(DBFMRadio.id) : Kalianda - Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan menggelar Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), terkait percepatan penanganan Corona Virus Disease (COVID)-19 di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.


Kegiatan yang digelar di Gedung Olah Raga Way handak (GWH) ini, dipimpin oleh Kepala Polres Lampung Selatan, AKBP Edi Purnomo, dan dihadiri oleh Gendral Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Captain Solikin, Seluruh Jajaran Kapolsek Lampung Selatan, dan beberapa Kepala OPD terkait.


AKBP Edi Purnomo, mengatakan TFG Sispamkota ini merupakan bentuk kesiagaan terhadap penyebaran COVID-19, yang dalam pelaksanaannya memerlukan kesamaan persepsi cara bertindak anggota dilapangan.


"Sekarang kita menghadapi suatu virus dengan keadaan yang memaksa kita untuk melakukan sispamkota, karena sata yakin pasti semua wilayah mempunyai pasar, dan setiap wilayah mempunyai penduduk yang terdampak karena virus corona ini," jelas Edi Purnomo.


TFG Sispamkota ini ditujukan agar para personel dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta satuan-satuan baik ditingkat polres maupun polsek.


Dalam TFG Sispamkota tersebut, lanjut AKBP. Edi Purnomo, akan dibagi menjadi tiga situasi, yang dalam pelaksanaannya tetap memerlukan koordinasi baik dalam tindakan ataupun bantuan untuk masyarakat setempat.


Ketiga situasi tersebut yakni, situasi hijau, situasi kuning, dan situasi merah.


"Rayonisasi kita seperti apa dalam menghadapi COVID-19 ini, kita butuh berapa bantuan, dan siapa saja yang bisa menolong kita, kecepatan dan respon serta call center tentunya kita memerlukan koordinasi," terangnya.


"Untuk menjalankan hal tersebut kita lakukan simulasi, nanti para kapolsek akan lakukan simulasi dan tindakan apa yang akan diambil jika menghadapi situasi yang memburuk," terangnya lebih jauh.


AKBP. Edi Purnomo berharap, dalam TFG Sispamkota ini semua jajaran dapat saling memberikan masukan sehingga kedepannya jika terdapat situasi yang memburuk dapat kita atasi secara maksimal. (db/ptm).