12:54:30 Dbfmradio.id : Jakarta - Momentum perjuangan pengambil alihan Jawatan Pos Telegraph dan Telephon -PTT- dari pemerintah kolonial Jepang, tanggal 27 September 1945 merupakan titik awal dalam perkembangan sektor Pos dan Telekomunikasi Indonesia.


Menurut Menkominfo Jhoni G Plate, di tengah era disrupsi informasi dan kemajuan teknologi digital semangat juang tokoh Angkatan Muda PTT terus melekat  melalui kerja bersama dalam mewujudkan agenda akselerasi transformasi digital di Indonesia.


"Agenda transformatif ini,  tidak hanya ditujukan agar sektor pos dan telekomunikasi Indonesia dapat semakin maju,  namun  juga untuk mendorong perluasan akses dan kebermanfaatan teknologi digital, agar dapat dirasakan secara nyata oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali" terang G Plate dalam amanatnya Pada upacara peringatan Hari Bhakti Postel ke 76, "Semakin Digital  Semakin Tangguh dan Tumbuh", dihalaman Kantor Kementerian Kominfo, Senin (27/9/2021).


Ditempat yang sama, Anggota Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia -APJII- Muhammad Rif'an mengatakan, di 76 tahun usianya Postel menghadapi tantangan yang sangat besar, karena masih ada 12.000 lebih daerah yang memerlukan koneksi internet, untuk menjadi digital.



"Ya ini luar biasa tantangannya sebenarnya di Postel ini, karena masih ada 12.000 lebih daerah yang di Indonesia yang memerlukan konektivitas untuk bisa menjadi digital. Sebagai asosiasi,  ikut berperan aktif di situ,  kami juga melaksanakan satu program untuk pengembangan masyarakat digital, masyarakat di desa desa, yang kita namai   desa internet Mandiri" ujar Muh Rif'an menjelaskan.


APJII, lanjutnya,   membuat suatu program di desa internet Mandiri,  instruktur yang lebih cepat dengan menggunakan teknologi satelit yang terbaru dengan Visat.


"Kami (APJII) selalu mendukung Akselerasi transformasi digital Indonesia yang merupakan komitmen nyata pemerintah Indonesia,  untuk menciptakan lompatan besar inovatif,  demi mendorong pemulihan serta kebangkitan ekonomi nasional pasca pandemi covid 19,  sekaligus mewujudkan Indonesia sebagai salah satu dari 5 kekuatan ekonomi terbesar dunia." aku dia.



Mentri Kominfo Jhoni G Plate, menyematkan pin kepada penerima Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan.
Foto: Capture youtube Kemenkominfo tv 

Dari kanal YouTube Kemenkominfo TV diketahui, Upacara Hari Bhakti Postel ke 76, juga diisi dengan penyerahan anugrah Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan dan Satya Lencana Wira Karya Presiden Republik Indonesia.


"Anugerah ini diberikan atas jasanya terhadap Negara dan masyarakat Indonesia,  dibidang telekomunikasi dan informatika" demikian keterangan dari Surat Keputusan Presiden yang dibacakan pada upacara tersebut.(db-kominfotv-aap).