15:49:44 DBFMRadio.id : Kalianda - Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba di Kabupaten Lampung Selatan yang menjadi lokasi ke-6 dari 9 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, Lampung & Banten  yang mendapat kunjungan dari lembaga anti rasuah ini.


Roadshow Bus KPK  akan diadakan selama 2 hari tanggal 27-28 September , roadshow ini akan melakukan sejumlah kegiatan untuk pencegahan dan edukasi kepada masyarakat Lampung Selatan.


Kegiatan diawali dengan penyambutan  Roadshow  Bus KPK di aula rajabasa pemkab lampung selatan oleh bupati lampung selatan H. Nanang Ermanto.


Dalam sambutannya Nanang menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kabupaten lampung selatan.



Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto  juga sangat menyambut baik Roadshow Bus KPK yang menyinggahi Lampung Selatan, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang pencegahan dan pemberatasan korupsi sekaligus membangun budaya anti korupsi.


"saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini, saya berharap dengan singgahnya Bus KPK, kita bisa diedukasi tentang pencegahan dan pemberatasan korupsi sekaligus membangun budaya anti korupsi". Ujar Nanang Ermanto pada penyambutan  Roadshow Bus KPK "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi" di Kab.Lampung Selatan, Selasa (27/9/2022), di Aula Rajabasa Setdakab Lampung Selatan.



Pada bagian lain sambutannya, Nanang juga optimis seluruh rangkaian Roadshow Bus KPK jelajah negri bangun anti korupsi akan memberikan manfaat untuk menumbuhkan dan mencegah integritas kita untuk melakukan pencegahan korupsi.


"Kami berkomitmen untuk ikut serta menjadi bagian dari KPK dalam membangun budaya anti korupsi khususnya di kabupaten lampung selatan' tegas Nanang.


Nanang Ermanto juga  yakin KPK sangat membutuhkan dukungan dan  partisipasi dan peran serta masyarakat  dalam memerangi korupsi, selain itu kehadiran bus KPK  harus menjadi media efektif bagi publik sehingga partisipasi masyrakat betul-betul berperan penting bagi keberhasilan  KPK dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi serta berkampanye nilai-nilai anti korupsi.


Implementasikan Nilai-Nilai Anti Korupsi.


Diforum yang sama, Kepala Sekretariat Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK-  Guntur Kusmeiyano menjelaskan, program Jelajah Negeri, Bangun Anti Korupsi adalah roadshow bus KPK di tahun 2022. Yang mana, pada tahun ini terdapat 9 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, Lampung sampai Banten yang mendapat kunjungan.



“Tujuannya adalah mengimplementasikan nilai-nilai anti korupsi, jujur, mandiri, disiplin, sederhana, berani, adil, kerja keras dan tanggungjawab. Dimana, segmentasinya adalah dari PAUD hingga orang tua, jadi semua elemen kita sosialisasi dalam 2 hari ini dan Kabupaten Lampung Selatan adalah lokus ke-6”.


Guntur menjelaskan, pelaksanaan sosialisasi anti korupsi ini, menjadi salah satu program yang sangat efektif. Karena, dalam aksi tersebut dilakukan sejumlah kegiatan yang berujung pada pencegahan dan edukasi kepada masyarakat.


“Saya rasa efektif, karena sosialisasi ini ada 2 yaitu serangan udara dan darat. Serangan udara itu seperti di media sosial, instagram, tiktok, facebook. Nah ini serangan darat, serangan darat ini adalah yang langsung offline, bertemu dengan masyarakat,” jelas dia.


Dengan adanya Jelajah Negeri, Bangun Anti Korupsi ini kita bisa mengimplementasikan kegiatan-kegiatan roadshow ini, bagaimana kita seluruh jajaran mempunyai komitmen, kita benar-benar anti korupsi.


"Pemerintah Daerah yang kita singgahi mengapresiasi kegiatan roadshow ini untuk kegiatan-kegiatan kedepan yang lebih baik lagi”.tutupnya.(db-dcm-sap).