14:09:56 DBFMRadio.id : Kalianda - Pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2021-2024,  di Tenis Indor Kalianda Lampung Selatan, Rabu (03/11/2021), dibuka Bupati Nanang Ermanto, dihadiri Sekda Thamrin, Bunda Literasi Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP Yanie Thamrin, Para Staf Ahli Bupati, Anggota Forkopimda, Para Kepala OPD dan Para Camat.


Dalam sambutannya, H. Nanang Ermanto mengatakan, Kabupaten Lampung Selatan masih bertahan  di level 2 Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan 64% capaian vaksinisasi, namun akan  mempercepat vaksinasi hingga mencapai 70%.


"Tercapainya target vaksinasi dapat membuka berbagai kegiatan, namun jika tidak bisa mempertahankan level 2,  kegiatan masyarakat dan pemerintahan tidak bisa terlaksana", kata Nanang Ermanto


Lanjut Nanang Ermanto, dengan dikukuhkannya Bunda literasi kecamatan ini, diharapkan agar mempunyai tanggung jawab menjadi tauladan, tidak berhenti diacara seremonial, setelah dikukuhkan tidak ada kinerja.


"Saya paling tidak suka dengan acara seremoni yang hanya menggugurkan kewajiban kegiatan  terlaksana, namun tidak ada tindak lanjutnya. Ini sudah menjadi tanggung jawab bunda-bunda literasi kecamatan", tegas Nanang Ermanto


Di Hari Kunjung Perpustakaan Kabupaten Lampung Selatan, Nanang Ermanto juga berharap dengan gemar membaca,  dapat  menumbuhkan generasi saat ini yang akan menjadi  pemimpin berkarakter dan nasionalisme untuk membangun Lampung Selatan.


Membiasakan dan Meningkatkan Minat Baca


Ditempat yang sama, usai mengukuhkan  Bunda Literasi Kecamatan,  Hj. Winarni Nanang Ermanto sangat  mendukung dengan adanya kegiatan ini, walaupun ditengah pandemi Covid-19.


"Namun, saya optimis gelaran lomba tingkat pelajar ini akan sangat berdampak positive kepada peningkatan minat baca dikalangan anak-anak, pelajar baik ditingkat SD-SMA serta masyarakat luas secara umum", ucapnya



Bunda Literasi Lampung Selatan Winarni  Nanang Ermanto mengukuhkan  Bunda Literasi Kecamatan  (Foto: bunga) 

Menurut Winarni,  peringatan hari kunjung perpustakaan selalu bersamaan dengan bulan gemar membaca. Hal ini bertujuan untuk membiasakan dan meningkatkan minat baca dan animo masyarakat, pelajar  serta kalangan mahasiswa untuk berkunjung keperpustakaan.


"Walau saat ini perpustakaan bukanlah satu-satunya sumber bacaan dan informasi bagi kita semua, namun buku yang disajikan didalam perpustakaan lebih memungkinkan kita memperoleh bacaan yang valid", tandasnya


Perpustakaan adalah jendela Informasi dunia dan janungnya ilmu. Oleh karenanya, Winarni berharap  di perpustakaan tidak hanya membaca namun  dapat menyimak  edukasi visual  berupa kegiatan pemerintah, pembangunan daerah maupun dunia pariwisata.


"Sebab, di era digital dan perkembangan teknologi saat ini segala berita dan informasi dapat di akses dengan mudah oleh setiap orang. Hal ini, membuat eksistensi perpustakaan dapat menurun, tidak hanya dikalangan orang dewasa bahkan anak-anak dengan mudah mengakses apapun melalui teknologi internet. Padahal, budaya dan minat membaca buku sudah sepatutnya ditanamkan sejak usia dini", jelasnya



Sementara dalam laporannya, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Qorinilwan, SH, MA mengatakan, maksud dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatan minat baca masyarakat dan  pelajar di kabupaten Lampung Selatan dan meningkatkan sinergi dengan berbagai mitra kerja.


"Adapun tujuannya untuk menggugah dan mengingatkan kembali pentingnya peningkatan minat baca generasi muda dan pelajar, untuk memacu indeks baca, menjadikan kebiasaan membaca dikalangan masyarakat Lampung Selatan." Katanya.


Untuk diketahui,  peringatan hari kunjung perpustakaan bertajuk "melalui peningkatan hari kunjung perpustakaan tahun 2021, kita optimalkan upaya peningkatan kecerdasan anak bangsa,  untuk mewujudkan masyarakat Lampung Selatan maju dan sejahtera dengan semangat gotong royong" diwarnai dengan berbagai lomba terkait perpustakaan, diikuti pelajar  SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK.(db-bgpspt-aap).