20:18:36 DBFMRadio.id : Kalianda - Radio Dimensi Baru FM (DBFM)menggelar Turnamen Catur Pelajar Tingkat SD-SMP se-Kabupaten Lampung Selatan, di aula Rimau BAPPEDA Lampung Selatan, Senin (28/03/2022).


Ketua Pelaksana Raflan Siahaan melaporkan,  turnamen Catur Tingkat Pelajar SD dan SMP Se-Kabupaten Lampung Selatan diikuti 76 pecatur, tingkat pelajar SD sebanyak 31 pecatur  dan  SMP  45 pecatur, berlangsung selama satu hari terdiri 6 babak dengan menggunakan sistem swiss.


"Tujuan kami mengadakan turnamen ini untuk mengembang kemampuan, minat para pelajar belajar pada bidang catur khususnya di Kabupaten Lampung Selatan dan juga menumbuhlan sportivitas kompetisi sejak dini", terang Raflan.


Selain itu, Raflan mengatakan, Peran serta radio DBFM dalam kegiatan turnamen sebagai media menyebarluaskan informasi di Kabupaten Lampung Selatan sekaligus sebagai momentum memperkenalkan Radio DBFM lebih luas lagi kepada masyarakat.


Sementara, Direktur Utama Radio DBFM Rudi Suhaimi mengatakan radio tidak hanya berada diruang siaran. Melainkan, radio bisa mengadakan macam-macam kegiatan diluar konteks radio.



"Dengan kegiatan perlombaan catur ini, kedepannya radio DBFM bisa melaksanakan pembinaan catur dan bisa memperkenalkan radio DBFM dengan kegiatan lainnya yang ada di kabupaten Lampung Selatan. Diaman, Radio juga pernah mendapatkan prestasi Nasional", kata Rudi


Selain itu, radio juga sebagai salah satu sarana ujung tombak dari pemerintah daerah kabupaten Lampung Selatan dalam hal media untuk menangkal dalam segala bentuk hoax atau berita-berita bohong lainnya.


"Mudah-mudahan radio kedepannya lebih di suport. Karena radio adalah bampernya untuk menyebarkan informasi yang akurat dan mediasi untuk menyampaikan sarana-sarana pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan.


Rudi Suhaimi juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding kepada para peserta lomba catur. Menurutnya, perlombaan bukan persoalan menang atau kalah melainkan filosofi dari pertandingan catur itu sendiri yang bisa diserap.


Jadikan Turnamen Tahunan


Kemudian, Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang dan Kemasyarakatan Yespi Cory mngucapkan terima kasih kepada Direktur Radio DBFM beserta jajaran yang telah menginisiasi turnamen  catur tersebut.


"Dengan adanya turnamen catur ini dapat menciptakan generasi muda yang berprestasi dalam bidang olahraga catur baik di tingkat provinsi atau nasional", katanya


Dalam kesempatan itu, Yespi Cory juga meminta kepada semua pihak terkait, untuk menjadikan kegiatan ini sebagai turnamen tahunan yang lebih ditingkatkan lagi baik dari sarana dan prasarana maupun keikutsertaan peserta lomba.


"Agar kita lebih banyak dapat menjaring atlit catur berbakat di Lampung selatan dalam rangka mempersiapkan pada kompetisi yang lebih tinggi lagi yaitu tingkat Provinsi dan Nasional", pungkas Yespi.


 



Berikut nama pemenang Turnamen Catur, Juara 1 Jonifar Setepi (SMPN 1 Katibung), Juara 2 G. Puspo Valenrico (SMPN 1 Kalianda), Juara 3 Akbar Muhammad Rizal (SMPN 3 Kalianda), Juara Harapan 1 Velin Trienjel Putri (SMPN 1 Katibung), Juara Harapan 2 Muhammad Salsabil (SMPN 1 Kalianda), Juara Harapan 3 Nabila Afrilia (SMPN 1 Kalianda).


Berikutnya, Ufaria (Juara Favorit Putri), Al-kholifi (Juara Favorit Putra), Novri Aditia (Juara Paling Serius), Satria (Juara Paling Sportif).(db-bngpsp-aap).