16:14:18 DBFMRadio.id : Jakarta - Peringatan Hari Anak Nasional  adalah momentum pengingat untuk memprioritaskan hak-hak Dasar anak,  di mana terdapat empat hak dasar anak,   hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang.hak untuk mendapatkan perlindungan dan hak untuk berpartisipasi.


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak -PPPA-  I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, Hak tersebut harus dijamin pemenuhannya oleh semua pihak, Pemerintah, orang Tua dan  lingkungan anak. Untuk mendukung tumbuh kembang anak Indonesia.


"Terpenuhinya hak-hak dasar anak ini,  nantinya akan mendukung tumbuh kembang anak Indonesia secara optimal. Oleh karenanya hak-hak dasar harus dapat dinikmati setiap anak,  tanpa terkecuali dalam situasi sesulit apapun." kata menteri yang biasa disapa Bintang Puspa Yoga pada Peringatan Hari Anak Nasional  2021, Jum'at (23/7/2021).




Melalui  tema  anak  terlindungi, Indonesia maju, dengan tagline, anak peduli di masa pandemi,  Bintang Puspa Yoga  berharap dapat menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat Indonesia bahwa kita tidak akan pernah mencapai Indonesia yang maju tanpa melindungi anak-anak Indonesia.


Peringatan Hari Anak Nasional juga menampilkan  aspirasi anak  Indonesia,  melalui Suara Anak Indonesia, Menteri PPPA juga meminta  kepada semua pihak  dapat benar-benar mendengarkan,  mempertimbangkan dan mewujudkan berbagai aspirasi anak Indonesia,  dengan mengedepankan prinsip kepentingan terbaik bagi anak anak.


"Saya berharap dan memohon kepada para pejabat pemerintah serta petinggi dari berbagai sektor yang hadir pada hari ini, dapat benar-benar mendengarkan, mempertimbangkan dan mewujudkan berbagai aspirasi mereka dengan mengedepankan prinsip kepentingan terbaik bagi anak" harap Bintang.


Tagline anak peduli di masa pandemi, lanjut Bintang,  diharapkan dapat memotivasi anak untuk tidak kalah dengan pandemi.


"Anak-anak Indonesia Tetap semangat untuk belajar dan berkarya serta memiliki kepedulian untuk saling menjaga, menjaga diri, menjaga keluarga,  menjaga teman-teman dan menjaga Indonesia." Sambung Bintang Puspa Yoga.



Sementara, Presiden Joko Widodo dari istana kepresidenan berkesempatan melakukan dialog virtual dengan beberapa anak dari berbagai daerah. (db-aap).