15:49:05 DBFMRadio.id : Kalianda - Musyawarah Wilayah (MUSWIL) Koordinator Wilayah (Korwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Lampung, sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi, sehingga memagang peran  sangat penting bagi terlaksananya peran dan fungsi APKASI.


"Dengan kata lain, Korwil sebagai ujung tombak, memegang peranan penting APKASI dalam memfasilitasi dan memperjuangkan berbagai kepentingan anggotanya." Kata
Bendahara Umum APKASI Pusat Ratu Tatu Chasanah,pada pembukaan Muswil IVnApkasi Lampung di Grand Elty Krakatoa Beach Kalianda, Selasa (12/10/2021).


Oleh karena itu, lanjut Bupati Serang ini, Apkasi Pusat mengapresiasi langkah proaktif Koordinator Apkasi Lampung, Bupati Nanang Ermanto, untuk menggelar Muswil IV Lampung.


Ratu Tatu Chasanah juga berharap, Muswil IV Lampung dapat memilih korwil Lampung 2021-2026.


"Atas nama pengurus pusat Apkasi, saya berharap mudah mudahan, Muswil ini dapat memilih Korwil yang baru dan akan dapat pula menginventarisir berbagai issue, sekaligus solusi yang ditawarkan terkait pelaksanaan pemerintahan, secara umum ditingkat Kabupaten yang perlu diperjuangkan ditingkat pusat" rincinya.


Picu Keberlangsungan Kerjasama Daerah


Ditempat yang sama mewakili Gubernur Lampung, Staf Ahli Bidang Ekubang Syaiful Dermawan, mengatakan, dalam harmonisasi dan kebersamaan yang senantiasa terjaga,  kita juga harus tetap berperan untuk menjadi pelopor dalam pencegahan dan pengendalian berkembangnya pandemi covid 19, di Provinsi Lampung.



Angka kesembuhan penderita covid 19, lanjut Syaiful Dermawan, membacakan sambutan Gubernur Arinal Junaidi,  cukup tinggi, angka penderita baru dan atau suspect yang cenderung menurun, bukan alasan untuk mengendurkan upaya antisipatif, bahkan kemungkinan berkembangnya wabah penyakit yang berdampak massa lainnya, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).


"Membiasakan masyarakat untuk mengikuti dan mengindahkan pola adaptasi kebiasaan Baru, sebagai mana disebutkan Perda 3/2020, harus diimbangi dengan konsistensi pemerintah daerah dalam percepatan  pemenuhan Pelayanan  publik, menjaga ketersediaan kebutuhan pokok strategis Masyarakat, membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dari sektor UMKM" terang Gubernur.


Kerjasama antar daerah yang satu dengan yang lainnya, baik antar kabupaten dan atau antar Kabupaten dengan Kota dan Kabupaten - Kota dengan provinsi, lanjut Gubernur, dalam penyelenggaraan pemerintahan yang dipandang lebih efektif untuk dilakukan secara bersama sama, perlu untuk ditingkatkan kembali melalui momentum dan korelasi Program kerja  Daerah yang diprakarsai oleh Apkasi.


"Pengembangan  kegiatan Apkasi kedepannya juga diharapkan mampu menjadi pemicu bagi keberlangsungan kerjasama daerah dengan pihak ketiga, baik dalam penyediaan pengelolaan asset, investasi, penyediaan infrastruktur, hingga Pengadaan Barang dan jasa." Harap Gubernur dalam sambutan tertulisnya.



Muswil IV Apkasi, yang dihadiri 13 Anggota seperti Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Bupati Lampung Timur H. M. Dawam Rahardjo, Bupati Pringsewu H. Sujadi, Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, Bupati Lampung Tengah H. Musa Ahmad, Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif serta para anggota APKASI Korwil Lampung ini,  akhirnya memutuskan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad  sebagai ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)  Korwil Lampung masa jabatan 2021-2026.(db-bngpsp-aap).