20:18:02 DBFMRadio.id.: Kalianda - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan membentuk Petani Milenial yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Perhubungan.


Terkait hal tersebut Bupati Lampung Selatan memberikan arahan Rencana Inovasi Petani Milenial Kabupaten Lampung Selatan Sekaligus Penyerahan Surat Keputusan Tenaga Harian Lepas Sukarela (SK THLS) secara simbolis, yang diselenggarakan di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Setempat, Senin (21/02/2022).


Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, pembentukan Petani Milenial merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam menjamin ketahanan pangan. Dimasa  pandemi covid 19, dapat menggambat pertumbuhan ekonomi,   namun hal itu  dapat diatasi dengan penguatan petani milenial.


"Menjamin Ketahanan pangan diperlukan kerjasama bukan hanya Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, tapi bagaimana kita mengurus semua ini dengan bekerja sama semua OPD terkait.", ungkap Nanang.



Nanang Ermanto juga mengatakan, Kabupaten Lampung Selatan memiliki lahan kosong yang cukup luas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pertanian. Hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian daerah.


"Kita punya lokasi lahan yang begitu luas, potensi kita, kita berinovasi untuk menciptakan ketahanan pangan. Nah inilah inovasi Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan membentuk pertanian milenial, demi kemandirian ekonomi dan kemandirian dalam ketahanan pangan serta peningkatan PAD Kabupaten Lampung Selatan", jelas Nanang


Lebih lanjut Nanang menambahkan, di era modern saat ini sangat sulit untuk menemukan petani muda yang memiliki kemampuan di bidang pertanian. Hal tersebut dapat meningkatkan sektor perekonomian daerah


"Negara kita ini adalah negara agraris, daerah pertanian, tapi sekarang sangat sulit mencari petani-petani. Yang dulu orangtuanya petani di didik anaknya agar menjadi petani profesional. Kita sudah menghilangkan warisan dari nenek moyang kita", katanya


Oleh karena itu, Nanang berharap, seluruh Jajaran Pemerintahan dan stakeholder terkait dapat terus bersama-sama berinovasi agar perekonomian daerah tidak tergoncang akibat situasi pandemi Covid-19.


"Kita terus berinovasi, terus berkarya untuk membangun Kabupaten Lampung Selatan yang kita cita-citakan. Saya membutuhkan kesatuan dan persatuan. Kita tidak bisa terus-menerus ketergantungan dengan bantuan dari dana pusat", ujarnya.(db-bngpsp-aap).