(DBFMRadio.id) : Kalianda - Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan bersama jajaran terkait, terus berupaya mengantisipasi penyebaran virus COVID-19.


Salah satu upaya antisipasi tersebut adalah dengan pemasangan thermal scanner (alat pendeteksi suhu tubuh) di bandar udara Radin Inten II dan pelabuhan penyeberangan Bakauheni, dua pintu masuk di Kabupaten Lampung Selatan. Selain di pelabuhan penyeberangan Bakauheni thermal scanner juga terpasang di pelabuhan internasional Panjang di Kota Bandar Lampung, wilayah yang berdekatan dengan Kabupaten Lampung Selatan.


Demikian disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Kristi Endarwati pada Talkshow Kabar Pemkab di DBFM Radio, Selasa (18/2/2020).


Lebih lanjut Kristi Endarwati mengatakan bahwa selain pemasangan thermal scanner di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Panjang di Kota Bandar Lampung terdapat satu unit mobil yang dilengkapi dengan kapsul transport untuk membawa orang yang diduga terinfeksi (suspect) COVID-19 ke rumah sakit rujukan.


"Jadi kalau misalnya nanti ada laporan dicurigai adanya orang yang demam lebih dari 38 derajat celcius, ada batuk pilek, sesak nafas, ada riwayat perjalanan dari Wuhan, China, pernah kontak langsung dengan orang yang positif COVID-19, maka mobil ini yang akan merujuk ke Rumah Sakit Abdul Moeloek," jelasnya.


Selain itu Dinas Kesehatan Lampung Selatan juga melakukan beberapa langkah siaga COVID-19. Langkah-langkah tersebut antara lain pemantauan terhadap suspect COVID-19 dengan melibatkan puskesmas terdekat dengan suspect COVID-19 tersebut, pembuatan ruang isolasi di Rumah Sakit Daerah dr. Bob Bazar, SKM Kalianda serta dengan penyuluhan maupun penyebarluasan informasi melalui media massa


"Penyebaran informasi kami lakukan, ada beberapa banner yang telah kami pasang, kemudian teman-teman puskesmas juga melakukan sosialisasi kepada warga yang datang ke puskesmas, di ruang pendaftaran ketika menunggu pelayanan, kita lakukan penyuluhan," terangnya.


COVID-19 (Corona Virus Disease - 2019) adalah nama resmi yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO) untuk virus yang pertama kali teridentifikasi menyebar di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China pada Desember 2019. COVID-19 adalah jenis virus corona baru yang dapat menginfeksi manusia dan menular dari manusia.


Virus corona ini merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). (db/ptm).