16:36:24 DBFMRadio.id : Kalianda - Menyambut Ramadhan persiapan dilakukan untuk lebih mengoptimalkan ibadah, oleh karena itu, setiap instansi dilingkup pemerintahan perlu mengoptimalkan dalam menyambut ramadhan di tahun ini, termasuk Polres Lampung Selatan.


Hal itu terungkap, dalam Dialog Interaktif bersama Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, S.H., S.IK., M.Si dengan tema Persiapan Jelang Ramadhan bersama Kapolres Lampung Selatan, dipandu host Chairunisa yang disiarkan langsung dari Ruang Kerja Kapolres Lampung Selatan, Jum'at (01/04/2022).



Pada kesempatan itu, AKBP Edwin mengatakan, Polres Lampung Selatan dalam menjelang ramadhan sudah menyiapkan beberapa hal dalam berkomunikasi dan berkoordinasi dengan lintas sektoral.


"Baik dari pemerintah daerah, Kodim 0421/LS dan berkoordinasi dengan tingkat Polda. Karena Lampung Selatan merupakan wilayah kabupaten yang sangat menarik yang menjadi pintu gerbang pulau Jawa dan sumatera", kata Edwin


AKBP Edwin beserta jajaran juga mempunyai langkah-langkah yang akan dilakukan selama bulan Ramadhan salah satunya menyelenggarakan vaksinasi dibeberapa masjid setelah melaksanakan Shalat tarawih yang sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Lampung Selatan.


"Dari vaksin itu sendiri kita juga buka gerai vaksin di bandar udara Radin Intan dan di Pelabuhan Bakauheni. Hal tersebut, untuk mempercepat Herd Immunity di Lampung Selatan, karena vaksinasi di Lampung Selatan sendiri baru mencapai 89,23% dosis 1, 71% dosis 2 dan 4,6% dosis 3. Masih jauh 100%", kata Kapolres.


Edwin berharap kepada masyarakat Lampung Selatan untuk segera vaksin dan datangi gerai-gerai vaksinasi yang telah disediakan oleh Polri, Kodim, Dinas Kesehatan, rumah sakit dan puskesmas untuk mencapai Lampung Selatan Herd Immunity.


Edwin juga mengungkapkan, berdasarkan instruksi dari pusat polres Lampung Selatan juga melakukan keamanan di daerah rawan menjelang bulan ramadhan yang dimana anggota polri disebar dan melaksanakan shalat tarawih di masing-masing masjid bersama masyarakat sekitar.


"Untuk itu, masyarakat Lampung Selatan yang membawa kendaraan saat shalat tarawih dihimbau untuk menjaga kendaraannya, terlepas anggota polri juga melakukan pengamanan", jelas Edwin


Disamping itu, mengenai bahan pokok dan kelangkaan minyak goreng, polres Lampung Selatan telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah melakukan pendataan di Bakauheni terkait dengan minyak goreng yang keluar dari Provinsi Lampung.


"Dari instruksi kementerian ada 30% produksi minyak goreng yang ada di Lampung harus di tinggalkan untuk kebutuhan Provinsi Lampung. Kemudian diperkecil lagi untuk Kabupaten Lampung Selatan. Jadi masyarakat Lampung Selatan Jangan takut akan kehabisan bahan pokok menjelang bulan Ramadhan", sambung  Edwin.


Diakhir perbincangan, AKBP Edwin menghimbau kepada masyarakat Lampung Selatan yang akan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 untuk tetap menjaga kesehatan, cek keamanan kendaraan dan vaksin minimal dosis 2. Selain itu, bagi para remaja Lampung Selatan untuk tidak melakukan balap liar ataupun tindakan yang merugikan orang lain dan tidak bermain petasan serta menjaga protokol kesehatan.(db-bngpsp-aap).