12:59:53 DBFMRadio.id : Jakarta - Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa dan Jajaran Pemerintahan dan Fokorpimda  mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual melalui Zoom Meeting dari Aula Krakatau Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (1/6/2021).



Dari Istana Bogor, Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur upacara secara virtual. Upacara peringatan hari lahir Pancasila,  berlangsung  di Gedung Pancasila, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.


Kepala Staff Komando Garnizun Tetap Satu Jakarta Brigjen TNI Novi Helmi Prasetya sebagai Perwira upacara dan Komandan Upacara dipercayakan kepada Asisten Operasi Paspampres Kolonel Infanteri Mohammad Imam Gogor.


Upacara didahului dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo secara virtual, Kemudian dilanjutkan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR Puan Maharani dari Gedung DPR/MPR Senayan Jakarta Pusat.



Presiden Joko Widodo dalam amanatnya berpesan, peringatan hari lahir Pancasila harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat dalam berbangsa dan dalam bernegara. 


Pada bagian lain amanatnya, Presiden menegaskan, ideologi transnasional, cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.


"ideologi transnasional,  semakin meningkat dan telah  memasuki berbagai sendi kehidupan dengan berbagai cara dan strategi." Ujar Presiden.


Ketika konektivitas Five G melanda dunia, lanjut Presiden,  maka interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat, sehingga dapat  digunakan oleh ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia.


"Menghadapi semua ini, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa,  dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK, terutama revolusi industri 4.0 dan sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi" lanjut Presiden.


Dari kanal YouTube Sekretariat Presiden diketahui, Upacara  ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Nampak,  Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila -BPIP- Yudian Wahyudi dan Menteri Luar Negeri  Retno Marsudi hadir langsung di tempat upacara.(db-ytbsetpres-aap).