DBFMRADIO.ID (Bakauheni) : Kesiap Siagaan PT. ASDP Indonesia Fery Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dalam menangkal penyabaran Corona Virus Disiese 19 (COVID 19), sangat strategis, karena disamping sebagai pintu gerbang Sumatra, Covid 19 sudah ditetapkan sebagai kategori bencana Nasional, untuk itu tentunya diperlukan kerja sama dari semua pihak, baik pemerintah TNI/ POLRI maupun masyarakat dan yang dikhususkan  adalah peran serta aktif masyarakat.


Oleh karena itu untuk memutus mata rantai penularan virus ini, Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) penanganan COVID-19 Lampung Selatan Komandan Distrik Militer (Kodim) 0421/Lampung Selatan, Letkol Kav Robinson Octavianus Bassie, mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik artinya tidak melakukan hal hal yang di luar kebiasaan memborong bahan baku makanan, dan tetap menjaga kesehatan, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun.


"Masyarakat tidak perlu panik, jangan panic buying, memborong bahan makan karena itu akan mengganggu ketersediaan pasar kemudian memperhatikan kesehatan diri masing masing dengan rajin mencuci tangan jaga pola hidup sehat perbanyak makanan bernutrisi yang mengandung vitamin C dan jangan lupa berjemur di pagi hari mendapatkan sinar matahari pagi" himbau Dandim Robinson OB, disela pantauan Forkopimda Lampung Selatan atas kesiapan PT.ASDP dalam menghadapi Siaga penyebaran COVID 19, di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Selasa (24/3/2020).


Disamping itu, lanjut Letkol Kaveleri Ribinson, yang paling penting hindari keramaian dan jaga jarak interaksi sosial antar masyarakat hindari kunjungan ke ataupun negara yang terinfeksi kemudian apabila sakit gunakan masker kemudian jaga kebersihan rumah dan kantor dengan rutin.


"Juga tidak kalah penting, terus Dandim, melaksanakan penyemprotan desinfektan serta apabila ada gejala gejala yang mirip dengan serangan virus corona ini, segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit" katanya.


Ditempat yang sama, Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, didampingi Kapolres Lampung Selatan AKBP Edie Purnomo, Kajari Kalianda Hutamrin, Ketua Pengadila Negri Kalianda Handry Argatama Ellion, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan  (KKP) Bakauheni Sutoyo dan General Manager PT.ASDP Indonesia Fery -Capten Solihin, menilai, Kesiagaan Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni belum maksimal, ada kekurangan, karena Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) belum menyiapkan ruang isolasi untuk penumpang yang terindikasi terkena virus Corona, bahkan calon penumpang tidak diperiksa suhu tubuhnya dan tidak diberi masker, oleh karenanya, Nanang Meminta kepedulian PT. ASDP untuk segera menyiapkan ruang isolasi.


"bahkan calon penumpang dan penumpang yang dari dan ke Pulau Sumatra Jawa, tidak diperiksa suhu tubuhnya dan tidak diberi masker" tegas Nanang Ermanto.(db/ptm).