11:49:36 DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menjadi pembina upacara Hari Santri Nasional (HSN)  Tahun 2022 yang mengangkat tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan", di Lapangan Korpri Pemkab Lampung Selatan. Sabtu pagi (22/10/2022).


Upacara HSN  diikuti oleh jajaran Forkopimda Lampung Selatan, seluruh Aparatur Sipil Negara, dan ratusan santri dari berbagai Pondok Pesantren di Lampung Selatan.


Rangkaian upacara peringatan hari santri 2022 tersebut diawali dengan pengibaran bendera merah putih, tampak seluruh peserta pria mengenakan sarung dan peci seperti imbauan Kementerian Agama RI melalui Surat Edaran No. 27 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2022.



Membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengungkapkan maksud dari tema Hari Santri 2022 "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan" adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.


"Dulu, ketika Indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan laga, berperang melawan penjajah menggunakan senjata bambu runcing yang terlebih dahulu didoakan Kiai Subchi Parakan Temanggung, mereka tidak gentar melawan musuh", ungkapnya.


Bupati Lampung Selatan juga mengatakan Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.


Ia juga mengajak semua masyarakat, apapun latar belakangnya untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.


"Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta’ala". tuturnya.


Sehari sbelumnya, momentum peringatan HSN Tahun 2022 dimeriahkan dengan pawai kendaraan hias, Iring iringan Kendaraan hias kembang telur Roda dua dan Empat, para santri dan pemuka agama setempat serta pembagian bingkisan dan kembang telur kepada masyarakat di sekitar perlintasan jalan kota Kalianda.(db-swld-aap).