19:37:50 DBFMRadio.id : Kalianda Kasubsi penerangan masyarakat (Penmas) Polres Lampung Selatan Inspektur Satu (Iptu) Abkoriyah, S.H menjadi narasumber pada Ruang Dialog di DBFM Radio, dipandu host Chairunisa Yahman, Kamis (13/10/2022).


Dalam Dialog "Kewaspadaan Kejahatan Diwilayah Hukum Polres Lampung Selatan", IPTU Kori menyampaikan himbauannya untuk masyarakat umum maupun pelajar khususnya Lampung Selatan terkait maraknya pencurian motor.


Kasus yang sering terjadi pada curanmor  karena kesalahan korban yang lengah dan teledor


"Biasanya ibu-ibu di pasar karena menghindari parkir, ranmornya masih dalam posisi hidup, dan dimanfaatkan pencuri motor. Saya ingatkan untuk pemotor, jangan dibiasakan biasakan memarkir  di tempat yang sama,  karena bisa jadi target curanmor" kata  Iptu Kori.


Iptu  Kori juga menyampaikan daerah Kalianda merupakan daerah yang rawan pencurian motor di Lampung Selatan.


"Daerah yang rawan pencurian motor di Lampung Selatan di Kalianda, pencurian dengan pemberatan (Curat : red) atau yang disebut begal. Namun ada pencurian biasa, biasanya terjadi malam hari, menyasar rumah warga." terangnya.


Untuk itulah, Iptu Kori  menghimbau bagi  masyarakat yang menjadi korban  curanmor atau Curat,  jangan ragu untuk langsung melapor ke Polres dan akan ditindaklanjuti.


Menjawab pertanyaan followers  Facebook pemda LPPL lamsel, akun Dani menanyakan terkait kekerasan anak dan KDRT apakah ada binaan atau bimbingan dari Polres terkait trauma yang dialami korban.


"Bimbingan  korban sendiri kalau dulu saya biasanya langsung menghadap Bupati, tapi kalau sekarang langsung ke Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).  Sejak tahun 2003, Polres dan PPPA  menjalin kerjasama untuk pembinaan korban,  gratis jadi untuk masyarakat jangan ragu untuk melaporkan kasus kasus terkait anak anak dan perempuan kepolres." Himbau Iptu Kori.(db-dcm-aap).