16:51:47 DBFMRadio.id : Kalianda -  Program Berita Ruang Dialog DBFM Radio,  kali ini menghadirkan  narasumber Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Lampung Selatan,  Budiman dengan topik Kembangkan Potensi Tingkatkan Percaya Diri Menuju Hari Santri Nasional, di Studio DBFM Radio, Selasa (21/09/2021).


Dialog yang Dipandu Host Melinda Holilah ini antara lain mengulas tentang kepercayaan diri, yang menurut  Budiman adalah modal yang sangat penting untuk dimiliki setiap pribadi.


Kepercayaan diri juga merupakan cara pandang seseorang terhadap dirinya sendiri, apa yang orang itu lihat, pikirkan dan percayai terhadap dirinya sendiri.


"Yang pertama yang harus kita lakukan adalah  kenali diri kita sendiri, agar  kita bisa  percaya diri.  Kemudian kita bangun pola pikir positif, karena  kalau selalu berpikiran negatif akan membuat diri kita jatuh, dan tidak bisa berbuat banyak." terang Budiman.


Disisi lain, lanjut Budiman,  kita harus berhenti membandingkan diri kita dengan yang lain, karena manusia diciptakan berbeda satu sama lain, dan perbedaan itu  untuk saling melengkapi.


Sesuai dengan tema, Hari Santri Nasional, 22 Oktober  2021,  Santri Siaga Jiwa Raga.  Ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air.


Menyambut Hari Santri Nasional, IPNU Lampung Selatan sudah menyiapkan berbagai agenda diantaranya adalah festival santri, namun mengingat masih pada masa pandemi covid 19, tetap dilaksanakan namun dibuat sesederhana mungkin secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


"Insya Allah kita mengadakan festival hari santri secara  virtual dengan berbagai Lomba baik yang sifatnya keagamaan atau umum,  karena kita lihat  potensi para santri, seperti berceramah dan lomba fotografi" tetang Budiman.



Pengkaderan  Nahdatul Ulama


Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU), lanjut Budiman,  didirikan pada tanggal 24 Februari 1954 di Semarang dibawah naungan Nahdatul Ulama (NU) organisasi terbesar di Indonesia.


"Organisasi ini juga sebagai salah satu organisasi pengkaderan di NU nya sendiri dengan batasan usia 13-27 Tahun yang mencakup Siswa, Mahasiswa, Santri serta semua golongan selagi usianya masih bisa untuk bergabung. IPNU tidak bergerak dibidang politik melainkan dibidang sosial, kemasyarakatan serta bidang pendidikan", terangnya.


Pimpinan cabang mempunyai program untuk melakukan pendataan karena tidak hanya DPC tetapi ada PAC dikecamatan-Kecamatan dan ranting di desa-desa serta di komisaris, maka sedang melakukan pendataan yang sudah terkumpul lebih dari 600 kader Lampung Selatan.


IPNU mempunyai Visi Terbentuknya Pelajar Bangsa yang Bertaqwa Kepada Allah Swt, Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Kebahasaan serta Bertanggung Jawab atas Tegak dan Terlaksananya syariat Islam dan berdasarkan Pancasila UUD. Kemudian, Misinya Menghimpun dan Membina Pelajar NU Dalam Wadah Organisasi.


"Selama pandemi covid-19 IPNU melakukan kegiatan melalui Virtual ditingkat Nasional mengadakan webinar bersama anggota DPD RI dengan kuota yang terbatas diikuti oleh seluruh Indonesia" tutup Budiman.(db-bngpsp-aap).