DBFMRadio.id : Sidomulyo - Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin menghadiri Penyerahan Kunci Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Oleh Danrem/043 Gatam Brigjen TNI Ruslan Efendi S.I.P kepada warga Desa Bandar Dalam Kec. Sidomulyo. Kamis, (29/12/2022).


Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) merupakan salah satu program TNI AD melalui Kodim 0421 Lampung Selatan yang diberikan kepada Ibu Bunex berusia 70 tahun yang merupakan warga Desa Bandar Dalam Kec. Sidomulyo Lampung Selatan.


Menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Sekda Thamrin mengucapkan terima kasih kepada Jajaran TNI angkatan Darat khususnya Korem 043/Gatam dan Kodim 0421 Lampung Selatan yang telah menginisiasi terselenggaranya Program Babinsa Masuk Dapur pada hari ini.


Program ini sangat selaras dengan Program Pemerintah Daerah dalam upaya percepatan pembangunan di pedesaan, baik dari aspek pembangunan fisik rehabilitas sarana prasarana, maupun aspek pembangunan non fisik.


"Selain Program Babinsa Masuk Dapur banyak sekali Program dan Kegiatan yang telah dilakukan TNI bagi masyarakat, seperti Donor Darah, Santunan Kepada Keluarga stunting, Sunat Gratis bagi anak yatim, karya Bakti, Pembersihan tempat ibadah, pembersihan sungai dan lainnya. Tentunya ini patut diapresiasi dan sebagai bukti kedekatan TNI kepada masyarakat", ujar Thamrin.


Sementara Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin S.I.P.M.Si melaporkan, kegiatan bedah rumah tidak layak huni ini didasari oleh 8 wajib TNI poin ke 8 diantaranya, senantiasa menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha dalam mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.


Kemudian diperkuat dengan perintah harian KASAD yang menyatakan TNI AD harus hadir ditengah kesulitan rakyat dan harus dapat menjadi solusi serta diperkuat lagi dengan Surat Tugas dari Danrem untuk melaksanakan program bedah rumah.


"Kami laporkan kepada Bapak Danrem, tahap pelaksanaan dari tanggal 16 November sampai tanggal 31 Desember dapat kami selesaikan sehingga kedepannya dapat mengevaluasi agar kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi", ujar Dandim 0421/LS.


Dukung Program Pemda dan Pusat 


Dalam pada itu, Danrem/043 Gatam Brigjen TNI Ruslan Efendi S.I.P menerangkan, program ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah pusat dan pemerintah daerah.


Dirinya berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi pemacu agar lebih peduli terhadap sesama saudara-saudara yang membutuhkan.


"Kami harapkan hal ini (Bedah Rumah Tidak Layak Huni :red), dapat memicu kepedulian masyarakat yang membutuhkan" ucap Danrem.


Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin S.I.K, Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan Agus Suhartono, Kapolsek Sidomulyo AKP Ilham, Camat Sidomulyo, Ketua Persit KCK Cabang XXXIII Dim 0421, Ny. Dini Fajar Akhirudin dan warga Desa Bandar Dalam Kec. Sidomulyo Lampung Selatan.(db-swld-aap).