16:23:22 DBFMRadio.id : Kalianda - Silaturahmi Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto,  sekaligus Diskusi Terbuka Bersama Mahasiswa/i Akademi Kebidanan Hampar Baiduri  Kalianda terkait Pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan, berlangsung  di Aula Kampus Hampar Baiduri, Senin (19/9/2022).


Dalam sambutannya,  Nanang menyampaikan bahwa Kabupaten Lampung Selatan sedang menghadapi perekonomian yang tidak stabil, akibat dari Pandemi Covid-19, hingga  inflasi membuat keuangan daerah semakin terpuruk.


Bahkan diawal dirinya menjabat sebagai Pelaksana Tugas  Bupati Lampung Selatan Karena Bupati Zainudin Hasan waktu itu terjerat kasus Korupsi, sudah dihadapkan pada 3 peristiwa besar yang melanda Lampung Selatan, yakni banjir bandang, Tsunami Birokrasi dan Erupsi Anak Gunung Krakatau.



"Tiga peristiwa besar itulah yang saya hadapi, banjir bandang menghancurkan jembatan Kota Kalianda, akibatnya perputaran ekonomi terganggu. Kemudian tsunami birokrasi, tata kelola pemerintahan tidak stabil, secara organisatoris, pemerintahan di Lampung Selatan terguncang. Selanjutnya tsunami selat Sunda akibat erupsi anak gunung Krakatau tanggal 22 Desember 2018, yang memporak-porandakan infrastuktur" kenang Bupati.


Namun karena didasari tekad dan kerjasama yang kuat, terus Nanang, perlahan tapi pasti tsunami birokrasi dapat ditanggulangi. Sementara Jembatan Patriot dapat dibangun tanpa menggunakan APBD.


"Alhamdulillah berkat kebersamaan masyarakat, TNI/POLRI dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan,  mampu merehabilitasi aset terdampak tsunami selat sunda." Katanya lagi.


Nanang Ermanto juga mengisahkan betapa dengan bersusah payah membangun kembali tata kelola pemerintahan sehingga bisa berjalan normal.


Bupati juga menganalogikan, upaya dirinya membangun birokrasi pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, bisa juga diterapkan untuk membangun Akademi Kebidanan Hampar Baiduri.


"Dengan susah payah medisign tata kelola menejemennya, kalau tidak ada rasa kepedulian dari pengelola atau Yayasan Akbid Hampar Baiduri, tidak akan bisa berjalan dengan baik." terang Bupati memberi contoh.


Pada bagian lain sambutannya, Bupati Nanang Ermanto juga menjelaskan, sesuai dengan Pasal 31 (2) UUD 1945, Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Hal ini berarti pemerintah harus menjalankan amanah UUD 45, untuk bagaimana menciptakan Sumber Daya Manusia di Lampung Selatan yang baik dan berkualitas.


"Karena, suatu daerah tanpa sumberdaya manusia yang berkualitas tidak akan bisa mengaktualisasikan program pembangunannya, termasuk pembangunan kesehatan yang nanti akan dihasilkan Akbid Hampar Baiduri" tegas Nanang disambut applaus dari puluhan Mahasiswa Akbid Hampar Baiduri.(db-dcm-aap).