DBFMRadio.id, KALIANDA - Dalam upaya mengurangi angka kecelakaan di jalan raya dan menekan angka pelanggaran lalu lintas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lampung Selatan menggelar Operasi Patuh Krakatau 2024, mulai dari tanggal 15 hingga 28 Juli 2024 mendatang.


Kasatlantas Polres Lampung Selatan AKP R. Manggala Agung SM, SIK, MH CPHR mengatakan, Operasi Patuh Krakatau adalah operasi terpusat yang diselenggarakan secara nasional yang dilakukan oleh jajaran polri, dalam hal ini Satuan Lalu Lintas untuk mentertibkan pengguna lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan.


"Ini adalah aksi simpatik Satlantas Polres Lamsel, tujuannya untuk mentertibkan pengguna kendaraan dan menurunkan angka kecelakaan" terang AKP R. Manggala Agung SM, SIK, MH CPHR. Kamis (18/7/2024).


Kegiatan Operasi Patuh itu sendiri lanjutnya, berfokus pada tindakan edukatif, persuasif dan humanis untuk mentertibkan masyarakat agar lebih taat lalu lintas. Operasi Patuh Krakatau 2024 ini juga menyasar 7 pelanggaran lalu lintas.


AKP R. Manggala Agung menjelaskan, secara umum Ada 7 sasaran yaitu kendaraan yang menggunakan knalpot brong, kendaraan yang tidak sesuai pabrikan (merubah spekter), kendaraan yang menggunakan plat tidak sesuai spekter, kendaraan pribadi yang menggunakan sirine/strobo, pengendara yang masih dibawah umur, pengendara yang tidak menggunakan helm, pengendara yang melawan arus serta pengendaran yang menggunakan ponsel saat mengemudi.


"Melalui Operasi patuh krakatau 2024 ini, diharapkan kepada seluruh orang tua, marilah tanamkan budaya tertib lalu lintas sejak dini. Peran orang tua sangatlah penting karena bisa membimbing putra/putrinya untuk tertib dan taat berlalu lintas. Dengan budaya tertib berlalu lintas tersebut, mudah-mudahan keselamatan pengendara akan terjaga,” Himbau AKP R. Manggala Agung. (swd-dwa)