, sesuai dengan kondisi kewilayahan yang sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Kabupaten Bangka salah satu daerah penghasil timah tersebar di dunia, oleh karena itu, sudah menjadi lahan-lahan kritis EX tambang timah di Kab. Bangka yang tidak ramah lingkungan.


"Kunjungan ke Lamsel dalam rangka silahturahmi dan ada beberapa kegiatan objek-objek pendapatan daerah terkait dengan tambak udang dan PBPP 2 serta sektor lain yang menjadi kewenangan Pemda dalam rangka transformasi pajak pendapatan daerah", kata Syahbudin kepada Radio Dimensi Baru FM. (db-bngpsp-aap).