14:26:05 DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan  H. Nanang Ermanto  menjadi inspektur upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-77 di Lapangan Korpri, Pemda Lampung Selatan, Kamis (10/11/2022).


Sedangkan, Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Selatan Dwi Astuti Beniyati pesan-pesan pahlawan.


Nampak dibangku undangan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Selatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, beserta para Asisten, Staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah,


Semoga dilapangan, peserta upacara terdiri  Personel Kodim 0421/LS, personel Polres Lampung Selatan, Satpol PP, Damkar, Dishub, Korpri, THLS, Mahasiswa/i, Pelajar SLTA, SMP dan SD.


Membacakan amanat Menteri Sosial Tri Rismaharini, Nanang Ermanto menyampaikan memperingati  hari pahlawan yang kita peringati setiap tahun, untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka, hanya  berbekal bambu runcing para pahlawan dengan semangat menghadapi musuh  untuk meraih kemerdekaan.



"Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu merdeka atau mati." kata Mensos seperti diungkapkan Bupati.


Mensos Tri Rismaharini juga mengatakan, hari inipun kita dalam perjuangan besar, menghadapi gangguan dan tantangan yang nyata dihadapan kita. Pemanasan global dan issue global bencana alam serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh sungguh.


"Kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana alam termasuk pandemi covid 19 serta kelangkaan sumber daya harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan" ujar mensos dalam amanatnya, yang dibacakan Bupati Nanang Ermanto.


Usai membacakan sambutan Mensos, Nanang Ermanto memberi arahan kepada peserta upacara, agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat terus menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan.


Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada berdasarkan Bhineka Tunggal Ika.


Lebih lanjut Dirinya mengungkapkan, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghargai jasa para pahlawan pada era sekarang ini, adalah dengan menjaga kelestarian alam dan mengelola Sumber Daya Alam (SDA) dengan baik.


“Kita saat ini telah diberikan kenikmatan yang luar biasa, pesan-pesan pahlawan tadi menggambarkan apa yang harus kita lakukan, menggambarkan bagaimana tanggungjawab kita kedepan tentang republik ini, khususnya untuk Kabupaten Lampung Selatan".


“Sekarang kita ini adalah pahlawan semua, tidak ada yang bukan pahlawan. Apa yang harus kita berikan kepada anak cucu kita kedepan, kalau saat ini kita tidak ada suatu kepedulian".


Ziarah ke Makam Pahlawan Kesuma Bangsa


Usai upacara Bupati beserta  Forkopimda dan para Kepala Perangkat Daerah Lampung Selatan melakukan ziarah nasional dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa, Kalianda.



Di sela-sela tabur bunga, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, peringatan Hari Pahlawan ke-77 dan dan tabur bunga ini sebagai tanda penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).


“Pesan pesan Pahlawan yang dibacakan Bu Kajari, akan saya terapkan di Dinas Pendidikan dan seluruh OPD, supaya pesan para pahlawan benar benar dapat membentuk karakter generasi yang akan datang' katanya lagi.


Sebagai penerus bangsa, lanjut Nanang, kita harus bersyukur dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan selalu berpedoman dan meneladani sikap para pahlawan khususya dalam melayani negeri.(db-dcm-aap)