01:43:28 DBFMRadio.id : Sidomulyo - Bazar UMKM Semarak Candipuro Bangkit (Secaba) 2022  yang dikemas dalam Kecamatan Fair di Lapangan Kantor  Kecamatan Candipuro, Senin (15/08/2022), dibuka Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, berlangsung 15-17 Agustus 2022.


Program pengembangan UMKM yang sebelumnya dikemas dalam Lampung Selatan Fair ini, ada  14 stand UMKM desa, 5 Sekolah Menengah Atas (SMA), 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 1 Sekolah Dasar serta instansi pelayanan publik seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Samsat.



Camat Candipuro Achmad Solatan Nurohman dalam laporannya mengatakan, pameran  UMKM merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian dan lebih mengeksiskan kembali pelaku UMKM, sehingga nantinya secara bertahap semua potensi yang ada akan tumbuh berkembang dan akan berujung dengan terciptanya kesejahteraan masyarakat.


Kecamatan Fair di desa Sidomulyo ini, menurut Achmad Solatan Nurohman, untuk menampilkan potensi-potensi UMKM unggulan yang ada disetiap desa di Kecamatan Candipuro.


"hal ini sesuai dengan visi dan misi bapak Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang ingin mengembangkan potensi UMKM di Kabupaten yang kita banggakan ini," ujarnya, Senin (15/2022).



Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto kepada sejumlah wartawan mengatakan, jika tahun tahun sebelumnya bernama Lampung Selatan Fair, sekarang dirubah menjadi Kecamatan Fair.


"Kenapa saya rubah, karena saya ingin tahu potensi desa, baik disektor wisata, pertanian, perkebunan dan UMKM, Kecamatan Fair di Sidomulyo ini adalah yang kedua kalinya, setelah sebelumnya di Kecamatan Way Sulan" ujar Nanang menjelaskan.


Di Lampung Selatan, terus Bupati, ada 17 Kecamatan dan semua akan mendapat giliran menggelar Kecamatan Fair ini. Tujuannya, selain pengembangan UMKM desa yang ada disetiap kecamatan namun juga untuk menyambut Kegiatan Lampung Selatan Expo yang akan di selenggarakan pada November mendatang.


“Nanti dari 17 kecamatan ini akan dipilih mana stand terbaiknya, dan akan di tampilkan pada kegiatan Lampung Selatan Expo yang juga sekaligus merayakan HUT ke 66 Lampung Selatan" ucapnya.


Dikanal YouTube Kominfo Lampung Selatan diketahui, Tidak hanya dalam pengembangan UMKM saja, Kecamatan Fair ini juga  menampilkan budaya dan kesenian setempat yang memang belum diketahui banyak orang.(db-kmnfls-aap).