16:26:08 DBFMRadio.id : Kalianda - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan Drs. M. Darmawan, MM, menjadi narasumber pada Ruang Dialog yang dipandu host Chairunisa dengan topik "Rencana Pengendalian Arus Lalu Lintas di Kabupaten Lampung Selatan", di Dinas Perhubungan Lampung Selatan, Selasa (19/07/2022).


Pada kesempatan itu, Darmawan mengatakan, pengalihan arus lalu lintas tersebut bukan semata-mata karena ingin mengalihkan kepadatan saja, tetapi ada yang lebih mendalam lagi. Dan ini salah satu cara yang bisa dilakukan dengan cara merekayasa lalu lintas.



"Bahwa kita ini ingin memperkenalkan potensi-potensi yang ada di kota Kalianda ini, karena potensinya sangat banyak dan besar sekali. Disini ada pantai, kuliner dan tempat-tempat eksotik yang perlu kita perkenalkan kepada orang-orang luar daerah", kata Darmawan


Lanjut Darmawan, dari hasil uji coba bulan lalu, banyak beberapa yang diperbaiki seperti rambu-rambu lalu lintas yang kurang permanen, jalan yang harus bagus agar tidak membahayakan pengendara dan personil yang harus ditambah. Dan sekarang ini semua sudah di perbaiki.


Selain itu, Dinas Perhubungan Lampung Selatan mempunyai hambatan tersendiri dalam rekayasa lalu lintas ini seperti memilah kendaraan. Karena tidak semua kendaraan dialihkan, hanya mobil pribadi dan roda dua.


Darmawan juga mengatakan, Dinas Perhubungan sudah bersinergi dengan instansi terkait mengenai jalan dan sebelumnya sudah mengadakan gladi rekayasa lalu lintas untuk memastikan kenyamanan para pengendara.


"Dan ini masih nyaman dan aman untuk keselamatan. Memang ada beberapa titik yang mungkin perlu perbaikan, tetapi perbaikan ini sambil berjalan saja", katanya


Lebih lanjut, Darmawan mengatakan, bahwa rekayasa lalu lintas tersebut akan lebih bermakna dan bermanfaat, kalau instansi/OPD terkait juga memanfaatkan rekayasa ini menjadi sesuatu potensi yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bidang instansi/OPD terkait di Lampung Selatan.


Lanjut Darmawan menjelaskan rute pengalihan, kendaraan roda 2 dan 4 dari Arah Bakauheni-Bandar Lampung tersebut akan diarahkan untuk masuk ke Kota Kalianda, melalui simpang Fajar lurus menuju simpang Kejaksaan. Kemudian, pengendara akan diarahkan kembali menuju simpang Hotel Kalianda lalu keluar melalui simpang Simpur Kodim.


Sementara, kendaraan roda 2 dan 4 dari arah Bandar Lampung-Bakauheni akan dilakukan mulai dari simpang jalan Gor Way Handak, melewati Destinasi Agro Wisata Lampung Selatan dan keluar di simpang Polsek Kalianda.


"Kemudian untuk menghindari kemacetan, kita sudah ada beberapa alternatif rekayasa yang akan kita lakukan. Karena di titik-titik tertentu sudah ditempatkan personil-personil dan akan ada pemberitahuan", ujarnya


Diakhir perbincangan, Darmawan mengatakan, tujuan rekayasa lalu lintas tersebut untuk mempromosikan potensi-potensi yang ada di kota kalianda.


"Jadi untuk kita semua dan harapannya kedepan, ini akan menumbuhkan ekonomi masyarakat Lampung Selatan khususnya kota Kalianda. Sehingga kami mohon kepada masyarakat Kalianda untuk mendukung program ini dan mensosialisasikan", tutupnya.(db-bngpsp-aap).