(DBFMRadio.id) : Kalianda - Pemerintah Kabupaten Bantul, Provinsi D.I Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Selatan.


Kunjungan kerja ini disambut langsung oleh Pj. Sekda Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin di Aula Rajabasa kompleks kantor bupati setempat, Kamis (13/2/2020).


Rombongan Pemerintah Kabupaten Bantul dipimpin oleh Sekda Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis, sedangkan rombongan Pemerintah Kabupaten Maringin dipimpin oleh Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Pembangunan Perekonomian dan Pembangunan H. Dedi Darmantias.


"Kabupaten Bantul dan Kabupaten Lampung selatan ini mempunyai banyak kesamaan, baik angka kemiskinan bahkan jumlah kecamatan. Angka kemiskinan hampir sama yaitu 13% sekian, tujuh belas kecamatan sama dengan kita, tentunya untuk kunjungan ini kami terima dengan baik dan akan kami layani dengan baik," Jelasnya


Tujuan kunjungan kerja ini, lanjut Thamrin, dimaksudkan untuk mempelajari tentang program gerbang desa yang merupakan program provinsi.


"Gerbang desa ini sudah berlangsung sejak tahun 2015 hingga 2019, programnya dari Provinsi, Kabupaten Lampung Selatan ada sembilan desa, dari gerbang desa sendiri banyak manfaat yang didapatkan," Jelasnya.


"Untuk itu, kami akan menginformasikan kepada teman kita dari bantul tentang cara kerja dan pembangunan gerbang desa itu sendiri," Jelasnya lebih lanjut.


Ditempat yang sama, Sekda Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis mengatakan bahwa Lampung merupakan salah satu wilayah yang programnya dapat dipelajari untuk mengurangi angka kemiskinan di daerah bantul.


"Kami Kabupaten Bantul menyadari bahwa di setiap daerah itu mempunyai program yang berbeda-beda meskipun tujuannya sama yaitu untuk menuntaskan angka kemiskinan, kami memandang bahwa lampung menjadi salah satu wilayah yang bisa di pelajari programnya sehingga kami beserta para camat melakukan kunjungan ke Lampung," Terangnya.


Untuk itu, lanjut Helmi Jamharis, Pemerintah Kabupaten bantul ingin belajar tentang Gerakan Pembangunan Desa (Gerbang Desa) yang mengentaskan kemiskinan dari desa.


"Kami pada awalnya hanya mengenal Gerbang Desa, yaitu Gerakan Pembangunan (Gerbang) Desa, sama seperti di Lampung, Bantul menerapkan Pembangunan mulai dari pinggiran, desa sebagai sentral dari pembangunan, kalau desa maju maka kecamatan dan kabupatennya pun akan maju," ungkapnya.


Memiliki tujuan yang sama, Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Pembangunan Perekonomian dan Pembangunan, H. Dedi Darmantias, melakukan kunjungan ke Lampung Selatan.


“Tujuan kami ke lampung selatan untuk melihat kegiatan Pemerintahan yang ada di Lampung Selatan, Sehingga nantinya dapat diterapkan dalam program kami, selain itu staf kami juga akan melakukan kunjungan ke beberapa Organisani Perangkat Daerah (OPD) agar dapat melihat perkembangan program dari intansi tersebut,” pungkasnya. (db/ptm).