20:19:16 DBFMRadio.id : Kalianda -Prioritas pembangunan kabupaten Lampung Selatan Tahun 2022 adalah Peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur untuk pengembangan potensi wilayah dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mengacu pada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.


"Bahwa infrastruktur mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengembangkan potensi wilayah. Infrastruktur akan terungkit Dengan adanya potensi sektor pertanian dan sektor pariwisata." terang Perencana Ahli Madya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Zulvina Ratnasari, S.P., M.Si  pada dialog interaktif di Studio DBFM Radio, Kamis (17/06/2021).


Menurut Zulvina, Perencanaan adalah suatu proses yang memiliki alur salah satunya strategi perencanaa buttom up melalui usulan Musrenbang desa bagi desa yang ingin dibiayai oleh APBD kabupaten Lampung Selatan.


Lanjut Zulvina, dari Musrenbang kecamatan selanjutnya akan melaksanakan Musrenbang kabupaten dan akan dipilih kembali yang menjadi prioritas.



Disamping itu, ada beberapa pokok pikiran anggota dewan yang mempunyai hak/usulan sesuai dengan dapil nya masing-masing dan yang akan menjadi prioritas dari usulan masyarakat yakni harus terintegrasi dengan apa yang sudah di usulkan anggota dewan.


"Dari 1500 usulan desa maupun anggota dewan terbagi lagi menjadi usulan infrastruktur, usulan sektor ekonomi dan usulan sosial untuk kemasyarakatan", terang Zulvina


Dialog dengan topik Skala Prioritas Kebijakan dan Program Pembangunan Lampung Selatan, dipandu host Henita, juga mengungkap ada beberapa tantangan perencanaan pembangunan yakni, kemiskinan dikabupaten Lampung Selatan tahun 2020 sekitar 14% diatas provinsi dan nasional.


Kemudian,  indeks pembangunan manusia kabupaten Lampung Selatan sekitar 68,36% dan urutan ke-7 Provinsi Lampung dari 15 kabupaten/kota serta infrastruktur Lampung Selatan yang belum merata dan  Lampung Selatan daerah rawan bencana.


BAPPEDA, lanjut Zulvina, memiliki fungsi koordinasi organisasi perangkat daerah badan/dinas kabupaten Lampung Selatan agar mampu mencapai target yang sudah ditetapkan RKPD dan RPJMD masing-masing mempunyai tugas pokok dan fungsi yang mendukung pencapaian target visi/misi Bupati.


Sedangkan prioritas Kebijakan program Tahun 2022 ada 6 program prioritas seperti  peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, penurunan kemiskinan melalui efektifitas bantuan sosial dan peningkatan kerja sektor pertanian, perikanan, pariwisata, perdagangan maupun UMKM, peningkatan investasi melalui kemudahan perizinan dan pemenuhan potensi wilayah lingkungan berkelanjutan.


"Aspek kesejahteraan masyarakat produk domestik regional bruto mengalami penurunan di tahun 2020, di tahun 2019 sekitar 45 Trilyun dan tahun 2020 hanya 44 Trilyun dan menyebabkan pertumbuhan ekonomi menurun."tutup Zulvina.(db-bngpsp-aap).